Implementasi Media Edukasi Berbasis Aplikasi Solite Kids untuk Meningkatkan Keterampilan Critical Thinking Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5948Keywords:
Implementasi, Media Edukasi, Aplikasi Solite Kids, Critical Thinking, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini di TK As-Shobier, yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran dan dominasi metode konvensional dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun melalui pemanfaatan aplikasi edukatif Solite Kids sebagai media pembelajaran berbasis teknologi. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, keterampilan berpikir kritis anak belum berkembang secara optimal, dengan hanya satu anak mencapai kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, terjadi peningkatan, di mana tujuh dari delapan anak mencapai kategori BSB, dengan persentase keberhasilan antara 75% hingga 100%. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Solite Kids terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini serta menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan menyenangkan.
Downloads
References
Agustin, S., Hasanah, H., & Pradana, P. H. (2024). Kegiatan seni melipat kertas melalui YouTube untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 205–214. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.600
Al‘Am, M. R., & Rohmah, N. H. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Solite Kids Terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Kelas V Mi Al Qur’an Al Hikmah. Al-Fakkaar, 5(1), 143-152. https://doi.org/10.52166/alf.v5i1.6161
Arrosyad, M. I., Yuliana, F., Nurjannah, S., & Marina, M. (2023). Analisis Penggunaan Media Digital Kahoot: Numbers By Dragon Box Pada Pembelajaran Matematika Dalam Melatih Anak Berfikir Kritis. Simpati, 1(3), 01-13. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i3.212
Chairunnisa, A., Asmawati, L., & Fahmi, F. (2022). Pengaruh aplikasi Solite Kids terhadap perkembangan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(2), 158–167. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i02.396
Jannah, I. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Papan Puzzle Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Bancaran 3 Bangkalan . Jurnal Literasi Digital, 2(2), 124–131. https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2022.191
Lathifah, A., Sofyan, H., & Hasni, U. (2023). Pengembangan Panduan Model Problem Based Learning dalam Menstimulasi Keterampilan 4Cs (Critical Thinking, Communication, Collaboration, and Creativity) Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 17-32. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v9i2.14246
Magdalena, I., Aj, A. H., Auliya, D., & Ariani, R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI Dalam Pembelajaran IPA Di SDN Cipete 2. PENSA, 2(1), 153-162. https://doi.org/10.36088/pensa.v2i1.848
Mukarromah, M. (2024). Pengaruh Aplikasi Alfhabet Kids Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Fathonah Rantewringin. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 283-289. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.269
Octaviandy, P., & Pribadi, O. (2020). Perancangan aplikasi kids memory game berbasis android. Jurnal TIMES, 9(1), 40-47. https://doi.org/10.51351/jtm.9.1.2020618
Pangestu, A. M. D. (2024). Perkembangan berpikir kritis pada anak usia dini (Tinjauan filsafat ilmu dalam pendidikan awal). Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1063–1072. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.712
Pradana, P. H. (2024). Penerapan Media Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 12(2), 115-126. https://doi.org/10.20961/kc.v12i2.86044
Pradana, P. H., Agustini, K., Dantes, G. R., & Sudatha, I. G. W. (2024). The urgency of digital literacy learning in educational units: Systematic literature review. Child Education Journal, 6(1), 25-33. https://doi.org/10.33086/cej.v6i1.6100
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam meningkatkan keaksaraan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409
Ritonga, S. N., Noviyanti, S., Chan, F., & Tambunan, M. (2024). Mengasah Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Metode Pembelajaran Saintifik Pada Anak Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 2343-2350. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.16263
Saputri, D. A., & Katoningsih, S. (2023). Peran guru PAUD dalam menstimulasi keterampilan bahasa anak untuk berpikir kritis pada usia 5–6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2779–2790. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4353
Shaifudin, A., & Putri, N. R. M. (2024). Pengaruh Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Etika Bermedia Sosial Melalui Kedekatan Orang Tua Sebagai Variabel Intervening Pada Anak Usia Remaja. Lisyabab: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 5(2), 105-125. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v5i2.304
Slameto, S. (2015). Implementasi penelitian tindakan kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 47–58. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58
Stialis, M., Wulansari, B. Y., & Muttaqin, M. ‘Azzam. (2024). Meningkatkan kemampuan kognitif berfikir kritis melalui fun science pada pendidikan anak usia dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10986–10994. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5559
Sukmawati, N. I., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 127-141. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.238
Susanti, N., Yennizar, N., Kiska, N. D., Purwati, A., Yanti, N., & Khoni'ah, N. (2025). Keterampilan 4c dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Education, 2(1), 53-59. https://doi.org/10.71417/ije.v2i1.230
Yuliarti, Y., Sari, R. P., & Asnawati, A. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada anak B menggunakan media gambar seri. Early Childhood Research and Practice, 4(01), 27–32. https://doi.org/10.33258/ecrp.v4i01.4388
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.