Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Peserta didik pada Materi Enam Benua di Kelas VI SD dengan Penerapan Platform Pembelajaran Interaktif Educaplay
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4850Keywords:
Hasil Belajar, Minat Belajar, Pembelajaran Interaktif, Media Educaplay, Pembelajaran IPASAbstract
Permasalahan ini menjadi perhatian karena pemahaman materi enam benua merupakan bagian penting dari kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pengetahuan dasar tentang geografi global. Rendahnya hasil belajar dan minat belajar dapat berdampak pada kemampuan peserta didik untuk memahami konsep-konsep lanjutan dalam bidang ini.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar dan minat belajar peserta didik kelas VI pada materi enam benua melalui penerapan platform pembelajaran interaktif Educaplay. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas VI yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai meningkat dari 62 pada prasiklus menjadi 82 pada siklus II, dengan ketuntasan klasikal mencapai 89%. Tingkat keterlibatan aktif peserta didik juga meningkat hingga mencapai 90%. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan platform Educaplay efektif dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar peserta didik pada materi enam benua.
Downloads
References
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis pedagogical content knowledge terhadap buku guru IPAS pada muatan IPA sekolah dasar kurikulum merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180-9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Alfatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kurikulum merdeka kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397-3405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6372
Alifni, A., Umiyanti, P. K., & Ramdani, C. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Perpindahan Kalor Dengan Penerapan Model Discovery Learning Untuk Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Jombang 01. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 134-138. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8763
Astuti, Y. P., & Jamilah, J. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning dengan Teknik Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Ipas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8-8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.246
Buaja, T., Ramadanaryanthi, R., & Miradj, S. (2024). Penggunaan Media Animasi Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD Negeri 2 Kota Ternate. Attractive: Innovative Education Journal, 6(3), 176-186. https://doi.org/10.51278/aj.v6i3.1477
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523-534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Cholilatul, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(2), 110-122. https://doi.org/10.51878/educational.v2i2.1183
Daryanti, D., & Taufina, T. (2020). Penggunaan media pembelajaran dalam model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484-490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.368
Ibrahim, M. R., & Seirumpun, K. A. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Speaking Dan Minat Belajar Siswa Kelas X Mekatronika 1 SMKN 6 Pekanbaru Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 3(1), 38-48. https://doi.org/10.59059/jpmis.v3i1.1129
Kemendikbud. (2020). Laporan Kinerja Pendidikan Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Kusmiyatun, S. (2018). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Geografi Materi Memahami Kondisi Perkembangan Negara Di Dunia Melalui Penerapan Metode Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas IX a SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01). http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.179
Lestari, E. (2021). Penerapan Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar IPS Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Ngadiwarno Sukorejo Kendal. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 19-27.
Listyaningsih, S. (2022). Peningkatan hasil belajar IPS materi kondisi geografis benua asia melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada peserta didik kelas IX A semester I SMP Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(5), 713-727.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Ramdhani, N. M., Andini, R. P., & Rustini, T. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPAS di Kelas Awal pada Kurikulum Merdeka melalui Pemanfaatan TIK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6660-6666. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7276
Safitri, D. (2024). Media Games Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Materi Benua Siswa Kelas IX-H SMP Negeri 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 3(1), 254-274.
Saroh, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Benua dan Samudera dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Learning Start with a Question pada Siswa Kelas IX A SMPN 3 Kediri. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 32-39. https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.12867
Sunarsih, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Benua Melalui Model Quiz Team Dipadu Media Petakumpet Pada Siswa Kelas VI SDN Sidokare 3 Sidoarjo. Media Didaktika, 5(2), 135-148. https://doi.org/10.52166/didaktika.v3i1.5656
Tabroni, T., Syukur, M., & Indrayani, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3), 4(2), 261-266.
Tsania, A., & Kurniawati, W. (2024). Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1078-1085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7255
Yulinda, N., Witono, A. H., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Miniatur Tiga Dimensi Berbahan Dasar Kertas untuk Pemahaman Diri Siswa Tentang Mitigasi Bencana di Kelas 6 Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 159-167. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3981
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.