Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V

  • Haspidawati Nur Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Hasil Belajar, Metode Penemuan Terbimbing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa dengan menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing di kelas V SDN 271 Apundi Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Melalui penelitian ini diharapkan guru sekolah dasar memiliki pengetahuan tentang metode pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang (siklus) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan seluruh siswa kelas V SDN 271 Apundi Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur, dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan dengan mata pelajaran IPA pada materi cahaya. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing yang terdiri dari pemberian soal atau masalah kepada siswa, pengembangan data, data processing, verivikasi dan generalisasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 271 Apundi Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Hal ini terungkap melalui hasil observasi pada aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama cukup baik, pertemuan kedua mengalami peningkatan dalam kategori baik. Sedangkan pada siklus II pertemuan I dan II mengalami peningkatan dalam kategori sangat baik. Aktivitas mengajar guru juga  mengalami perkembangan dari setiap siklus. Siklus I dalam kategori baik, pada siklus II dalam kategori sangat baik. Selain itu, tampak pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus berikutnya. Siklus I nilai ketuntasan siswa hanya mencapai 43%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 89%.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Tingkat SD/MI. Jakarta: Direktorat Mendikti.

Khaeruddin dan Sudjiono, E.H. (2005). Pembelajaran Sains(IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit Makassar.

Kilawati, A., & Yanti, R. (2019). Hubungan Outdor Activity dengan Scene Setting dalam Skill Mengajar Pembelajaran IPA Mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 6 - 10

Roestiyah, N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mengefetivitasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana, (1989). Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Nuansa Aulia.

Wardani, I.G.A.K. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Winataputra., Udin S dkk. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yanti, R., & Riady, A. (2019). Korelasi Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Literasi Sains. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 1-5.

Published
31-10-2019
How to Cite
Nur, H. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 53 - 58. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.119