Pengembangan Media Pembelajaran Edufraction Magnet Board pada Materi Pecahan Kelas III SDN 04 Botupingge

Authors

  • Mutiara Damayanti Doloan Universitas Negeri Gorontalo
  • Salma Halidu Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Sakinah Aries Universitas Negeri Gorontalo
  • Gamar Abdullah Universitas Negeri Gorontalo
  • Andi Marshanawiah Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4802

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Edufraction Magnet Board, Pecahan, ADDIE

Abstract

Pemahaman siswa terhadap operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut yang sama masih menjadi tantangan, khususnya pada siswa kelas III SDN 04 Botupingge. Rendahnya pemahaman ini menunjukkan perlunya media pembelajaran yang inovatif untuk membantu siswa memahami konsep pecahan dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran Edufraction Magnet Board (EMB) pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama, (2) menguji kelayakan media EMB, (3) mengevaluasi kepraktisan media EMB, dan (4) mengidentifikasi keefektifan penggunaan EMB sebagai media pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 04 Botupingge. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi untuk ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa; lembar observasi untuk guru dan siswa; serta soal pretest dan posttest. Data dianalisis secara kuantitatif untuk kelayakan dan kepraktisan, serta kualitatif untuk wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media EMB dinilai sangat layak dengan skor rata-rata 92,96% dari validator ahli. Media ini juga dinilai sangat praktis oleh guru dan siswa dengan skor rata-rata 92,91%. Dari segi keefektifan, hasil N-Gain Score sebesar 78% menunjukkan kategori efektif. Temuan ini mengindikasikan bahwa EMB adalah media pembelajaran yang layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam menyediakan alternatif media pembelajaran berbasis manipulatif yang tidak hanya menarik perhatian siswa tetapi juga mampu meningkatkan hasil belajar mereka secara signifikan. Model pengembangan ADDIE yang digunakan juga terbukti relevan dalam menghasilkan media pembelajaran berkualitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, W. N. (2016). Model pembelajaran Dick and Carrey dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 1(2), 119-126.

Al Anshori, F., & Syam, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Slide Terhadap Minat Bertanya Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Biogenerasi, 3(2), 7-10.

Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis powerpoint pada materi kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119-124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814

Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282-294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Dwijayani, N. M. (2019, October). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1321, No. 2, p. 022099). IOP Publishing.https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Falah, F., Komaro, M., & Yayat, Y. (2016). Penggunaan Multimedia Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Materi Bidang Geser. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 159. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i2.4545

Haqi, A., Risfina, A. M., Suryana, E., & Harto, K. (2023). Teori Pemrosesan Informasi dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1632–1641. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5256

Ihsan, M. S., Ramdani, A., & Hadisaputra, S. (2019). Pengembangan E-Learning pada pembelajaran kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 84-87. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1238

Kartikaningrum, R., & Mulyani, P. K. (2024). Development of UTAYA: Implementing Snakes and Ladders Media for Contextual Teaching and Learning of Forces in Physics Education. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(9), 7018-7029. https://doi.org/0.29303/jppipa.v10i9.8471

Khaeruman, K., Ahmadi, A., & Rehanun, R. (2015). Pengembangan media animasi interaktif pada materi laju reaksi. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(1), 267-273. https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i1.672

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028–1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497

Magdalena, I., Aen, K., Maulidya, S., & Fadilah, N. (2023). Model Pembelajaran Dick and Carrey dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SDN Pondok Jagung Timur Kota Tanggerang Selatan. TSAQOFAH, 3(3), 363-373. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i3.970

Nabila, M., Mislinawati, M., & Fitriani, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar Ipas Materi Sistem Tata Surya Kelas Vi Sdn Lamkunyet Aceh Besar. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(10), 963-976..

Panjaitan, R., Mujiwati, E. S., & Aka, K. A. (2022). Pengembangan Media Papan Pecahan untuk Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Sama Siswa Kelas III SDN Sambi 2. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(2), 389–396. https://doi.org/10.54082/jupin.83

Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Google Slide pada materi pecahan sederhana di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440-2448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247

Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran, 4(1), 86–97.

Sudiyono, Achmad Farichi, and Sukarmin Sukarmin. "Development of Reaction Rate Animation Application (Alare) to Train Students' Critical Thinking Skills on Reaction Rate Material." Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia 12, no. 4 (2024): 708-720. https://doi.org/10.33394/hjkk.v12i4.12386

Sumarni, S. (2019). Model penelitian dan pengembangan (R&D) lima tahap (MANTAP).

Unaenah, E., Nurfaizah, A., Safitri, D., Rahmawati, N., Siti, R., Fatimah, N., Adinda, A. P., & Tangerang, U. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan Sederhana Melalui Media Cd. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2009), 303–318. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Zahro, A. F., Sadiah, A., & Afriza, E. F. (2024). Application of Discovery Learning Model Assisted by Augmented Reality Media to Learning Outcomes. COSMOS: Jurnal Ilmu Pendidikan, Ekonomi dan Teknologi, 2(1), 46-57.

Published

2024-11-29

How to Cite

Doloan, M. D., Halidu, S. ., Aries, N. S., Abdullah, G., & Marshanawiah, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Edufraction Magnet Board pada Materi Pecahan Kelas III SDN 04 Botupingge. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 621–632. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4802

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 

You may also start an advanced similarity search for this article.