Penerapan Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas V di UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1

Authors

  • Sulaeha Sulaeha Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Zahwa Zulia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4733

Keywords:

Cooperative Learning, Jigsaw, Hasil Belajar, Keterampilan Kolaborasi, Matematika

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah kesulitan siswa kelas V dalam memahami materi bilangan bulat akibat metode pengajaran yang kurang menarik dan interaktif, serta kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas V di UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1 dengan materi bilangan bulat. Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus, mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan adalah hasil observasi keterampilan kolaborasi dan tes hasil belajar siswa, dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi, terlihat dari meningkatnya partisipasi, kerja sama, dan komunikasi dalam kelompok, dengan kenaikan dari 60 persen pada siklus I menjadi 85 persen pada siklus II. Hasil belajar Matematika juga meningkat, dengan rata-rata nilai kelas naik dari 70 menjadi 85, serta ketuntasan belajar mencapai 90 persen di akhir siklus II. Penerapan model ini efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa, sehingga direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran interaktif yang mendukung suasana belajar kolaboratif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056

Ahmad, A., & S. B. (2021). Peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 45–58. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i2.4658

Arta, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 4 Tenganan. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 1(1), 9–22. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.283

Asmara, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 36-45. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1286

Ernawati, E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pai Pada Siswa Kelas Vl Sd Negeri 8 Sungai Raya. Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 205–211. https://doi.org/10.51878/learning.v3i3.2463

Fajuri, F. (2019). Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I SD Negeri 27 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 6(1), 20-26. https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2526

Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2020). Meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik dengan bimbingan klasikal metode cooperative learning tipe jigsaw. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161-170. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170

Fuadi, A. M., & Fauziati, E. (2022). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelejaran Ipa Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 242-247. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.659

Hidayat, C., Juniar, D. T., & Herlina, M. N. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Poomsae I Mata Kuliah Taekwondo. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 36. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8177

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Nirta, I. K. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 14 Cakranegara Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Paedagogy, 6(1), 8-13. https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2524

Nomor, R., Wenas, J. R., & Pangemanan, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Spldv. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(4), 50-58. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.746

Nurhadi, N. (2022). Penerapan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Sman 3 Bengkalis. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(2), 240–249. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i2.1147

Putra, I. N. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar memahami unsur intrinsik cerpen. Indonesian Journal of Educational Development, 1, 692–701. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562064

Rafiah, H. (2020). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Memahami Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 335–343. https://doi.org/10.33654/pgsd

Sari, N., & Mariyati, Y. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Terpadu Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw (Jig) Pada Mahasiswa Pgsd. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 1(2), 31-35. https://doi.org/10.47165/jpin.v1i2.30

Simaremare, J. A., & Thesalonika, E. (2021). Penerapan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 113-133. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1642

Supriyanto, T. (2020). Efektivitas pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 12-21. http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3892

Trisdiono, H., & Zuwanti, I. (2017). Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 7(02), 523111. https://dx.doi.org/10.25273/pe.v7i2.1468

Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Wanti, M. D., Wati, S., Kamal, M., & Afrinaldi, A. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw oleh guru pai di smk negeri 1 koto baru dharmasraya. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 158-171. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.1015

Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 131-141. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775

Published

2024-11-26

How to Cite

Sulaeha, S., Zulia, Z., & Wahyuni, S. (2024). Penerapan Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas V di UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 518–528. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4733

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.