Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Peserta didik pada Materi Enam Benua di Kelas VI SD dengan Penerapan Platform Pembelajaran Interaktif Educaplay

Authors

  • Selfiyanti Selfiyanti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Yuliastuti Yuliastuti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Khadijah Razak Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4850

Keywords:

Hasil Belajar, Minat Belajar, Pembelajaran Interaktif, Media Educaplay, Pembelajaran IPAS

Abstract

Permasalahan ini menjadi perhatian karena pemahaman materi enam benua merupakan bagian penting dari kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pengetahuan dasar tentang geografi global. Rendahnya hasil belajar dan minat belajar dapat berdampak pada kemampuan peserta didik untuk memahami konsep-konsep lanjutan dalam bidang ini.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar dan minat belajar peserta didik kelas VI pada materi enam benua melalui penerapan platform pembelajaran interaktif Educaplay. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas VI yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai meningkat dari 62 pada prasiklus menjadi 82 pada siklus II, dengan ketuntasan klasikal mencapai 89%. Tingkat keterlibatan aktif peserta didik juga meningkat hingga mencapai 90%. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan platform Educaplay efektif dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar peserta didik pada materi enam benua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis pedagogical content knowledge terhadap buku guru IPAS pada muatan IPA sekolah dasar kurikulum merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180-9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662

Alfatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kurikulum merdeka kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397-3405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6372

Alifni, A., Umiyanti, P. K., & Ramdani, C. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Perpindahan Kalor Dengan Penerapan Model Discovery Learning Untuk Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Jombang 01. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 134-138. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8763

Astuti, Y. P., & Jamilah, J. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning dengan Teknik Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Ipas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8-8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.246

Buaja, T., Ramadanaryanthi, R., & Miradj, S. (2024). Penggunaan Media Animasi Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD Negeri 2 Kota Ternate. Attractive: Innovative Education Journal, 6(3), 176-186. https://doi.org/10.51278/aj.v6i3.1477

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523-534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566

Cholilatul, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(2), 110-122. https://doi.org/10.51878/educational.v2i2.1183

Daryanti, D., & Taufina, T. (2020). Penggunaan media pembelajaran dalam model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484-490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.368

Ibrahim, M. R., & Seirumpun, K. A. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Speaking Dan Minat Belajar Siswa Kelas X Mekatronika 1 SMKN 6 Pekanbaru Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 3(1), 38-48. https://doi.org/10.59059/jpmis.v3i1.1129

Kemendikbud. (2020). Laporan Kinerja Pendidikan Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Kusmiyatun, S. (2018). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Geografi Materi Memahami Kondisi Perkembangan Negara Di Dunia Melalui Penerapan Metode Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas IX a SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01). http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.179

Lestari, E. (2021). Penerapan Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar IPS Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Ngadiwarno Sukorejo Kendal. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 19-27.

Listyaningsih, S. (2022). Peningkatan hasil belajar IPS materi kondisi geografis benua asia melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada peserta didik kelas IX A semester I SMP Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(5), 713-727.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Ramdhani, N. M., Andini, R. P., & Rustini, T. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPAS di Kelas Awal pada Kurikulum Merdeka melalui Pemanfaatan TIK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6660-6666. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7276

Safitri, D. (2024). Media Games Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Materi Benua Siswa Kelas IX-H SMP Negeri 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 3(1), 254-274.

Saroh, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Benua dan Samudera dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Learning Start with a Question pada Siswa Kelas IX A SMPN 3 Kediri. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 32-39. https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.12867

Sunarsih, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Benua Melalui Model Quiz Team Dipadu Media Petakumpet Pada Siswa Kelas VI SDN Sidokare 3 Sidoarjo. Media Didaktika, 5(2), 135-148. https://doi.org/10.52166/didaktika.v3i1.5656

Tabroni, T., Syukur, M., & Indrayani, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3), 4(2), 261-266.

Tsania, A., & Kurniawati, W. (2024). Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1078-1085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7255

Yulinda, N., Witono, A. H., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Miniatur Tiga Dimensi Berbahan Dasar Kertas untuk Pemahaman Diri Siswa Tentang Mitigasi Bencana di Kelas 6 Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 159-167. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3981

Published

2024-11-29

How to Cite

Selfiyanti, S., Yuliastuti, Y., & Razak, N. K. (2024). Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Peserta didik pada Materi Enam Benua di Kelas VI SD dengan Penerapan Platform Pembelajaran Interaktif Educaplay . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 656–666. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4850

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.