Penerapan Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas V di UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4733Keywords:
Cooperative Learning, Jigsaw, Hasil Belajar, Keterampilan Kolaborasi, MatematikaAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah kesulitan siswa kelas V dalam memahami materi bilangan bulat akibat metode pengajaran yang kurang menarik dan interaktif, serta kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas V di UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1 dengan materi bilangan bulat. Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus, mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan adalah hasil observasi keterampilan kolaborasi dan tes hasil belajar siswa, dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi, terlihat dari meningkatnya partisipasi, kerja sama, dan komunikasi dalam kelompok, dengan kenaikan dari 60 persen pada siklus I menjadi 85 persen pada siklus II. Hasil belajar Matematika juga meningkat, dengan rata-rata nilai kelas naik dari 70 menjadi 85, serta ketuntasan belajar mencapai 90 persen di akhir siklus II. Penerapan model ini efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa, sehingga direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran interaktif yang mendukung suasana belajar kolaboratif.
Downloads
References
Abdullah, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056
Ahmad, A., & S. B. (2021). Peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 45–58. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i2.4658
Arta, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 4 Tenganan. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 1(1), 9–22. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.283
Asmara, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 36-45. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1286
Ernawati, E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pai Pada Siswa Kelas Vl Sd Negeri 8 Sungai Raya. Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 205–211. https://doi.org/10.51878/learning.v3i3.2463
Fajuri, F. (2019). Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I SD Negeri 27 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 6(1), 20-26. https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2526
Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2020). Meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik dengan bimbingan klasikal metode cooperative learning tipe jigsaw. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161-170. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170
Fuadi, A. M., & Fauziati, E. (2022). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelejaran Ipa Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 242-247. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.659
Hidayat, C., Juniar, D. T., & Herlina, M. N. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Poomsae I Mata Kuliah Taekwondo. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 36. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8177
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Nirta, I. K. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 14 Cakranegara Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Paedagogy, 6(1), 8-13. https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2524
Nomor, R., Wenas, J. R., & Pangemanan, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Spldv. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(4), 50-58. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.746
Nurhadi, N. (2022). Penerapan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Sman 3 Bengkalis. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(2), 240–249. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i2.1147
Putra, I. N. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar memahami unsur intrinsik cerpen. Indonesian Journal of Educational Development, 1, 692–701. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562064
Rafiah, H. (2020). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Memahami Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 335–343. https://doi.org/10.33654/pgsd
Sari, N., & Mariyati, Y. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Terpadu Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw (Jig) Pada Mahasiswa Pgsd. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 1(2), 31-35. https://doi.org/10.47165/jpin.v1i2.30
Simaremare, J. A., & Thesalonika, E. (2021). Penerapan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 113-133. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1642
Supriyanto, T. (2020). Efektivitas pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 12-21. http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3892
Trisdiono, H., & Zuwanti, I. (2017). Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 7(02), 523111. https://dx.doi.org/10.25273/pe.v7i2.1468
Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Wanti, M. D., Wati, S., Kamal, M., & Afrinaldi, A. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw oleh guru pai di smk negeri 1 koto baru dharmasraya. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 158-171. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.1015
Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 131-141. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.