Penerapan PAPINKA (Papan Pintar Perkalian) untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Operasi Hitung Perkalian
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5685Keywords:
Penerapan, PAPINKA, Operasi Hitung Perkalian, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung perkalian siswa kelas V, yang menunjukkan perlunya inovasi media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami konsep perkalian secara lebih konkret dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi berhitung perkalian siswa kelas V SDN Batuan melalui penggunaan media pembelajaran PAPINKA (Papan Pintar Perkalian). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah sembilan siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan ditentukan jika minimal 70% siswa mencapai nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Peningkatan dalam kemampuan siswa menyelesaikan soal perkalian bersusun. Hasil Siklus I, hanya 4 dari 9 siswa (44,4%) yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilakukan perbaikan pada Siklus II, sebanyak 8 dari 9 siswa (91,11%) berhasil mencapai nilai di atas batas minimum. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan media PAPINKA efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa. Kesimpulannya bahwa PAPINKA berperan positif dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media interaktif serupa dalam pembelajaran matematika untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif.
Downloads
References
Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D., Margakaya, S., Ciranggon, J., Sukamaju, S., ... & Cimahi, K. (2019). Penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 2(05), 5. https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3342
Aini, K., Wahab, A., Misbahudholam AR, M., & Asmoni, A. (2025). Numeracy Literacy Skills and Pancasila Student Profiles through the Implementation of Ethnomathematics-Based STEAM. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1), 535–545. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.6048
Aini, N. N., Bahari, P. K., Zainuddin, M., & Mas' ula, S. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Game Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Untuk Siswa Kelas 3 SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 111-120. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6847
Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis kesulitan siswa belajar operasi hitung perkalian pada pembelajaran matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 945-957. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4549
Amalia, N., Handayani, T., & Fitri, I. (2022). Pengaruh Media Papan Pintar Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Ra Ar–Ridho Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5361-5378. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6333
Anugraini, A. P., & Patricia, F. A. (2023). Pengaruh Strategi Berhitung (Different Strategies) pada Operasi Bilangan Bulat terhadap Hasil Belajar Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(2), 246-256.
Bahrudin, E. R., & Siswono, T. Y. E. (2020). Mathematics Anxiety and Students Creative Thinking Process in Solving Number Patterns Problems. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 2(1), 8-17. https://doi.org/10.26740/jomp.v2n1.p8-17
Endarwati, T., & Purba, E. V. (2024). Analisis (GEMPA) Game Papan Perkalian dan Pembagian dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal Of Education, 1(2), 43-49. https://doi.org/10.71417/ije.v1i2.187
Faizah, S. N. (2024). Pengaruh Model The Power Of Two Berbantuan Media Papan Pintar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 9(1), 20-26. http://dx.doi.org/10.24269/silogisme.v9i1.8781
Habsah, R., & Kurnia, I. R. (2025). Pengembangan Media Berbasis Papinka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Ii Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 9(1), 1-13. https://doi.org/10.36379/autentik.v9i1.583
Hartiningrum, E. S. N., & Wahab, A. (2024). Kajian Teori: Pandangan Vygotsky Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Problem Posing Di Kurikulum Merdeka. https://doi.org/10.25139/smj.v12i2.7822
Kekado, R. U. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran “Papinka (Papan Pintar Angka)” Berbasis Web Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Untuk Siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(10).
Lailiyah, W., & Kusuma, R. S. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar Pembagian Terhadap Kemandirian Siswa Kelas 3 Di UPTD SDN Karang Asem. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 405-414. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14915
Leby, L. N. B., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Matematika Pada Siswa Kelas 3. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 37-42. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p37-42
Nafisah, S., & Furnamasari, Y. F. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Papan Pintar Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Dua Uptd Sdn 1 Juntinyuat. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(3), 208-216. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i3.360
Nasution, T. K., & Surya, E. (2016). Penerapan teknik jarimatika dalam upaya meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian bilangan. Lemma: Letters of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.22202/jl.2016.v2i2.601
Nurasrifha, Z., & Gumala, Y. (2024). Systematic Literature Review: Efektivitas Media Papan Pintar Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 3(2), 86-92.
Pawe, Y. M., Awu, Y., & Wewe, M. (2024). Pengembangan Media Papan Tebak Aku untuk Meningkatkan Konsep Perkalian Dasar di Kelas IV SDK Olabolo. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 154-160. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.928
Putri, S. A., & Pranata, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Peserta Didik Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1002-1010. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2762
Sukataman, S., Khomsatun, K., Annafi, N. M. N., Setiyani, S., & Jannah, V. N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung pada Materi Perkalian Menggunakan Media Kantong Perkalian pada Siswa Kelas 2 SDI Ulil Albab Kebumen. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 57-69. https://doi.org/10.33507/ibtida.v2i1.429
Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1-17. https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440
Tawa, M. E., Meo, M. D., Senda, M. F., Sayangan, Y. V., & Lobo, L. (2023). Penggunaan Media Papan Pintar Berhitung untuk Meningkatkan Pemahaman Numerasi bagi Siswa Kelas 1 di SDK Olabolo. Jurnal Citra Magang dan Persekolahan, 1(4), 149-165. https://doi.org/10.38048/jcmp.v1i4.2589
Wahyuni, R., & Nasution, H. A. (2024). Penggunaan Media Papan Pintar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SD. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 6(2). https://doi.org/10.15408/ajme.v6i2.42756
Wahab, A. (2023). Penilaian Tehadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Konteks Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa SMP. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 5(4 SE-Articles), 282–288. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i4.9721
Wahab, A., Andini, N., Assholehah, A. S., & Ibliyah, K. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian Dengan Metode Jarimatika. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(4), 311–318.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.