Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva pada Kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa

Authors

  • Zaldy Imran Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Vivi Apriani Jasia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hadi Saputra Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syarifuddin Syarifuddin UPT SPF SD Negeri Mangasa

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4746

Keywords:

Hasil Belajar IPAS, Media Pembelajaran, Digital, Canva, PTK

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat belajar siswa karena media pembelajaran yang tidak kreatif sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini diikuti oleh 19 peserta didik kelas V A UPT SPF SD Negeri Mangasa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dalam tiga siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Tes untuk hasil pembelajaran yang memuat tes pilihan ganda dan isian yang dikombinasikan, lembar observasi, dokumentasi, dan kolaborasi yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini yaitu terdpat peningkatan persentase peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dari 21.5% pada pra siklus menjadi 26.5% untuk siklus 1 kemudian dari siklus II 63.5 % menjadi 73% untuk siklus III selanjutnya peningkatan rata-rata nilai sebelum dimulainya siklus 55.73, kemudian siklus I 52.21, selanjutnya siklus II 65.15, dan siklus III 84.26 mengindikasikan bahwa penerapan media pembelajaran digital berbasis canva berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik. Selain itu, ada peningkatan motivasi belajar dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa mengalami peningkatan dari penerapan model pembelajaran digital berbasis canva.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikarani, Y. (2024). Adaptasi Teknologi Dan Media Pembelajaran Melalui Canva Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 6(2), 111-127. https://doi.org/10.37092/ej.v6i2.677

Ariyanti, Y. E., & Yusro, A. C. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Video Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 2 Tegalombo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2543-2559. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8435

Atikah, W. N., & Sari, R. M. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DAN WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Jurnal Darma Agung, 32(2), 1139-1148. http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4429

Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., ... & Sakti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96-103. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65

Dewi, I. M., & Setyasto, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Flipbook Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pernapasan Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2300-2308. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.7030

Ginting, H. (2021). Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Canva pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 47-52. https://doi.org/10.56393/educare.v1i2.956

Hadi, W., Sari, Y., & Pasha, N. M. (2024). Analisis Penggunaan Media Interaktif Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 466-473. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1570

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064-1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan aplikasi canva dalam media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138-146. https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716

Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kurnia, I. R., & Sunaryati, T. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1357-1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579

Lestari, P. A., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Isnawan, O. A. R., ... & Nugroho, O. F. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47-54. https://doi.org/10.17509/ijocsee.v2i1.45696

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817

Muhafid, E. A., Solihah, N. M. R., Rahmawati, W., Azizah, H. N., Niswah, H., & Rakhmat, A. N. (2023). Pelatihan Canva sebagai Alternatif Media Pembelajaran Digital Berbasis Paradigma Merdeka Belajar untuk Guru SD Negeri 1 Purwogondo. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 214-222. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i3.3092

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43-50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7

Ningrum, S. K., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Budaya Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1500-1511. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7432

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan pendampingan desain dan produksi media pembelajaran berbasis aplikasi canva for education bagi guru bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271-6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717

Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129-136. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24151

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128-144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667

Wiyono, H., Firmansyah, H., Ramadhan, I., Adlika, N. M., Purnama, S., Budiman, J., ... & Febrianti, U. R. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Bagi Guru Mgmp Ips Kabupaten Mempawah. Abdimas Galuh, 5(1), 183-191. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9185

Zakia, R., Khaldun, I., & Safitri, R. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Melalui School Watching Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 46-54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10748

Published

2024-11-12

How to Cite

Imran, Z., Jasia, V. A. ., Saputra, H., & Syarifuddin, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva pada Kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 440–451. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4746

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.