Implementasi Media Edukasi Berbasis Aplikasi Solite Kids untuk Meningkatkan Keterampilan Critical Thinking Anak Usia Dini

Authors

  • Elok Faikoturrohma Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Pascalian Hadi Pradana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Trio Suwargono Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5948

Keywords:

Implementasi, Media Edukasi, Aplikasi Solite Kids, Critical Thinking, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini di TK As-Shobier, yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran dan dominasi metode konvensional dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun melalui pemanfaatan aplikasi edukatif Solite Kids sebagai media pembelajaran berbasis teknologi. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, keterampilan berpikir kritis anak belum berkembang secara optimal, dengan hanya satu anak mencapai kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, terjadi peningkatan, di mana tujuh dari delapan anak mencapai kategori BSB, dengan persentase keberhasilan antara 75% hingga 100%. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Solite Kids terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini serta menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, S., Hasanah, H., & Pradana, P. H. (2024). Kegiatan seni melipat kertas melalui YouTube untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 205–214. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.600

Al‘Am, M. R., & Rohmah, N. H. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Solite Kids Terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Kelas V Mi Al Qur’an Al Hikmah. Al-Fakkaar, 5(1), 143-152. https://doi.org/10.52166/alf.v5i1.6161

Arrosyad, M. I., Yuliana, F., Nurjannah, S., & Marina, M. (2023). Analisis Penggunaan Media Digital Kahoot: Numbers By Dragon Box Pada Pembelajaran Matematika Dalam Melatih Anak Berfikir Kritis. Simpati, 1(3), 01-13. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i3.212

Chairunnisa, A., Asmawati, L., & Fahmi, F. (2022). Pengaruh aplikasi Solite Kids terhadap perkembangan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(2), 158–167. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i02.396

Jannah, I. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Papan Puzzle Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Bancaran 3 Bangkalan . Jurnal Literasi Digital, 2(2), 124–131. https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2022.191

Lathifah, A., Sofyan, H., & Hasni, U. (2023). Pengembangan Panduan Model Problem Based Learning dalam Menstimulasi Keterampilan 4Cs (Critical Thinking, Communication, Collaboration, and Creativity) Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 17-32. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v9i2.14246

Magdalena, I., Aj, A. H., Auliya, D., & Ariani, R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI Dalam Pembelajaran IPA Di SDN Cipete 2. PENSA, 2(1), 153-162. https://doi.org/10.36088/pensa.v2i1.848

Mukarromah, M. (2024). Pengaruh Aplikasi Alfhabet Kids Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Fathonah Rantewringin. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 283-289. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.269

Octaviandy, P., & Pribadi, O. (2020). Perancangan aplikasi kids memory game berbasis android. Jurnal TIMES, 9(1), 40-47. https://doi.org/10.51351/jtm.9.1.2020618

Pangestu, A. M. D. (2024). Perkembangan berpikir kritis pada anak usia dini (Tinjauan filsafat ilmu dalam pendidikan awal). Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1063–1072. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.712

Pradana, P. H. (2024). Penerapan Media Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 12(2), 115-126. https://doi.org/10.20961/kc.v12i2.86044

Pradana, P. H., Agustini, K., Dantes, G. R., & Sudatha, I. G. W. (2024). The urgency of digital literacy learning in educational units: Systematic literature review. Child Education Journal, 6(1), 25-33. https://doi.org/10.33086/cej.v6i1.6100

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index

Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam meningkatkan keaksaraan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409

Ritonga, S. N., Noviyanti, S., Chan, F., & Tambunan, M. (2024). Mengasah Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Metode Pembelajaran Saintifik Pada Anak Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 2343-2350. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.16263

Saputri, D. A., & Katoningsih, S. (2023). Peran guru PAUD dalam menstimulasi keterampilan bahasa anak untuk berpikir kritis pada usia 5–6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2779–2790. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4353

Shaifudin, A., & Putri, N. R. M. (2024). Pengaruh Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Etika Bermedia Sosial Melalui Kedekatan Orang Tua Sebagai Variabel Intervening Pada Anak Usia Remaja. Lisyabab: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 5(2), 105-125. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v5i2.304

Slameto, S. (2015). Implementasi penelitian tindakan kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 47–58. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58

Stialis, M., Wulansari, B. Y., & Muttaqin, M. ‘Azzam. (2024). Meningkatkan kemampuan kognitif berfikir kritis melalui fun science pada pendidikan anak usia dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10986–10994. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5559

Sukmawati, N. I., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 127-141. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.238

Susanti, N., Yennizar, N., Kiska, N. D., Purwati, A., Yanti, N., & Khoni'ah, N. (2025). Keterampilan 4c dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Education, 2(1), 53-59. https://doi.org/10.71417/ije.v2i1.230

Yuliarti, Y., Sari, R. P., & Asnawati, A. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada anak B menggunakan media gambar seri. Early Childhood Research and Practice, 4(01), 27–32. https://doi.org/10.33258/ecrp.v4i01.4388

Published

2025-06-15

How to Cite

Faikoturrohma, E., Pradana, P. H., & Suwargono, T. (2025). Implementasi Media Edukasi Berbasis Aplikasi Solite Kids untuk Meningkatkan Keterampilan Critical Thinking Anak Usia Dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 645–657. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5948

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.