Penerapan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VI UPT SD 79 Gura
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5630Keywords:
Penerapan, Deep Learning, Meningkatkan, Kemampuan Numerasi, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas VI UPT SD 79 Gura melalui penerapan pembelajaran berbasis Deep Learning, mengingat pentingnya penguasaan numerasi yang mendalam dalam pendidikan dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengacu pada model Kemmis & McTaggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes evaluasi, observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan siklus pertama, pembelajaran difokuskan pada pemahaman pola bilangan dan operasi hitung dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa adalah 67,2, dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 50. Jumlah 25 siswa, sebanyak 14 siswa (56%) mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sementara 11 siswa (44%) belum tuntas. Refleksi siklus pertama menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan memahami konsep numerasi secara mendalam. Pada siklus kedua, pembelajaran diperbaiki dengan penerapan media interaktif, diskusi kelompok kecil, dan simulasi digital. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang baik, dengan rata-rata nilai mencapai 78,6, nilai tertinggi 92, dan nilai terendah 60. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan meningkat menjadi 20 siswa (80%), sementara 5 siswa (20%) masih belum tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis Deep Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa, tidak hanya dalam hasil belajar, tetapi juga dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi dan pemahaman konsep numerasi yang lebih aplikatif. Pembelajaran berbasis Deep Learning dapat direkomendasikan sebagai strategi inovatif dalam pembelajaran numerasi di sekolah dasar.
Downloads
References
Adnyana, I. K. S. (2024). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-14. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.5304
Akmal, A. N., Maelasari, N., & Lusiana, L. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3229-3236. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7442
Akramunnisa, A., Supriadi, S., & Patmaniar, P. (2025). Pengenalan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SMA 9 Luwu. Jurnal IPMAS, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.54065/ipmas.5.1.2025.549
Arif, M. N., Parawansyah, M. I., Huda, F. H., & Zulfahmi, M. N. (2025). Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Deep Learning. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 4(1), 8-16. https://doi.org/10.55732/jmpd.v4i1.989
Aryanto, S., Meliyanti, M., Amelia, D., Maharbid, D. A., Gumala, Y., & Gildore, P. J. E. (2025). Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Melalui Deep Learning: Pendekatan Transformasional di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education, 4(1), 49-57. https://doi.org/10.46306/jpee.v4i1.101
Cahyani, I. (2024). Hubungan Self-Regulated Learning Dan Berfikir Kritis Dengan Kemampuan Literasi Digital Dan Literasi Numerasi Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2024-2025. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 231-241. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.18604
Febianti, D., Aisha, S., & Huljannah, M. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Yang Diakibatkan Rendahnya Kemampuan Literasi dan Numerasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Advances In Social Humanities Research, 1(5), 765-786. https://doi.org/10.46799/adv.v1i5.88
Hakim, L., Utamayasa, I. G. D., & Darisman, E. K. (2022). Pendekatan Pembelajaran Pjok Melalui Matika Raga (Matematika Olahraga) Untuk Numerasi Siswa. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 211-217. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2189
Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.96699
Herawati, R. (2022). Penerapan model gradual release of responsibility dalam penguatan pembelajaran literasi dan numerasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 22-31. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.335
Herliani, Y. (2025). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Profita Kota Bandung dalam Menganalisis Teks Negosiasi. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 273-282. https://doi.org/10.59841/saber.v3i1.2310
Mawarsari, N., & Wardani, K. W. (2022). Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan numerasi pada kurikulum merdeka peserta didik kelas 1 sekolah dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5461-5465. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1177
Michael, A., Palelleng, S., Damayanti, I. D., & Rusman, J. (2023). Kombinasi Pretrained Model dan Random Forest Pada Klasifikasi Bakso Mengandung Boraks dan Non-Boraks Berbasis Citra. Teknika, 12(1), 27-32. https://doi.org/10.34148/teknika.v12i1.591
Mutmainnah, N., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning Terhadap Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 848-871. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23781
Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan numerasi siswa melalui implementasi bahan ajar matematika berbasis problem-based learning. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49-61. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7903
Nurhami, N., Muharram, N., & Susanti, W. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa SMA Negeri 9 Luwu melalui Pembelajaran Etno-Matematika Berbasis Augmented Reality. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 128–140. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.521
Putri, R. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69-77. https://doi.org/10.61476/186hvh28
Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258-3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805
Sarkar, M. R. (2024). Deep Learning Methods for Chest X-ray Imaging-Based COVID-19 Pneumonia Detection. Journal Artificial: Informatika Dan Sistem Informasi, 2(1), 1–9. Retrieved from https://pusdig.my.id/artificial/article/view/487
Siregar, T. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Digital Terhadap Kemampuan Pemecahan Asalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Educandum, 3(1), 52-86. https://doi.org/10.55656/jpe.v3i1.286
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.