Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar Negeri (Studi Multi Situs pada SDN 2 Selat Tengah dan SDN 3 Selat Hilir di Kabupaten Kapuas)

Authors

  • Sopia Sopia Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Aslamiah Aslamiah Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Sulistiyana Sulistiyana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5466

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Sekolah Dasar, Studi Multi Situs, Pengembangan Kurikulum, Monitoring dan Evaluasi

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya manajemen kurikulum yang adaptif guna menghadapi tantangan global dan memastikan kualitas pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum di SDN 2 Selat Tengah dan SDN 3 Selat Hilir, serta strategi monitoring dan evaluasi (monev) implementasi kurikulum di kedua sekolah tersebut.Pendekatan penelitian ini menggunakan metodse kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Proses analisis data mengikuti model Miles, Huberman, dan Saldana yang mencakup pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data dikumpulkan melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan siswa, memanfaatkan potensi lokal, serta melibatkan masyarakat. Pengembangan kurikulum dirancang secara kolaboratif, mengutamakan inovasi berbasis proyek, pemanfaatan teknologi, dan penyusunan modul ajar yang relevan. Monitoring dan evaluasi dilaksanakan melalui observasi, analisis hasil belajar siswa, dan umpan balik berbagai pihak untuk memastikan implementasi kurikulum tetap selaras dengan visi dan misi sekolah.Manajemen kurikulum di kedua sekolah tersebut dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan kepala sekolah, guru, orang tua, dan komite sekolah untuk memenuhi kebutuhan siswa dan memanfaatkan potensi lokal. Monitoring dan evaluasi rutin berperan penting dalam memperbaiki implementasi kurikulum dan meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah diharapkan terus mendukung kolaborasi, guru meningkatkan kompetensi melalui pelatihan, dan orang tua lebih aktif dalam mendukung perencanaan serta evaluasi kurikulum. Penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan dengan melibatkan lebih banyak sekolah untuk mengeksplorasi tantangan dan keberhasilan implementasi kurikulum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almufidah, D. H., & Istikomah, I. (2024). Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Raudlotul Ilmiyah, Kertosono. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 20-20. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.701

Anggraini, R., Suriansyah, A., & Novitawati, N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan PAUD di Kota Banjarmasin. Journal of Education Research, 5(3), 3514-3524. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1439

Anggraita, R. L., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Kajian Literatur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 120-136. https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16731

Azmi, F., & Iswanto, J. (2021). Merdeka belajar. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(3), 157-171. https://doi.org/10.47006/ijierm.v3i3.90

Febrini, D., & Syarifin, A. (2018). Bagaimana Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di Ra Al-Haq Pematang Gubernur Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 180-199. http://dx.doi.org/10.29300/ja.v2i1.1515

Fitri, T. E., Devi, R., Masni, N., Anisah, A., & Marsidin, S. (2024). Manajemen Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 925-934. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15565

Irwanto, R. A., Aslamiah, A., & Ngadimun, N. (2024). Manajemen Kurikulum di Sekolah Berasrama (Studi Multi Kasus di SMP GIBS dan SMAS GIBS). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1337-1350. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1033

Loilatu, S. H., Mukadar, S., Badu, T. K., & Hentihu, V. R. (2022). Persepesi guru terhadap penerapan merdeka belajar melalui model pembelajaran blanded learning pada SMA negeri 12 buru. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 377-386. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.125

Maarif, M. A., & Rofiq, M. H. (2018). Pola pengembangan kurikulum pendidikan pesantren berkarakter: Studi pondok pesantren nurul ummah mojokerto. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1-16. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1635

Mahrus, M. (2021). Manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41-80. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59

Meliza, M., Siraj, S., & Zahriyanti, Z. (2024). Implementasi manajemen Kurikulum Merdeka pada sekolah dasar di Kabupaten Bireuen. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 5(2), 127-168. https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.17397

Nabila, N. I., Utami, D. A., Azzahra, S. N., Afriza, R., Sidqi, A. R., Afifah, H., & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN Seberang Mesjid 1 Banjarmasin. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4283-4297.

Noorhapizah, N., Prihandoko, Y., Pratiwi, D. A., & Hartati, H. (2023). Pendampingan Pengembangan Program Sekolah Untuk Menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka di Lingkungan Lahan Basah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8886-8890. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19878

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251-262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Pramudyani, A. V. R., Khafidoh, K., Al Afada, F. H., Ningsih, T. N., & Listyati, M. W. (2025). Literasi Bahasa pada AUD dalam Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 239-250. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.983

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Rouf, M., Said, A., & Hs, D. E. R. (2020). Pengembangan kurikulum sekolah: Konsep, model dan implementasi. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 5(2), 23-40.

Roziqin, Z. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. As-Sabiqun, 1(1), 44-56. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.161

Sanusi, M. N., Aslamiah, A., & Sulistiyana, S. (2024). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Guru di SMKN Kota Banjarmasin. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1205-1210

Taradifa, V. O., Suriansyah, A., & Sulistyana, S. (2024). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional dan Komitmen terhadap Kinerja Guru Bk SMA/SMK di Kalimantan Tengah. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1197-1204

Triyarsih, M. G. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 25-25. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.4028

Yantoro, Y., Setiyadi, B., Febianti, D., Azilla, M. D., & Pratiwi, N. A. (2023). Analisis kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SDN 187 Teratai. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6494-6498. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2769

Published

2025-03-01

How to Cite

Sopia, S., Aslamiah, A., & Sulistiyana, S. (2025). Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar Negeri (Studi Multi Situs pada SDN 2 Selat Tengah dan SDN 3 Selat Hilir di Kabupaten Kapuas) . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 108–128. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5466

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.