Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Basic Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA Negeri 7 Makassar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Nur Wahyuli Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Yuni Indrawati Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4753

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Bahasa Indonesia, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII SMA Negeri 7 Makassar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XII. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa. Pada siklus pertama, rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa adalah 73,8, sedangkan pada siklus kedua, rata-rata nilai kelompok kontrol adalah 70,7. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian, PBL dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang bermanfaat dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nur Wahyuli, Universitas Muhammadiyah Makassar

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia

Yuni Indrawati, Universitas Muhammadiyah Makassar

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia

References

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114.

Fakhri, M. M., Wahid, A., Fadhilatunisa, D., Surianto, D. F., & Hidayat, A. (2022). Pengaruh Model Blended Problem Based Learning Berbasis Lms Moodle Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 4(3), 670-684. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.501

Fitriyani, R., Corebima, A. D., & Ibrohim, I. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa sma. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Negeri Malang, 3(4), 186-200. https://doi.org/10.17977/jps.v3i4.8170

Garnalis, W. (2018). Penerapan Pendekatan Experiential Learning Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i1.249

Hasanah, A., Nugraha, R. C., Harningsih, E., Ghassani, D. A., & Marasabessy, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Translasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1131-1150.https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1276

Hasbullah, H. (2018). Peningkatan hasil belajar kognitif biologi menggunakan model problem base learning berbasis powtoon siswa kelas XII IPA 7 SMA N 1 Metro semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 124-131. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i2.1623

Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(02), 49-57. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.162

Ili, L., & Jusmaningsih, D. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika melalui pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 10(1), 112-118.https://doi.org/10.29210/169100

Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Pythagoras, 13(2),181-188.https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595

Kamrozzaman, N. A., Badusah, J., & Mohammad, W. M. R. W. (2019). Heutagogy approach: Effectiveness of M-learning for lifelong learning education/Pendekatan heutagogi: Keberkesanan M-pembelajaran untuk pendidikan sepanjang hayat. Sains Humanika, 11(3).https://doi.org/10.11113/sh.v11n3.1496

Kapitan, L. V., Leton, S. I., Tule, P., & Gaspersz, V. (2024). Hubungan Manajemen Mutu Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(2), 2346-2352. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1129

Khair, O. I., & Lestari, A. W. (2023). Meningkatkan Kualitas Pendidikan pada SDM Tenaga Pendidik. Indonesian Journal of Society Engagement, 3(2), 70-77. https://doi.org/10.33753/ijse.v3i2.80

Lobo, L. (2016). The Influence of Learning Model (Creative Problem Solving Vs. Based

Learning) Department of Pancasila Civic Education, Teacher Training

Margana, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 18-25.https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i1.341

Meirani, R. K., Supriyanto, A., & Imron, A. (2023). Implementasi Total Quality Management melalui Penjaminan Mutu dan Pelibatan Stakeholder dalam Penyusunan Kurikulum SMK PK. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 115-131.https://doi.org/10.24246/j.jk.2023.v10.i2.p115-131

Tanjung, A. W. S., Bektiarso, S., & Lesmono, A. D. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah disertai sumber belajar lingkungan terhadap hasil belajar Fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 67-75. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.35163

Wajdi, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia. Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 1(1), 19-26. https://doi.org/10.51574/hybrid.v1i1.540

Yulius, B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Penemuan dengan Masalah Open Ended untuk Peserta Didik SMA Kelas X Semester 2. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 279-286. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.450

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51-62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.474

Zohiro, M. Q. A. B., Suryanti, N. M. N., Wahidah, A., Malik, I., & Haris, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Kuartet Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1193-1198.https://doi.org/0.29303/jipp.v9i2.2186

Published

2024-12-17

How to Cite

Wahyuli, N., & Indrawati, Y. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Basic Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA Negeri 7 Makassar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 806–815. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4753

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.