Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas VI SD Negeri Gunung Sari II

Authors

  • Mersi Theresia Universitas Muhammadiyyah Makassar
  • Nurliah Jamaluddin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abdul Wahid Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4760

Keywords:

Meningkatkan, Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran, Project Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Gunung Sari II. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yakni siswa kelas VI SD Negeri Gunung Sari II yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 11 perempuan dan 9 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi nilai KKM (70) sebanyak 4 orang (19,05%) dan tidak memenuhi nilai KKM (70) sebanyak 16 orang ( 79,85%) dengan rata-rata nilai siswa 52,33. Pada siklus II meningkat signifikan jumlah siswa yang memenuhi nilai KKM (70) terdapat 19 orang (93,3%) dan yang tidak memenuhi nilai KKM (70) sebanyak 1 siswa (6,7%) dengan nilai rata-rata 90,73. Hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 70%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajar Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri Gunung Sari II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60. https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550

Budiyanti, F., Mohzana, M., & Aminah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PjBL dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Diskusi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7(1), 154-166. https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.6875

Fatimah, S., Anggraini, R., & Riswari, L. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 319-326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7109

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap minat dan hasil belajar siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307-314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Ibrahim, R. N. A., Saleh, M., & Arif, R. M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Project based learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 205-216. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4340

Ihade, I. (2021). Meningkatkan Nilai Tugas Proyek Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas V SDI Ampiri Kabupaten Barru. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 176-184. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1459

Irfana, S., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Efektifitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Journal of Professional Elementary Education, 1(1), 56-64. https://doi.org/10.46306/jpee.v1i1.7

Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2016). Keefektifan model pembelajaran pjbl (Project Based Learning) terhadap kemampuan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas xi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1309

Mandjur, R., Nursakiah, N., & Sulastri, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Penerapan Problem Based Learning pada Materi Bagian Tumbuhan pada Siswa SD Telkom Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 264-273. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4472

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 3(4), 1082-1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327-333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). Pembelajaran keterampilan menyimak dengan menggunakan media podcast berbasis model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 108-117. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.741

Pradana, D. B. P. (2017). Pengaruh penerapan tools google classroom pada model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(01). https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i1.20527

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Project Based Learning. Jurnal basicedu, 4(2), 379-388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362

Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1). https://doi.org/10.30738/cjipf.v4i1.1384

Ramdani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 210-215. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2925

Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736-9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161

Sinta, M., Sakdiah, H., Novita, N., Ginting, F. W., & Syafrizal, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. phi: jurnal pendidikan fisika dan terapan, 8(1), 24-28. http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v8i1.14546

Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 65-67. https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 6(1). https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., & Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552-563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419

Published

2024-11-30

How to Cite

Theresia, M., Jamaluddin, N., & Wahid, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas VI SD Negeri Gunung Sari II. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 730–743. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4760

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.