Pengembangan Bahan Ajar E – LKPD Interaktif Berbasis Website Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di UPT SDN 1 Enrekang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5600Keywords:
Pengembangan E–LKPD, Bahan Ajar Interaktif, Website Liveworksheet, Kemampuan Kognitif, Pembelajaran IPAAbstract
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah penggunaan bahan ajar interaktif pada mata pelajaran IPA masih belum cukup maksimal. Tujuan pengembangan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kebutuhan guru, peserta didik dan kurikulum, mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar interaktif berbasis website Liveworksheet pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti termasuk penelitian pengembangan atau biasa juga dikenal Research and Development (R&D). Proses pengembangan bahan ajar E – LKPD interaktif berbasis website Liveworksheet menggunakan model ADDIE yaitu memiliki 5 tahapan dalam proses pengembangan meliputi Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Bahan ajar E – LKPD interaktif berbasis website Liveworksheet dikategorikan valid dan cocok dipakai sebagai alternatif pada pelaksanaan pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan telah dilakukannya validasi oleh beberapa ahli dalam bidang pengembangan dengan hasil akhir rata-rata 4,30 dengan kategori “Sangat Layak”. Bahan ajar E – LKPD interaktif berbasis website Liveworksheet efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, adapun hasil evaluasi Pretest dan Posttest yang dilakukan oleh peserta didik sebanyak 25 orang dengan hasil nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 77 sebelum digunakannya bahan ajar interaktif dan untuk posttest diperoleh nilai rata-rata 82 setelah digunakannya bahan ajar E – LKPD interaktif berbasis website Liveworksheet. Berdasarkan hasil Uji T, nilai sig. 2-tailed diperoleh sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, menunjukkan signifikansi. Uji one-sample test pada pretest menghasilkan nilai t hitung 22,758, yang lebih besar dari t tabel 2,060, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Pada posttest, nilai t hitung sebesar 39,164 juga lebih besar dari t tabel 2,060, yang mengindikasikan bahwa bahan ajar E-LKPD interaktif berbasis website Liveworksheet efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas V UPT SDN 1 Enrekang.
Downloads
References
Amaliya, N., Mukmin, A., & Laila, A. (2024). Pengembangan Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Sistem Peredaran Darah Manusia Sekolah Dasar di Kediri. azkiya, 9(2), 172-183. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i2.8828
Anita, D. E. J., & Yanti , R. . (2023). Peningkatan Kemampuan Kognitif IPA Siswa melalui Pembelajaran Problem Solving Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.54065/pelita.3.1.2023.209
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43. https://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Dwiyanti, N. K. E. M., Rati, N. W., & Lestari, L. P. S. (2023). Dampak model problem based learning berbantuan Liveworksheet terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 285-294. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60494
Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smk Atlantis Plus Depok. Instruksional, 3(1), 1. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17
Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis Liveworksheet untuk siswa sekolah dasar kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473-1483.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Lailiah, I., Wardani, S., Sudarmin, S., & Sutanto, E. (2021). Implementasi Guided Inquiry Berbantuan E-Lkpd Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2792–2801. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i1.26204
Mispa, R., Putra, A. P., Zaini, M. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(10), 1707–1715. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.478
Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9-16. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2295
Nurhidayah, R., Irwandi, D., & Saridewi, N. (2015). Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Edusains, 7(1), 36-47. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1397
Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Prabowo, A. (2021). Penggunaan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383-388. https://doi.org/10.52436/1.jpti.
Prastika, Y., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601-2614.
Putri, S. M., Mulyawati, Y., & Purnamasari, R. (2024). Pengembangan E-Lkpd Menggunakan Liveworksheet Pada Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(02), 1535–1543. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3490
Ragil, I., Atmojo, W., Matsuri, M., & Adi, F. P. (2022). Pemanfaatan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta Jurnal PengabdianUNDIKMA: 3(2), 241–249. https://doi:https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5514
Septonanto, D., Nugrahani, F., & Widayati, M. (2024). Pengembangan Media E-Lkpd Liveworksheet Soal Hots untuk Menguatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 124-138. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2315
Wahyudi, A. (2022). Pentingnya pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran IPS. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51-61.
Watie, R. H., Riskawati, R., & Baharuddin , H. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif IPA Siswa pada Materi Panas dan Perpindahannya Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.54065/pelita.3.1.2023.205
Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. BioEdu. 10 (3). 605-616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616
Zainiati, H. S. (2017). Understanding the Cognition Process of the Students using the Internet as a Learning Resource. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57. https://doi.org/10.15575/jpi.v3i1.92
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.