Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Teknik Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 135 Binano

  • Sujarwati Sujarwati SDN 135 Binano
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurdin Nurdin Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Kooperatif, Number Heads Together, Tutor Sebaya, Pemecahan Masalah, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe numbered heads together dengan teknik tutor sebaya terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas V SDN 135 Binano. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan satuan eksperimen yang dilakukan pada kelas V SDN 135 Binano. Penentuan satuan eksperimen dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, angket motivasi belajar, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial dan kriteria pengaruh. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum pembelajaran dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dengan teknik tutor sebaya berada pada kategori rendah, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika setelah pembelajaran dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dengan teknik tutor sebaya berada pada kategori baik, (3) Motivasi belajar matematika siswa sebelum pembelajaran berada pada kategori sedang, (4) Motivasi belajar matematika setelah pembelajaran berada pada kategori tinggi, (5) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika, dan (6) Terdapat perbedaan motivasi belajar matematika setelah pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alie, N. H. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X2 SMAN 3 Gorontalo Pada Materi Jarak Pada Bangun Ruang. Jurnal Entropi, VII (1), 583–592.

Firdaus, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 93–99.

Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Pangerti, B. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar, Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Kelas XI Ilmu Alam Dan Model Sorong. Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 30–49.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Sari, R. Y., Saputra, H. J., & Azizah, M. (2019). Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantu Dakonmatika Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 51–56.

Setiawan, A. (2008). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis Tidak Diterbitkan, Bandung (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung).

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilo, Y., & Khabibah, S. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) materi Ajar Perbandingan Dan. MATHEdunesa, 2(2).

Zahroh, E. N. (2019). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung. Skripsi: Iain Tulungagung.

Published
26-10-2021
How to Cite
Sujarwati, S., Ilyas, M., & Nurdin, N. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Teknik Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 135 Binano. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 117-126. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1268

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>