Penerapan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VI UPT SD 79 Gura

Authors

  • Rasma Rasma Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Muh. Idham Khalid Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Saleha Saleha Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5630

Keywords:

Penerapan, Deep Learning, Meningkatkan, Kemampuan Numerasi, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas VI UPT SD 79 Gura melalui penerapan pembelajaran berbasis Deep Learning, mengingat pentingnya penguasaan numerasi yang mendalam dalam pendidikan dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengacu pada model Kemmis & McTaggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes evaluasi, observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan siklus pertama, pembelajaran difokuskan pada pemahaman pola bilangan dan operasi hitung dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa adalah 67,2, dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 50. Jumlah 25 siswa, sebanyak 14 siswa (56%) mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sementara 11 siswa (44%) belum tuntas. Refleksi siklus pertama menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan memahami konsep numerasi secara mendalam. Pada siklus kedua, pembelajaran diperbaiki dengan penerapan media interaktif, diskusi kelompok kecil, dan simulasi digital. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang baik, dengan rata-rata nilai mencapai 78,6, nilai tertinggi 92, dan nilai terendah 60. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan meningkat menjadi 20 siswa (80%), sementara 5 siswa (20%) masih belum tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis Deep Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa, tidak hanya dalam hasil belajar, tetapi juga dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi dan pemahaman konsep numerasi yang lebih aplikatif. Pembelajaran berbasis Deep Learning dapat direkomendasikan sebagai strategi inovatif dalam pembelajaran numerasi di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, I. K. S. (2024). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-14. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.5304

Akmal, A. N., Maelasari, N., & Lusiana, L. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3229-3236. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7442

Akramunnisa, A., Supriadi, S., & Patmaniar, P. (2025). Pengenalan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SMA 9 Luwu. Jurnal IPMAS, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.54065/ipmas.5.1.2025.549

Arif, M. N., Parawansyah, M. I., Huda, F. H., & Zulfahmi, M. N. (2025). Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Deep Learning. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 4(1), 8-16. https://doi.org/10.55732/jmpd.v4i1.989

Aryanto, S., Meliyanti, M., Amelia, D., Maharbid, D. A., Gumala, Y., & Gildore, P. J. E. (2025). Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Melalui Deep Learning: Pendekatan Transformasional di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education, 4(1), 49-57. https://doi.org/10.46306/jpee.v4i1.101

Cahyani, I. (2024). Hubungan Self-Regulated Learning Dan Berfikir Kritis Dengan Kemampuan Literasi Digital Dan Literasi Numerasi Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2024-2025. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 231-241. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.18604

Febianti, D., Aisha, S., & Huljannah, M. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Yang Diakibatkan Rendahnya Kemampuan Literasi dan Numerasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Advances In Social Humanities Research, 1(5), 765-786. https://doi.org/10.46799/adv.v1i5.88

Hakim, L., Utamayasa, I. G. D., & Darisman, E. K. (2022). Pendekatan Pembelajaran Pjok Melalui Matika Raga (Matematika Olahraga) Untuk Numerasi Siswa. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 211-217. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2189

Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.96699

Herawati, R. (2022). Penerapan model gradual release of responsibility dalam penguatan pembelajaran literasi dan numerasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 22-31. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.335

Herliani, Y. (2025). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Profita Kota Bandung dalam Menganalisis Teks Negosiasi. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 273-282. https://doi.org/10.59841/saber.v3i1.2310

Mawarsari, N., & Wardani, K. W. (2022). Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan numerasi pada kurikulum merdeka peserta didik kelas 1 sekolah dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5461-5465. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1177

Michael, A., Palelleng, S., Damayanti, I. D., & Rusman, J. (2023). Kombinasi Pretrained Model dan Random Forest Pada Klasifikasi Bakso Mengandung Boraks dan Non-Boraks Berbasis Citra. Teknika, 12(1), 27-32. https://doi.org/10.34148/teknika.v12i1.591

Mutmainnah, N., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning Terhadap Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 848-871. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23781

Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan numerasi siswa melalui implementasi bahan ajar matematika berbasis problem-based learning. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49-61. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7903

Nurhami, N., Muharram, N., & Susanti, W. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa SMA Negeri 9 Luwu melalui Pembelajaran Etno-Matematika Berbasis Augmented Reality. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 128–140. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.521

Putri, R. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69-77. https://doi.org/10.61476/186hvh28

Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258-3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805

Sarkar, M. R. (2024). Deep Learning Methods for Chest X-ray Imaging-Based COVID-19 Pneumonia Detection. Journal Artificial: Informatika Dan Sistem Informasi, 2(1), 1–9. Retrieved from https://pusdig.my.id/artificial/article/view/487

Siregar, T. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Digital Terhadap Kemampuan Pemecahan Asalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Educandum, 3(1), 52-86. https://doi.org/10.55656/jpe.v3i1.286

Published

2025-04-20

How to Cite

Rasma, R., Khalid, M. I., & Saleha, S. (2025). Penerapan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VI UPT SD 79 Gura. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 455–465. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5630