Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Basic Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA Negeri 7 Makassar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4753Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Bahasa Indonesia, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII SMA Negeri 7 Makassar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XII. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa. Pada siklus pertama, rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa adalah 73,8, sedangkan pada siklus kedua, rata-rata nilai kelompok kontrol adalah 70,7. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian, PBL dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang bermanfaat dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah.
Downloads
References
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114.
Fakhri, M. M., Wahid, A., Fadhilatunisa, D., Surianto, D. F., & Hidayat, A. (2022). Pengaruh Model Blended Problem Based Learning Berbasis Lms Moodle Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 4(3), 670-684. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.501
Fitriyani, R., Corebima, A. D., & Ibrohim, I. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa sma. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Negeri Malang, 3(4), 186-200. https://doi.org/10.17977/jps.v3i4.8170
Garnalis, W. (2018). Penerapan Pendekatan Experiential Learning Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i1.249
Hasanah, A., Nugraha, R. C., Harningsih, E., Ghassani, D. A., & Marasabessy, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Translasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1131-1150.https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1276
Hasbullah, H. (2018). Peningkatan hasil belajar kognitif biologi menggunakan model problem base learning berbasis powtoon siswa kelas XII IPA 7 SMA N 1 Metro semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 124-131. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i2.1623
Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(02), 49-57. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.162
Ili, L., & Jusmaningsih, D. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika melalui pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 10(1), 112-118.https://doi.org/10.29210/169100
Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Pythagoras, 13(2),181-188.https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595
Kamrozzaman, N. A., Badusah, J., & Mohammad, W. M. R. W. (2019). Heutagogy approach: Effectiveness of M-learning for lifelong learning education/Pendekatan heutagogi: Keberkesanan M-pembelajaran untuk pendidikan sepanjang hayat. Sains Humanika, 11(3).https://doi.org/10.11113/sh.v11n3.1496
Kapitan, L. V., Leton, S. I., Tule, P., & Gaspersz, V. (2024). Hubungan Manajemen Mutu Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(2), 2346-2352. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1129
Khair, O. I., & Lestari, A. W. (2023). Meningkatkan Kualitas Pendidikan pada SDM Tenaga Pendidik. Indonesian Journal of Society Engagement, 3(2), 70-77. https://doi.org/10.33753/ijse.v3i2.80
Lobo, L. (2016). The Influence of Learning Model (Creative Problem Solving Vs. Based
Learning) Department of Pancasila Civic Education, Teacher Training
Margana, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 18-25.https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i1.341
Meirani, R. K., Supriyanto, A., & Imron, A. (2023). Implementasi Total Quality Management melalui Penjaminan Mutu dan Pelibatan Stakeholder dalam Penyusunan Kurikulum SMK PK. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 115-131.https://doi.org/10.24246/j.jk.2023.v10.i2.p115-131
Tanjung, A. W. S., Bektiarso, S., & Lesmono, A. D. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah disertai sumber belajar lingkungan terhadap hasil belajar Fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 67-75. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.35163
Wajdi, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia. Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 1(1), 19-26. https://doi.org/10.51574/hybrid.v1i1.540
Yulius, B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Penemuan dengan Masalah Open Ended untuk Peserta Didik SMA Kelas X Semester 2. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 279-286. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.450
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51-62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.474
Zohiro, M. Q. A. B., Suryanti, N. M. N., Wahidah, A., Malik, I., & Haris, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Kuartet Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1193-1198.https://doi.org/0.29303/jipp.v9i2.2186
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.