Pengembangan Akhlak Terhadap Alam Kepada Anak Usia Dini
Abstract
Situasi alam yang belakangan ini semakin kritis akibat ulah manusia tentunya membuat kita prihatin. Oleh karena itu penyelamatan alam harus segera dilakukan salah satunya dengan pengembangan akhlak pada alam anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan akhlak terhadap alam anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Sumber data berupa buku, jurnal, makalah dan sumber ilmiah lainnya yang memuat atau mendukung topik yang dibahas. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengembangan akhlak terhadap alam anak usia dini dapat dilakukan pada seluruh indikator dan jenjang tertentu yaitu perasaan menyatu dengan alam pada jenjang terkoneksi, minat terhadap alam pada jenjang minat yang perlu dikembangkan dan partisipasi pada penyelamatan alam pada jenjang reaktif. Temuan dalam penelitian ini adalah Peran orang tua dan guru dalam pengembangan akhlak terhadap alam anak usia dini adalah sebagai teladan, pembimbing dan motivator.
Downloads
Metrics
References
Habibah, S. (2015). Akhlak Dan Etika Dalam Islam. Pesona Dasar Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 1(4), 73–87.
Handoko, D. A. D. D., & Nugrahanta, G. A. (2022). Memupuk Karakter Keadilan pada Anak Melalui Permainan Tradisional. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 5(1), 10–24. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1576
Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(2), 283–314.
Kemdikbud. (2021). Framework Survei Karakter Asesmen Nasional 2021. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khomsiyatin, Iman, N., & Ariyanto, A. (2017). Metode Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisiyah Mangkujayan Ponorogo. Jurnal Educan, 1(2), 271–281.
Mirzaqon, T., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dam Praktik Konseling Expressive Writting. Jurnal BK Unesa, 8(1).
Mufarohah, L., Mujahidin, E., & Alim, A. (2018). Pendidikan Akhlak Untuk Anak Usia Dini. Prosiding Bimbingan Dan Konseling, 98–104. Bogor: Universitas Ibn khaldun Bogor.
Niman, E. M. (2019). Kearifan Lokal Dan Upaya Pelestarian Lingkungan Alam. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 1–178.
PAUD, D. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Prasetyo, K., & Hariyanto. (2017). Pendidikan Lingkungan Indonesia, Dasar Pedagogi dan Metodologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Supadmini, N. K., Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416
Utina, R. (2009). Pemanasan Global: Dampak dan Upaya Meminimalisasinya. Jurnal Saintek UNG, 1–11.
Wijaya, I. K. W. B. (2018). Menanamkan Konsep Catur Paramita Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Jurnal Pratama Widya, 3(2), 41–46.
Wijaya, I. K. W. B. (2019a). Eco Family : Metode Parenting Anak Usia Dini Untuk Membentuk Generasi Literasi Lingkungan. Jurnal Pratama Widya, 4, 40–47.
Wijaya, I. K. W. B. (2019b). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Dengan Konsep Tri Pramana. Seminar Nasional Anak Usia Dini, 41–48.
Copyright (c) 2022 I Komang Wisnu Budi Wijaya, Kadek Jayanthi Riva Prathiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.