Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) pada Siswa Kelas V UPT SDN 13 Pinrang

Authors

  • Hartati Hartati Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Ilham Assidiq Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Saleha Saleha Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5667

Keywords:

Meningkatkan, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Beyond Center and Circle Time, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas V UPT SDN 13 Pinrang melalui penerapan metode pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode BCCT mampu meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa dari 65,3 pada siklus I menjadi 80  pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah metode BCCT efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V UPT SDN 13 Pinrang

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yuningrum, F. (2020). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Al-Fatih Global Mulia, 2(2), 65-84. https://doi.org/10.59729/alfatih.v2i2.23

Anggraeni, P., Sunendar, D., Maftuh, B., Sopandi, W., & Puspita, R. D. (2022, March). Why 6 Cs? The urgency of learning at elementary school. In 4th International Conference on Educational Development and Quality Assurance (ICED-QA 2021) (pp. 35-41). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220303.008

Anshori, M. M., Umamah, N., & Srikantun, S. (2022). Organisasi Kurikulum (Fokus: Konsep, Prinsip, Elemen, Integrasi, dan Ruang Lingkup Pengorganisasian). Journal Social Society, 2(2), 85–104. https://doi.org/10.54065/jss.2.2.2022.265

Arifin, B., & Mu'id, A. (2024). Pengembangan kurikulum berbasis keterampilan dalam menghadapi tuntutan kompetensi abad 21. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118-128. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i2.23

Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7-14. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353

Dewi, E. P., & Wulandari, F. (2021). Identification of misconceptions in science learning during the Covid-19 pandemic using the CRI (certainty of response index) method for primary school students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 145-150. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.876

Edu, A. L., Jaya, P. R. P., & Ni, L. (2021). The Phenomenon of Learning Motivation of Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 5(2), 337-342. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.33934

Harisna, R., & Sutarto, J. (2020). Effectiveness of Environmental Based Thematic Learning Tools (EBTLT) in Improving the Science Literacy Skills. Journal of Primary Education, 9(5), 554-561. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i5.43583

Hayati, N., & Choiro, U. D. W. (2021). Efektivitas Metode Pembelajaran Beyond Centers and Circle Time Untuk Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39-53. https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.238

Hidayah, H., Abdullah, A., & Hasyim, S. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa SMAN 9 Luwu melalui Modul Ajar Berbasis Budaya Luwu. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 75–88. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.522

Jayadiputra, E., Karim, A. A., Sapriya, S., & Rahmat, R. (2023). The Pancasila and Civic Education curriculum model at 21st century. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 20(1), 65-74. https://doi.org/10.21831/jc.v20i1.49455

Kudriani, N., Murdana, F., & Muriati, L. (2023). Transformasi Digital dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(3), 129–139. https://doi.org/10.54065/jld.3.3.2023.596

Machpud, M. (2022). Pendekatan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran SBK Kelas VI Semester 2. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 240-248. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1343

Maulida, A. N., Fahri, M., & Dewi, R. S. (2023). Implementasi Metode Beyond Center And Circle Time (Bcct) Dalam Membangun Pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas 3 SD/MI. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(4), 287-303. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i4.14623

Mulyawati, Y., Sumardi, S., & Elvira, S. (2019). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 01-14. https://doi.org/10.33751/pedagog.v3i1.980

Munif, M., Baharun, H., Zamroni, Z., & Ummah, A. H. F. (2022). Student-Centeredness by Knowledge Sharing: An Effective Learning in Madrasah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 136-146. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1313

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191-1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Putri, Y., Nurhuda, A., & Huda, A. A. S. B. (2023). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas: Sebuah Pengantar dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 43-50. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i2.119

Ramadhanti, M., & Sumantri, M. S. (2019). Pembentukan Karakter Dalam Pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time). Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 9-17. https://doi.org/10.32832/educate.v4i1.1682

Ratumanan, T. G., & Tetelepta, Y. (2019). Analisis pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum 2013 pada SMA Negeri 1 Masohi. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(1), 25-34. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page25-34

Rohaeni, A. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter pada Anak Melalui Model Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) di TKIT Luqmanul Hakim. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i1.63

Romini, R. (2021). Implementasi model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 219-234. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.66

Setiarufi, D. I. (2021). The stad model assisted by audio visual media increases student motivation and learning achievement. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(2), 325-335. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i2.30556

Sidiq, S. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Permainan Kuis Cerdas Cermat. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(1), 41-48. https://doi.org/10.52166/humanis.v10i1.323

Sukamtini, S. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Materi Perkembangan Teknologi Menggunakan Group Investigation . Jurnal Literasi Digital, 3(2), 82–88. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.167

Sukmanasa, E. (2016). Hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal kreatif: jurnal kependidikan Dasar, 7(1). https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i1.9363

Sulistyowati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menjelaskan Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara Siswa Kelas VIII SMPN 3 Geger. Journal Social Society, 1(2), 46–50. https://doi.org/10.54065/jss.1.2.2021.85

Sumbaryani, I. R. ., Sutanara, F. ., & Ranahcita, R. N. (2023). Peran Sistem Informasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.600

Triantono, I., Waluyo, J., & Aisyah, I. N. (2022). The Development of Learning Model of Problem Confirmation with Elaborative And Collaborative Sharing (PCECS) Associated with Mind Mapping Approach. Eduvest-Journal of Universal Studies, 2(3), 484-489. https://doi.org/10.59188/eduvest.v2i3.392

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19-19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Published

2025-05-31

How to Cite

Hartati, H., Assidiq, I., & Saleha, S. (2025). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) pada Siswa Kelas V UPT SDN 13 Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 541–552. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5667

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.