Penggunaan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pancasila di Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Ayu Handayani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Reka Amalia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursakiah Nursakiah Universitas Muhammadiah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4751

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar peserta didik dan tidak aktif di dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini menjelaskan bagaiamana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap mata Pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV. C SD Telkom Makassar yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui observasi, dokumentasi, dan tes yang di analisis melalui metode deskriptif analisis data kualitatif untuk memperoleh data yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian di temukan pada kegiatan proses pembelajran pada siklus I presentase ketuntasan yang dimiliki peserta didik yaitu 50% dari hasil tugas evaluasi pembelejaran yang di berikan kepada peserta didik di akhir pembelajaran kemudian memberikan perubahan peningkatan pada pembelajaran di siklus II dengan perolehan angka rata-rata ketuntasan mencapai 76.7%. Hasil yang di peroleh dari pelaksanaan proses pembelajaran selama 2 siklus dengan pemberian tugas evaluasi sebelum pemberian model pembelajaran Problem Based Learning dapat di berikan kesimpulan untuk proses pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan terhadap motivasi belajar peserta didik. Model pembelajaran Problem Based Learning memiliki peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga meningkatkan keaktifan dalam belajar dan adanya peningkatan hasil belajar siswa teruama dalam Pelajaran Pendidikan Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alghifari, L. M. M., Harmanto, H., & Zaini, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(2), 76-82. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i2.260

Arief, H. S., Maulana, M., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141-150. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2945

Cahyanti, W., Damayanti, A. T., Wigati, T., & Suyoto, S. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 223-229. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.467

Faisal, D., Restian, A., & Supradana, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning Kelas I SDN Tanjungsari 2 Kota Blitar dalam Merdeka Belajar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2161-2173. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8007

Fitriyah, A. L., Putra, M. I. S., Solichin, M., Amrulloh, A., & Anwar, M. A. (2020). Desain Manajemen Pendidikan dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 6(2), 195-213. https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2220

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Halizha, C. A., Fauziah, R. Y., Wahyuni, N. I., Aeni, K., & Tugiran, T. (2023). Penggunaan Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Keaktifan Kelas IV SDN Podorejo 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29328-29335. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11696

Handayani, D., Anwar, Y. A. S., Junaidi, E., & Hadisaputra, S. (2022). Pengembangan modul pembelajaran kimia materi asam basa berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Chemistry Education Practice, 5(1), 107-114. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2765

Hartata, R. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sejarah (Peminatan). Keraton: Journal of History Education and Culture, 1(2). https://doi.org/10.32585/keraton.v1i2.521

Khakim, N., Santi, N. M., US, A. B., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347-358. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506

Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195-207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Ningrum, S., Indiati, I., & Nugroho, A. A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8460-8464. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7570

Nisa, H., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Bagaimana model problem based-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar?. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 70-75. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.145

Nurbiyati, A., & Permana, E. P. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendid ikan Pancasila Materi Keragaman Budaya Indonesia. Jurnal Simki Postgraduate, 3(1), 15-26. https://doi.org/10.29407/jspg.v3i1.577

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Rahmandani, F., Hamzah, M. R., Handayani, T., & Fatimah, S. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 2 Batu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1016-1027. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.674

Saputri, A. I. D., Pangestu, E. W. P., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Andayani, T. W. (2023). Penerapan Media Inovatif Berbasis Problem Based Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3548-3558. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6404

Setiadi, R., Aprilia, A., Maemunah, M., & Nirwana, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan PKn. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 11(1), 22-26. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.15269

Setiyadi, M. W. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 22-28. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3710

Sukaptiyah, S. (2015). Peningkatan hasil belajar PKN melalui model problem based learning pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 114-121. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p114-121

Sutrami, K. F., & Amrullah, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 97-107. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.922

Wafa, M. A. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Bangkalan. Journal Of Early Childhood And Islamic Education, 1(1), 39-51. https://doi.org/10.62005/joecie.v1i1.13

Zuhri, S. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Ppkn Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Di Kelas V Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 18-26. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7739

Published

2024-11-12

How to Cite

Handayani, S. A., Amalia, R., & Nursakiah, N. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pancasila di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 452–461. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4751

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.