Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva pada Kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4746Keywords:
Hasil Belajar IPAS, Media Pembelajaran, Digital, Canva, PTKAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat belajar siswa karena media pembelajaran yang tidak kreatif sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini diikuti oleh 19 peserta didik kelas V A UPT SPF SD Negeri Mangasa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dalam tiga siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Tes untuk hasil pembelajaran yang memuat tes pilihan ganda dan isian yang dikombinasikan, lembar observasi, dokumentasi, dan kolaborasi yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini yaitu terdpat peningkatan persentase peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dari 21.5% pada pra siklus menjadi 26.5% untuk siklus 1 kemudian dari siklus II 63.5 % menjadi 73% untuk siklus III selanjutnya peningkatan rata-rata nilai sebelum dimulainya siklus 55.73, kemudian siklus I 52.21, selanjutnya siklus II 65.15, dan siklus III 84.26 mengindikasikan bahwa penerapan media pembelajaran digital berbasis canva berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik. Selain itu, ada peningkatan motivasi belajar dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa mengalami peningkatan dari penerapan model pembelajaran digital berbasis canva.
Downloads
References
Arikarani, Y. (2024). Adaptasi Teknologi Dan Media Pembelajaran Melalui Canva Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 6(2), 111-127. https://doi.org/10.37092/ej.v6i2.677
Ariyanti, Y. E., & Yusro, A. C. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Video Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 2 Tegalombo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2543-2559. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8435
Atikah, W. N., & Sari, R. M. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DAN WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Jurnal Darma Agung, 32(2), 1139-1148. http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4429
Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., ... & Sakti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96-103. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65
Dewi, I. M., & Setyasto, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Flipbook Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pernapasan Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2300-2308. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.7030
Ginting, H. (2021). Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Canva pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 47-52. https://doi.org/10.56393/educare.v1i2.956
Hadi, W., Sari, Y., & Pasha, N. M. (2024). Analisis Penggunaan Media Interaktif Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 466-473. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1570
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064-1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan aplikasi canva dalam media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138-146. https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716
Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kurnia, I. R., & Sunaryati, T. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1357-1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579
Lestari, P. A., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Isnawan, O. A. R., ... & Nugroho, O. F. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47-54. https://doi.org/10.17509/ijocsee.v2i1.45696
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817
Muhafid, E. A., Solihah, N. M. R., Rahmawati, W., Azizah, H. N., Niswah, H., & Rakhmat, A. N. (2023). Pelatihan Canva sebagai Alternatif Media Pembelajaran Digital Berbasis Paradigma Merdeka Belajar untuk Guru SD Negeri 1 Purwogondo. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 214-222. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i3.3092
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43-50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7
Ningrum, S. K., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Budaya Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1500-1511. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7432
Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan pendampingan desain dan produksi media pembelajaran berbasis aplikasi canva for education bagi guru bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271-6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129-136. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24151
Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128-144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667
Wiyono, H., Firmansyah, H., Ramadhan, I., Adlika, N. M., Purnama, S., Budiman, J., ... & Febrianti, U. R. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Bagi Guru Mgmp Ips Kabupaten Mempawah. Abdimas Galuh, 5(1), 183-191. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9185
Zakia, R., Khaldun, I., & Safitri, R. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Melalui School Watching Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 46-54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10748
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.