Penerapan Video Pesta Lomban Jepara terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penerapan video pesta lomban Jepara ini dapat digunakan untuk diterapakan dalam media pembelajaran video guna mempngaruhi hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan video Pesta Lomban Jepara meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dan untuk memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen one grup pretest posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumenasi. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan, pada saat pretest menunjukan nilai rata- rata sebesar 42 sedangkan, saat posttest menunjukan nilai rata-rata 87. Kenaikan hasil pretest dan posttest sebesar 45. Serta nilai Uji-t diperoleh signifikan < 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai thitung (27.677). Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada pengujian hipotesis uji-t, maka diperoleh H0 dan Ha diterima. Artinya, penggunaan media pembelajaran video pesta lomban jepara dan berpengaruh secara positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 2 Banjaran Bangsri Jepara
Downloads
Metrics
References
Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55
Ardianti, S. D., & Ristiyani, R. (2017). Pemahaman Pendidikan Seks Usia Dini Melalui Modul Anggota Tubuh Manusia. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 5(2), 65-70. https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.65-70
Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Karangbener Menggunakan Model Think Pairs Share. EduBase: Journal of Basic Education, 1(2), 127-135. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i2.141
Satria, E. P., Fathurohman, I., & Ardianti, S. D. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa SD melalui model teams games tournament dan media scrapbook. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 45-51. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.26954
Wardhani, I. S. K. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Numerasi dengan Kearifan Lokal Untuk Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 908-914. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2748
Fathurohman, I. (2020). Pembelajaran mata kuliah keterampilan berbahasa indonesia melalui live streaming youtube berbasis Open Broadcast Software dan Whatsapp di era pandemi Covid 19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 668-675. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.704
Khasanah, U., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 60-64. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611
Wati, M. L. K., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Struktural Antologi Puisi Alarm Sunyi Karya Emi Suy. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2), 529-546. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7029
Moerti, T. D., Fathurohman, I., & Ismaya, E. A. (2024). Pengaruh Program Literasi Pojok Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 10(1), 1349-1358. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2581
Utami, O. P., Oktavianti, I., & Ardianti, S. D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan Media Kipas. Jurnal Basicedu, 8(1), 739-746. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7159
Patria, A., Utaminingsih, S., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Video untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 561-569. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1368
Yulianti, P., Fathurohman, I., & Kanzunnudin, M. (2022). Penanaman Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Ra. Irbah Golden Age Surabaya. Jurnal Warna: Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 83-95. https://doi.org/10.24903/jw.v7i2.1196
Bahnan, R. (2019). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Kompetensi Dasar Menirukan Pembacaan Pantun Anak Di Kelas Iv Sd Negeri 26 Sungailiat. Cendekiawan, 1(1), 13-19. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.154
Ntjalama, K. M., & Murdiyanto, T. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan media kahoot! terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMAN 4 Bekasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 13-20.
Wahyuningtyas, S., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2022). Efektifitas Video Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Collase (Creative Of Learning Students Elementary Education), 5(3), 521-530. https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10909
Ahmadah, S. N. W., Setiawan, D., & Ardianti, S. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 52-60. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.27010
Sumintono, B., & Widodo, S. 2019. “Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.” PT Remaja Rosdakarya.
“Video Pesta Lomban Jepara.” 2021. Dalam https://www.youtube.com/watch?v=xxxxxx.
Wahyudi, A. 2020. “Pemanfaatan Media Video Pesta Lomban Jepara untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Multimedia Volume 12 Nomor 2: 105.
Nikmah, S., Purnomo, A., & Nisa, A. N. S. (2020). Pembelajaran Ips Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus Di Smp Negeri 1 Jepara). Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i1.41324
Rahayu, L. T., Masfuah, S., & Setiawaty, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Audio Visual Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5660-5672. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10076
Muzakki, M. A., & Putri, A. R. (2024). Identifikasi Materi pada Modul Ajar Bilingual EtnoSTEM berbasis kearifan Lokal Jepara untuk sekolah Dasar. Scientia, 3(2). https://doi.org/10.51773/sssh.v3i2.303
Harsono, S. (2017). Folklore Tourism in Jepara. Culturalistics: Journal of Cultural, Literary, and Linguistic Studies, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.14710/culturalistics.v1i1.1657
Sholikhah, n., & hendrokumoro, n. F. N. (2024). Penamaan dan makna kultural leksikon sesajen dalam prosesi larungan pesta lomban di jepara (naming and cultural meaning in lexicon of offerings in larungan procession lomban festival in jepara). Kandai, 20(1), 91-108. https://doi.org/10.26499/jk.v20i1.7111
Copyright (c) 2024 Wilda Mustaidatul Fitria, Irfai Fathurrohman, Sekar Dwi Ardianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.