Penerapan Video Pesta Lomban Jepara terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

  • Wilda Mustaidatul Fitria Universitas Muria Kudus
  • Irfai Fathurrohman Universitas Muria Kudus
  • Sekar Dwi Ardianti Universitas Muria Kudus
Keywords: Video Pesta Lomban, Hasil Belajar Siswa, Kuantitatif

Abstract

Penerapan video pesta lomban Jepara ini dapat digunakan untuk diterapakan dalam media pembelajaran video guna mempngaruhi hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan video Pesta Lomban Jepara meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dan untuk memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen one grup pretest posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumenasi. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan, pada saat pretest menunjukan nilai rata- rata sebesar 42 sedangkan, saat posttest menunjukan nilai rata-rata 87. Kenaikan hasil pretest dan posttest sebesar 45. Serta nilai Uji-t diperoleh signifikan < 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai thitung  (27.677). Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada pengujian hipotesis uji-t, maka diperoleh H0 dan Ha diterima. Artinya, penggunaan media pembelajaran video pesta lomban jepara dan berpengaruh secara positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 2 Banjaran Bangsri Jepara

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55

Ardianti, S. D., & Ristiyani, R. (2017). Pemahaman Pendidikan Seks Usia Dini Melalui Modul Anggota Tubuh Manusia. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 5(2), 65-70. https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.65-70

Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Karangbener Menggunakan Model Think Pairs Share. EduBase: Journal of Basic Education, 1(2), 127-135. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i2.141

Satria, E. P., Fathurohman, I., & Ardianti, S. D. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa SD melalui model teams games tournament dan media scrapbook. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 45-51. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.26954

Wardhani, I. S. K. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Numerasi dengan Kearifan Lokal Untuk Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 908-914. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2748

Fathurohman, I. (2020). Pembelajaran mata kuliah keterampilan berbahasa indonesia melalui live streaming youtube berbasis Open Broadcast Software dan Whatsapp di era pandemi Covid 19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 668-675. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.704

Khasanah, U., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 60-64. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611

Wati, M. L. K., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Struktural Antologi Puisi Alarm Sunyi Karya Emi Suy. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2), 529-546. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7029

Moerti, T. D., Fathurohman, I., & Ismaya, E. A. (2024). Pengaruh Program Literasi Pojok Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 10(1), 1349-1358. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2581

Utami, O. P., Oktavianti, I., & Ardianti, S. D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan Media Kipas. Jurnal Basicedu, 8(1), 739-746. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7159

Patria, A., Utaminingsih, S., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Video untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 561-569. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1368

Yulianti, P., Fathurohman, I., & Kanzunnudin, M. (2022). Penanaman Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Ra. Irbah Golden Age Surabaya. Jurnal Warna: Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 83-95. https://doi.org/10.24903/jw.v7i2.1196

Bahnan, R. (2019). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Kompetensi Dasar Menirukan Pembacaan Pantun Anak Di Kelas Iv Sd Negeri 26 Sungailiat. Cendekiawan, 1(1), 13-19. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.154

Ntjalama, K. M., & Murdiyanto, T. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan media kahoot! terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMAN 4 Bekasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 13-20.

Wahyuningtyas, S., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2022). Efektifitas Video Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Collase (Creative Of Learning Students Elementary Education), 5(3), 521-530. https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10909

Ahmadah, S. N. W., Setiawan, D., & Ardianti, S. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 52-60. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.27010

Sumintono, B., & Widodo, S. 2019. “Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.” PT Remaja Rosdakarya.

“Video Pesta Lomban Jepara.” 2021. Dalam https://www.youtube.com/watch?v=xxxxxx.

Wahyudi, A. 2020. “Pemanfaatan Media Video Pesta Lomban Jepara untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Multimedia Volume 12 Nomor 2: 105.

Nikmah, S., Purnomo, A., & Nisa, A. N. S. (2020). Pembelajaran Ips Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus Di Smp Negeri 1 Jepara). Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i1.41324

Rahayu, L. T., Masfuah, S., & Setiawaty, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Audio Visual Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5660-5672. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10076

Muzakki, M. A., & Putri, A. R. (2024). Identifikasi Materi pada Modul Ajar Bilingual EtnoSTEM berbasis kearifan Lokal Jepara untuk sekolah Dasar. Scientia, 3(2). https://doi.org/10.51773/sssh.v3i2.303

Harsono, S. (2017). Folklore Tourism in Jepara. Culturalistics: Journal of Cultural, Literary, and Linguistic Studies, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.14710/culturalistics.v1i1.1657

Sholikhah, n., & hendrokumoro, n. F. N. (2024). Penamaan dan makna kultural leksikon sesajen dalam prosesi larungan pesta lomban di jepara (naming and cultural meaning in lexicon of offerings in larungan procession lomban festival in jepara). Kandai, 20(1), 91-108. https://doi.org/10.26499/jk.v20i1.7111

Published
14-08-2024
How to Cite
Fitria, W. M., Fathurrohman, I., & Ardianti, S. D. (2024). Penerapan Video Pesta Lomban Jepara terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 184-192. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4139