Proses Pembentukan Sikap Spiritual dan Sosial Peserta Didik melalui Kegiatan Keagamaan di SD Assa’adah Global Islamic School
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5905Keywords:
Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Peserta Didik, Kegiatan KeagamaanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan sikap spiritual dan sosial pada peserta didik sejak usia dini, khususnya di jenjang sekolah dasar, sebagai fondasi utama dalam membentuk karakter yang utuh. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih ditemukannya ketimpangan antara penanaman nilai-nilai spiritual dan sosial di lingkungan sekolah dengan kondisi peserta didik yang berasal dari latar belakang keluarga yang beragam. Perbedaan pola asuh dan minimnya dukungan dari orang tua menjadi kendala dalam optimalisasi pembentukan karakter tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan keagamaan, 2) Mendeskripsikan tantangan dan peluang dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan, serta 3) Menganalisis sikap spiritual dan sosial peserta didik kelas IV di SD Assa’adah Global Islamic School. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Guru Tahfidz, dan Guru Kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan keagamaan di sekolah meliputi salat Dhuha dan Zuhur berjamaah, Tilawati Tahsin Al-Qur’an, serta kegiatan ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an. Tantangan utama yang dihadapi adalah perbedaan pola asuh dalam keluarga dan kurangnya keterlibatan orang tua. Namun demikian, sekolah memanfaatkan peluang berupa forum kerja sama orang tua dan guru melalui Emotional and Spiritual Quotient (ESQ), serta penggunaan media digital untuk mencatat dan melaporkan perilaku positif siswa. Sikap spiritual dan sosial yang berhasil ditumbuhkan mencakup nilai beriman, bertakwa, bersyukur kepada Allah SWT, jujur, bertanggung jawab, dan peduli terhadap sesama. Temuan ini menunjukkan pentingnya sinergi antara sekolah dan keluarga dalam membentuk karakter peserta didik secara menyeluruh
Downloads
References
Afifi, M. (2021). Implementasi SKUA Dan Pembentukan Sikap Spiritual. IDEALITA: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 1(1), 42-63. https://doi.org/10.62525/10.62525/idealita.2021.v1.i1.42-63
Anisah, A. S., Sapriya, S., Hakam, K. A., & Syaodih, E. W. (2022). Strategi Pengembangan Sikap Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 490-502. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2193
Basri, H., Suhartini, A., & Nurhikmah, S. (2023). Pembentukan Karakter religius peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02). https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4269
Fitriani, I. K. (2022). Implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di madrasah tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4612-4621. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2913
Hakkurahmy, B. N. (2023). Evaluasi program ekstrakurikuler keagamaan di sekolah. Arus Jurnal Pendidikan, 3(1), 41-49. https://doi.org/10.57250/ajup.v3i1.209
Hariyani, D., & Rafik, A. (2021). Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 32-50. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i1.72
Karlina, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Sikap Spiritual dan Sosial di Sekolah Menengah Pertama. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(2), 358-375. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v3i2.215
Lazwardi, D., & Paisal, A. (2022). Implementasi penilaian sikap pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 200-209. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.36
Maghfhirah, S. (2021). Perkembangan Moral, Sosial, dan Spiritual Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Nasution, K. (2023). Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 4 Mandailing Natal. ISLAMIKA, 5(3), 925-942. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3084
Permatasari, D., & Makarim, C. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Bahrul Ulum Kota Bogor. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 194-207. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.16510
Qoni'ah, S. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual pada Peserta Didik melalui Aktivitas Keagamaan. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 159-175. https://doi.org/10.69896/modeling.v6i2.469
Rahmawati, U. (2016). Pengembangan kecerdasan spiritual santri: studi terhadap kegiatan keagamaan di rumah tahfizqu deresan putri yogyakarta. Jurnal penelitian, 10(1), 97-124. http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1332
Rena, S. (2024). Implementasi Nilai Karakter Religius Melalui Program Kegiatan Keagamaan. Educate: Journal of Education and Learning, 2(2), 61-71. https://doi.org/10.61994/educate.v2i2.715
Romadhon, K., Hidayat, N., Malahati, F., Rizki, A., & Fitriyati, I. (2023). Menggali Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Ibtidaiyah. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 103-112. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(2).103-112
Samsudin, M. A., & Iffah, U. (2020). Menumbuhkan sikap sosial dan spiritual siswa di sekolah. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 4(2), 149-159. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i2.666
Sari, L. N., & As’ad, A. (2024). Memperkuat Pembentukan Sikap Religius Peserta Didik Melalui Pengenalan Asma'ul Husna Di SD Negeri 03 Balong. Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI], 2(1). https://doi.org/10.30596/jippi.v2i1.36
Sobry, M., & Fitriani, F. (2022). Metode guru pai dalam mengembangkan sikap spiritual dan sosial siswa kelas v sdn 12 mataram. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 14(2), 136-154. https://doi.org/10.20414/elmidad.v14i2.5385
Sugianto, O., Asfahani, A., & Salahuddin, M. (2022). Pengaruh Budaya Religius terhadap Sikap Spiritual Peserta Didik SD Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo. BASICA; Journal of Primary Education, 2(2), 49-58. https://doi.org/10.37680/basica.v2i2.1726
Sundari, L., Kamal, M., & Aprison, W. (2023). Implementasi Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SMAN 1 Tanjung Mutiara. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(2), 120-130. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.220
Susanto, H., Yunus, B. M., & Sukandar, A. (2022). Upaya Pembentukan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 144-156. https://doi.org/10.5281/zenodo.6408882
Syukri, I. I. F., Rizal, S. S., & Al Hamdani, M. D. (2019). Pengaruh kegiatan keagamaan terhadap kualitas pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 17. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.358
Yusanto, Y. (2020). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1). https://dx.doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Zaid, M., Alam, A. Z. I., & Alam, A. A. F. (2023). Nilai-Nilai Kemanusiaan melalui Puisi Maya Angelou (Pesan Moral Berbasis Karya Sastra). Jurnal Dieksis ID, 3(2), 151–159. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.348
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.