Pengembangan Akhlak Terhadap Alam Kepada Anak Usia Dini

  • I Komang Wisnu Budi Wijaya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Kadek Jayanthi Riva Prathiwi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Keywords: Pengembangan Akhlak, Anak Usia Dini, Study Literatur

Abstract

Situasi alam yang belakangan ini semakin kritis akibat ulah manusia tentunya membuat kita prihatin. Oleh karena itu penyelamatan alam harus segera dilakukan salah satunya dengan pengembangan akhlak pada alam anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan akhlak terhadap alam anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Sumber data berupa buku, jurnal, makalah dan sumber ilmiah lainnya yang memuat atau mendukung topik yang dibahas. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengembangan akhlak terhadap alam anak usia dini dapat dilakukan pada seluruh indikator dan jenjang tertentu yaitu perasaan menyatu dengan alam pada jenjang terkoneksi, minat terhadap alam pada jenjang minat yang perlu dikembangkan dan partisipasi pada penyelamatan alam pada jenjang reaktif. Temuan dalam penelitian ini adalah Peran orang tua dan guru dalam pengembangan akhlak terhadap alam anak usia dini adalah sebagai teladan, pembimbing dan motivator.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Habibah, S. (2015). Akhlak Dan Etika Dalam Islam. Pesona Dasar Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 1(4), 73–87.

Handoko, D. A. D. D., & Nugrahanta, G. A. (2022). Memupuk Karakter Keadilan pada Anak Melalui Permainan Tradisional. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 5(1), 10–24. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1576

Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(2), 283–314.

Kemdikbud. (2021). Framework Survei Karakter Asesmen Nasional 2021. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khomsiyatin, Iman, N., & Ariyanto, A. (2017). Metode Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisiyah Mangkujayan Ponorogo. Jurnal Educan, 1(2), 271–281.

Mirzaqon, T., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dam Praktik Konseling Expressive Writting. Jurnal BK Unesa, 8(1).

Mufarohah, L., Mujahidin, E., & Alim, A. (2018). Pendidikan Akhlak Untuk Anak Usia Dini. Prosiding Bimbingan Dan Konseling, 98–104. Bogor: Universitas Ibn khaldun Bogor.

Niman, E. M. (2019). Kearifan Lokal Dan Upaya Pelestarian Lingkungan Alam. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 1–178.

PAUD, D. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Prasetyo, K., & Hariyanto. (2017). Pendidikan Lingkungan Indonesia, Dasar Pedagogi dan Metodologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supadmini, N. K., Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416

Utina, R. (2009). Pemanasan Global: Dampak dan Upaya Meminimalisasinya. Jurnal Saintek UNG, 1–11.

Wijaya, I. K. W. B. (2018). Menanamkan Konsep Catur Paramita Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Jurnal Pratama Widya, 3(2), 41–46.

Wijaya, I. K. W. B. (2019a). Eco Family : Metode Parenting Anak Usia Dini Untuk Membentuk Generasi Literasi Lingkungan. Jurnal Pratama Widya, 4, 40–47.

Wijaya, I. K. W. B. (2019b). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Dengan Konsep Tri Pramana. Seminar Nasional Anak Usia Dini, 41–48.

Published
31-10-2022
How to Cite
Wijaya, I. K. W. B., & Prathiwi, K. J. R. (2022). Pengembangan Akhlak Terhadap Alam Kepada Anak Usia Dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 205-210. https://doi.org/10.30605/cjpe.522022.2109