Meningkatkan Minat Belajar melalui Pemberian Apresiasi dan Penguatan Positif Pada Peserta Didik di Kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1

Authors

  • Triana Usman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Wahyu Nengsi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4734

Keywords:

Minat Belajar, Pemberian Apresiasi, Penguatan Positif, Peserta Didik, PTK

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya minat belajar siswa kelas IV di UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1, yang tercermin dari partisipasi mereka dengan minim dalam kegiatan pembelajaran dan sikap pasif dalam menyelesaikan tugas. Rendahnya minat belajar dapat berakibat buruk pada prestasi akademik dan perkembangan sosial siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pemberian apresiasi dan penguatan positif, seperti pujian, penghargaan sederhana, dan umpan balik positif, yang diberikan secara konsisten selama proses pembelajaran. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengadopsi model siklus Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas IV, dan data diperoleh melalui observasi, kuesioner minat belajar, serta wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian apresiasi dan penguatan positif secara konsisten dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1. Berdasarkan siklus pertama, motivasi belajar siswa tercatat 60%, yang kemudian meningkat menjadi 70% pada siklus kedua. Begitu juga dengan partisipasi siswa yang meningkat dari 55% menjadi 75%.  Oleh karena itu, pemberian apresiasi dan penguatan positif secara konsisten efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa, meskipun hasil menunjukkan bahwa strategy tersebut perlu disesuaikan dengan karakteristik individu siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damayanti, H., Rizky, N. N., & Sofiyah, K. (2024). Pengaruh Apresiasi dan Motivasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas Rendah. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 2(2b), 829-834. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2b.2873

Dewi, N. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Murid Melalui Pemberian ‘Reward Super Student’Di Sekolah Dasar Kristen ‘B’Surabaya. Aletheia Christian Educators Journal, 2(2), 151-156. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.2.151-156

Dyansatithi, N., & Hasanah, M. (2024). Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 4(1), 015-024. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v4i1.3873

Febianti, Y. N. (2020). Apresiasi Seni Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Literasi Ekonomi. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8(2). http://dx.doi.org/10.24127/pro.v8i2.3304

Fu'ad, S. N., Khoir, N. M., Setiawan, S., & Rohmawati, A. (2019). Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui metode reward and punishment di MTs. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 160-178. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1617

Insani, S. P., Darmiany, D., Nurmawanti, I., & Witono, A. H. (2023). Kreativitas guru di abad 21 dalam mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 66-72. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4796

Magdalena, M. (2018). Melatih kepercayaan diri siswa dalam menyatakan tanggapan dan saran sederhana melalui penguatan pujian pada pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(2), 237-245. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.282

Maulidia, L. N., & Tumardi, T. (2020). Pemberian Penguatan Perilaku Anak Dalam Pembelajaran di Paud. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 123-133. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.26135

Maulidya Ainun, A., Hasanah, N., & Kumullah, R. (2023). Pengaruh Penguatan dalam Membentuk Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Educazione: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling, 11(2), 92-101. https://doi.org/10.56013/edu.v11i2.2249

Nurcahya, A., & Hadijah, H. S. (2020). Pemberian penguatan (reinforcement) dan kreatifitas mengajar guru sebagai determinan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 83-96. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25855

Nurhayati, R., Ningsih, D. A., Sudirman, P., Nur, A. M. T., Kurnia, S., Hidayah, N., ... & Khairati, M. (2023). Keterampilan Memberikan Penguatan (Reinforcement) Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 6 Bone. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 15(2), 145-154. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2176

Palar, Y. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Mahasiswa melalui Pemberian Penguatan Positif dalam Gaya Kepemimpinan Partisipatif di IAKN Manado. JMPK: Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 104-113. https://doi.org/10.51667/jmpk.v2i2.1150

Putra, A., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Behavioristik dalam Penerapan Pembelajaran. Khazanah Pendidikan, 17(2), 1-8. http://dx.doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17835

Putri, A. N., Ariza, H., & Murni, H. S. (2023). Penerapan Metode Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTSN 7 Agam. KOLONI, 2(4), 113-120. https://doi.org/10.31004/koloni.v2i4.554

Sainanda, G., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Pemberian Apresiasi Terhadap Minat Belajar Ips Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 X Koto Diatas. Jurnal Eduscience, 9(2), 388-394. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3038

Sari, P. S., & Santosa, S. (2024). Penerapan Teori Classical Conditioning dalam Memperkuat Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(1), 1-16. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i1.2484

Tahir, M. Y., & Harum, A. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Broken Home Dengan Teknik Reinforcement Positif. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 15-21. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i1.976

Waqiah, W., & Dj, M. Z. (2023). Penerapan Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMKN 4 Bone. Jurnal Al-Qayyimah, 4(1), 71-84. http://dx.doi.org/10.30863/aqym.v4i1.1571

Zabrina, R. (2023). Analisis Pemberian Penguatan (Reinforcement) Terhadap Disiplin Belajar Siswa. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 8(1), 77-96. https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.1.77-96

Zein, Z. T. (2021). Hubungan Pemberian Reward and Punnishment Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Di Sdn Cilendek 2 Kota Bogor. Inspiratif Pendidikan, 10(2), 124-136. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.26466

Published

2024-11-26

How to Cite

Usman, T., Nengsi, W., & Wahyuni, S. (2024). Meningkatkan Minat Belajar melalui Pemberian Apresiasi dan Penguatan Positif Pada Peserta Didik di Kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 529–540. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4734

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.