Meningkatkan Nilai Tugas Proyek Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas V SDI Ampiri Kabupaten Barru

  • Ihade Ihade
Keywords: Nilai Tugas, Project Based Learning, Tema Udara Bersih, Siswa

Abstract

Nilai tugas proyek semester I yaitu 66,8. Kategori nilai terdapat pada kategori kurang dimana nilai klasikal mencapai 50% dengan nulai KKM 70, dari jumlah skor maksimal tiap subjek adalah 48, belum mencapai standar keberhasilan penilaian aspek keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian tindkaan kelas yang bertujuan meningkatkan nilai tugas proyek melalui pembelajaran PBL. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus yang setiap siklusnya melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah Siswa Kelas V SDI Ampiri yang berjumlah 10 orang siswa, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai tugas proyek siswa kelas V SDI Ampiri kabupaten Barru meningkat secara positif selisih 10,9%, dengan rerata skor yang dicapai siklus tiga 80,20 kategori baik dari siklus dua 69,30 kategori kurang, tuntas belajar 8 orang dengan persentase 80,0% yang mencapai nilai KKM 70. (2) Perubahan kemampuan guru meningkat secara positif selisih 19,44% dengan skor persentase siklus tiga 80,55% kategori baik, dari siklus dua 61,11% kategori cukup. Perubahan aktivitas belajar peserta didik meningkat secara positif selisih 20,97%, dengan skor persentase siklus tiga 81,53% kategori sangat baik dari siklus dua 60,56% kategori cukup

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi keempat. Depdiknas. Jakarta: PT Gramedia Pusat Utama.

Desnylasari, E., Mulyani, S., & Mulyani, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 134-142.

Halid, N. A. (2021). Meningkatkan Nilai Tugas Proyek Bahasa Indonesia melalui Kegiatan Project Based Learning. Jurnal Edukasi Saintifik, 1(2), 87-104.

Hidayat, W. (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar SD. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pembinaan dan pengembangan profesi guru Buku 2. Jakarta: Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Nuraeni, N. (2018). Meningkatkan Nilai Tugas Proyek PPKN Melalui Implementasi Model Project Based Learning. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(1), 47-52.

Nurhayati, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Manusia dan Lingkungan pada Pembelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Inpres Ulo Kabupaten Barru. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 9-16.

Sari, L. I., Satrijono, H., & Sihono, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jurnal Edukasi, 2(1), 11-14.

Sugiarti, T. (1997). Penelitian Tindakan Kelas. (Makalah Pelatihan Peningkatan Kualifikasi Guru S1 PGSD Universitas Jember).

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara,

Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Yandianto, (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Cetakan pertama. Bandung: M2S Bandung.

Published
31-10-2021
How to Cite
Ihade, I. (2021). Meningkatkan Nilai Tugas Proyek Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas V SDI Ampiri Kabupaten Barru. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 176-184. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1459