Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas VI SD Negeri Gunung Sari II
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4760Keywords:
Meningkatkan, Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran, Project Based Learning, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Gunung Sari II. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yakni siswa kelas VI SD Negeri Gunung Sari II yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 11 perempuan dan 9 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi nilai KKM (70) sebanyak 4 orang (19,05%) dan tidak memenuhi nilai KKM (70) sebanyak 16 orang ( 79,85%) dengan rata-rata nilai siswa 52,33. Pada siklus II meningkat signifikan jumlah siswa yang memenuhi nilai KKM (70) terdapat 19 orang (93,3%) dan yang tidak memenuhi nilai KKM (70) sebanyak 1 siswa (6,7%) dengan nilai rata-rata 90,73. Hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 70%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajar Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri Gunung Sari II.
Downloads
References
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60. https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550
Budiyanti, F., Mohzana, M., & Aminah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PjBL dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Diskusi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7(1), 154-166. https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.6875
Fatimah, S., Anggraini, R., & Riswari, L. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 319-326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7109
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap minat dan hasil belajar siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307-314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Ibrahim, R. N. A., Saleh, M., & Arif, R. M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Project based learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 205-216. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4340
Ihade, I. (2021). Meningkatkan Nilai Tugas Proyek Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas V SDI Ampiri Kabupaten Barru. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 176-184. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1459
Irfana, S., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Efektifitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Journal of Professional Elementary Education, 1(1), 56-64. https://doi.org/10.46306/jpee.v1i1.7
Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2016). Keefektifan model pembelajaran pjbl (Project Based Learning) terhadap kemampuan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas xi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1309
Mandjur, R., Nursakiah, N., & Sulastri, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Penerapan Problem Based Learning pada Materi Bagian Tumbuhan pada Siswa SD Telkom Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 264-273. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4472
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 3(4), 1082-1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327-333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684
Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). Pembelajaran keterampilan menyimak dengan menggunakan media podcast berbasis model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 108-117. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.741
Pradana, D. B. P. (2017). Pengaruh penerapan tools google classroom pada model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(01). https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i1.20527
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Project Based Learning. Jurnal basicedu, 4(2), 379-388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1). https://doi.org/10.30738/cjipf.v4i1.1384
Ramdani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 210-215. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2925
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736-9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161
Sinta, M., Sakdiah, H., Novita, N., Ginting, F. W., & Syafrizal, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. phi: jurnal pendidikan fisika dan terapan, 8(1), 24-28. http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v8i1.14546
Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 65-67. https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 6(1). https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., & Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552-563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.