Teori Belajar Van Hiele dalam Penyajian Materi Geometri Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4841Keywords:
Kemampuan, Berpikir Matematis, Gaya Kognitif, Teori Van Hiele, GeometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi geometri yang disajikan berdasarkan teori belajar Van Hiele, dengan memperhatikan perbedaan gaya kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang berfokus pada penggambaran kemampuan berpikir kreatif siswa melalui wawancara langsung dan analisis hasil tes kemampuan berpikir kreatif mereka. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Talaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, yang dipilih berdasarkan beberapa kriteria: (1) gaya kognitif siswa berdasarkan hasil tes Group Embedded Figures Test (GEFT), yaitu dua siswa dengan gaya kognitif field-independent dan dua siswa dengan gaya field-dependent, (2) kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan informasi dari guru mata pelajaran matematika, dan (3) kesediaan siswa untuk berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kognitif memengaruhi variasi kemampuan berpikir kreatif siswa, khususnya dalam hal kefasihan, fleksibilitas, dan keaslian dalam menyelesaikan masalah geometri. Temuan ini memberikan wawasan mengenai perbedaan karakteristik berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya kognitif yang berbeda, serta menjadi rujukan untuk pengembangan strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya kognitif siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis mereka.
Downloads
References
Adiastuty, N., Waluya, S. B., Junaedi, I., Masrukan, M., & Putri, C. M. (2022). Pengaruh Gaya Kognitif dan Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 5, 756.
Amina, S., Listiawati, E., Affaf, D. M., Matematika, P. P., & Pgri Bangkalan, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah HOTS Ditinjau dari Gaya Kognitif. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 120–126. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5230
Andiyana, M. A., Maya, R., Hidayat, W., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p239-248
Aries, N. S., Rivai, S., Monoarfa, F., Ismail, R. P., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Integrasi Pendekatan Open Ended Problem dalam Pengembangan Modul Digital untuk Penguatan Konsep Dasar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5616–5627. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13268
Budiman, H., & Rosmiati, M. (2020). Penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Prisma, 9(1), 47-56. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.845
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Edumath, 3(2), 155–163. https://doi.org/https://doi.org/10.52657/je.v3i2.460
Febrianingsih, F. (2022). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.692
Hasdi, Manuharawati, & Sulaiman, R. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1393–1398. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1040
Kurnia, A. N., & Hidayati, N. (2022). Analisis kemampuan berpikir geometri berdasarkan tahap berpikir van Hiele pada pembelajaran matematika siswa SMP. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(2), 419-430. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3618
Marwazi, M., Masrukan, M., & Putra, N. M. D. (2019). Analysis of problem solving ability based on field dependent cognitive style in discovery learning models. Journal of Primary Education, 8(2), 127-134.https://doi.org/10.15294/jpe.v8i2.25451
Palayukan, H., Langi, E. L., Palengka, I., & Hima, L. R. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Kubus dan Balok. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 879-884. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.366
Pratiwi, F., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2020). Penerapan teori belajar Van Hiele untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 128-138. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.5534
Renanda, A., Qohar, A., & Chandra, T. D. (2023). Analisis peningkatan level berpikir geometri mahasiswa berdasarkan teori Van Hiele dengan pendekatan konstruktivisme. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 101-114.
Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.4880
Sari, E. M. J., & Budiarto, M. T. (2016). Profil Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer Dan Verbalizer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5), 39. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n2.p%25p
Telaumbanua, Y. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 598–605. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.88
Umah, U. (2020). Comparison of Students’ Covariational Reasoning Based on Differences in Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Style. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 41–54. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v4i1.638
Unaenah, E., Anggraini, I. A., Aprianti, I., Aini, W. N., Utami, D. C., Khoiriah, S., Refando, A., & Tangerang, U. M. (2020). Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 365–374.
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.
Wulan, E. R. (2019). Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Factor M, 1(2). https://doi.org/10.30762/f_m.v1i2.1503
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.