Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar Negeri (Studi Multi Situs pada SDN 2 Selat Tengah dan SDN 3 Selat Hilir di Kabupaten Kapuas)
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5466Keywords:
Manajemen Kurikulum, Sekolah Dasar, Studi Multi Situs, Pengembangan Kurikulum, Monitoring dan EvaluasiAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya manajemen kurikulum yang adaptif guna menghadapi tantangan global dan memastikan kualitas pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum di SDN 2 Selat Tengah dan SDN 3 Selat Hilir, serta strategi monitoring dan evaluasi (monev) implementasi kurikulum di kedua sekolah tersebut.Pendekatan penelitian ini menggunakan metodse kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Proses analisis data mengikuti model Miles, Huberman, dan Saldana yang mencakup pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data dikumpulkan melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan siswa, memanfaatkan potensi lokal, serta melibatkan masyarakat. Pengembangan kurikulum dirancang secara kolaboratif, mengutamakan inovasi berbasis proyek, pemanfaatan teknologi, dan penyusunan modul ajar yang relevan. Monitoring dan evaluasi dilaksanakan melalui observasi, analisis hasil belajar siswa, dan umpan balik berbagai pihak untuk memastikan implementasi kurikulum tetap selaras dengan visi dan misi sekolah.Manajemen kurikulum di kedua sekolah tersebut dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan kepala sekolah, guru, orang tua, dan komite sekolah untuk memenuhi kebutuhan siswa dan memanfaatkan potensi lokal. Monitoring dan evaluasi rutin berperan penting dalam memperbaiki implementasi kurikulum dan meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah diharapkan terus mendukung kolaborasi, guru meningkatkan kompetensi melalui pelatihan, dan orang tua lebih aktif dalam mendukung perencanaan serta evaluasi kurikulum. Penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan dengan melibatkan lebih banyak sekolah untuk mengeksplorasi tantangan dan keberhasilan implementasi kurikulum.
Downloads
References
Almufidah, D. H., & Istikomah, I. (2024). Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Raudlotul Ilmiyah, Kertosono. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 20-20. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.701
Anggraini, R., Suriansyah, A., & Novitawati, N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan PAUD di Kota Banjarmasin. Journal of Education Research, 5(3), 3514-3524. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1439
Anggraita, R. L., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Kajian Literatur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 120-136. https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16731
Azmi, F., & Iswanto, J. (2021). Merdeka belajar. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(3), 157-171. https://doi.org/10.47006/ijierm.v3i3.90
Febrini, D., & Syarifin, A. (2018). Bagaimana Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di Ra Al-Haq Pematang Gubernur Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 180-199. http://dx.doi.org/10.29300/ja.v2i1.1515
Fitri, T. E., Devi, R., Masni, N., Anisah, A., & Marsidin, S. (2024). Manajemen Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 925-934. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15565
Irwanto, R. A., Aslamiah, A., & Ngadimun, N. (2024). Manajemen Kurikulum di Sekolah Berasrama (Studi Multi Kasus di SMP GIBS dan SMAS GIBS). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1337-1350. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1033
Loilatu, S. H., Mukadar, S., Badu, T. K., & Hentihu, V. R. (2022). Persepesi guru terhadap penerapan merdeka belajar melalui model pembelajaran blanded learning pada SMA negeri 12 buru. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 377-386. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.125
Maarif, M. A., & Rofiq, M. H. (2018). Pola pengembangan kurikulum pendidikan pesantren berkarakter: Studi pondok pesantren nurul ummah mojokerto. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1-16. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1635
Mahrus, M. (2021). Manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41-80. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59
Meliza, M., Siraj, S., & Zahriyanti, Z. (2024). Implementasi manajemen Kurikulum Merdeka pada sekolah dasar di Kabupaten Bireuen. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 5(2), 127-168. https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.17397
Nabila, N. I., Utami, D. A., Azzahra, S. N., Afriza, R., Sidqi, A. R., Afifah, H., & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN Seberang Mesjid 1 Banjarmasin. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4283-4297.
Noorhapizah, N., Prihandoko, Y., Pratiwi, D. A., & Hartati, H. (2023). Pendampingan Pengembangan Program Sekolah Untuk Menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka di Lingkungan Lahan Basah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8886-8890. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19878
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251-262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Pramudyani, A. V. R., Khafidoh, K., Al Afada, F. H., Ningsih, T. N., & Listyati, M. W. (2025). Literasi Bahasa pada AUD dalam Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 239-250. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.983
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Rouf, M., Said, A., & Hs, D. E. R. (2020). Pengembangan kurikulum sekolah: Konsep, model dan implementasi. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 5(2), 23-40.
Roziqin, Z. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. As-Sabiqun, 1(1), 44-56. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.161
Sanusi, M. N., Aslamiah, A., & Sulistiyana, S. (2024). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Guru di SMKN Kota Banjarmasin. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1205-1210
Taradifa, V. O., Suriansyah, A., & Sulistyana, S. (2024). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional dan Komitmen terhadap Kinerja Guru Bk SMA/SMK di Kalimantan Tengah. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1197-1204
Triyarsih, M. G. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 25-25. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.4028
Yantoro, Y., Setiyadi, B., Febianti, D., Azilla, M. D., & Pratiwi, N. A. (2023). Analisis kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SDN 187 Teratai. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6494-6498. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2769
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.