Penerapan PAPINKA (Papan Pintar Perkalian) untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Operasi Hitung Perkalian

Authors

  • Abdul Wahab STKIP PGRI Sumenep
  • Windi Angriani Aprilia Putri STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5685

Keywords:

Penerapan, PAPINKA, Operasi Hitung Perkalian, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung perkalian siswa kelas V, yang menunjukkan perlunya inovasi media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami konsep perkalian secara lebih konkret dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi berhitung perkalian siswa kelas V SDN Batuan melalui penggunaan media pembelajaran PAPINKA (Papan Pintar Perkalian). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah sembilan siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan ditentukan jika minimal 70% siswa mencapai nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Peningkatan dalam kemampuan siswa menyelesaikan soal perkalian bersusun. Hasil Siklus I, hanya 4 dari 9 siswa (44,4%) yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilakukan perbaikan pada Siklus II, sebanyak 8 dari 9 siswa (91,11%) berhasil mencapai nilai di atas batas minimum. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan media PAPINKA efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa. Kesimpulannya bahwa PAPINKA berperan positif dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media interaktif serupa dalam pembelajaran matematika untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D., Margakaya, S., Ciranggon, J., Sukamaju, S., ... & Cimahi, K. (2019). Penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 2(05), 5. https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3342

Aini, K., Wahab, A., Misbahudholam AR, M., & Asmoni, A. (2025). Numeracy Literacy Skills and Pancasila Student Profiles through the Implementation of Ethnomathematics-Based STEAM. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1), 535–545. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.6048

Aini, N. N., Bahari, P. K., Zainuddin, M., & Mas' ula, S. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Game Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Untuk Siswa Kelas 3 SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 111-120. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6847

Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis kesulitan siswa belajar operasi hitung perkalian pada pembelajaran matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 945-957. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4549

Amalia, N., Handayani, T., & Fitri, I. (2022). Pengaruh Media Papan Pintar Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Ra Ar–Ridho Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5361-5378. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6333

Anugraini, A. P., & Patricia, F. A. (2023). Pengaruh Strategi Berhitung (Different Strategies) pada Operasi Bilangan Bulat terhadap Hasil Belajar Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(2), 246-256.

Bahrudin, E. R., & Siswono, T. Y. E. (2020). Mathematics Anxiety and Students Creative Thinking Process in Solving Number Patterns Problems. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 2(1), 8-17. https://doi.org/10.26740/jomp.v2n1.p8-17

Endarwati, T., & Purba, E. V. (2024). Analisis (GEMPA) Game Papan Perkalian dan Pembagian dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal Of Education, 1(2), 43-49. https://doi.org/10.71417/ije.v1i2.187

Faizah, S. N. (2024). Pengaruh Model The Power Of Two Berbantuan Media Papan Pintar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 9(1), 20-26. http://dx.doi.org/10.24269/silogisme.v9i1.8781

Habsah, R., & Kurnia, I. R. (2025). Pengembangan Media Berbasis Papinka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Ii Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 9(1), 1-13. https://doi.org/10.36379/autentik.v9i1.583

Hartiningrum, E. S. N., & Wahab, A. (2024). Kajian Teori: Pandangan Vygotsky Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Problem Posing Di Kurikulum Merdeka. https://doi.org/10.25139/smj.v12i2.7822

Kekado, R. U. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran “Papinka (Papan Pintar Angka)” Berbasis Web Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Untuk Siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(10).

Lailiyah, W., & Kusuma, R. S. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar Pembagian Terhadap Kemandirian Siswa Kelas 3 Di UPTD SDN Karang Asem. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 405-414. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14915

Leby, L. N. B., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Matematika Pada Siswa Kelas 3. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 37-42. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p37-42

Nafisah, S., & Furnamasari, Y. F. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Papan Pintar Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Dua Uptd Sdn 1 Juntinyuat. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(3), 208-216. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i3.360

Nasution, T. K., & Surya, E. (2016). Penerapan teknik jarimatika dalam upaya meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian bilangan. Lemma: Letters of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.22202/jl.2016.v2i2.601

Nurasrifha, Z., & Gumala, Y. (2024). Systematic Literature Review: Efektivitas Media Papan Pintar Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 3(2), 86-92.

Pawe, Y. M., Awu, Y., & Wewe, M. (2024). Pengembangan Media Papan Tebak Aku untuk Meningkatkan Konsep Perkalian Dasar di Kelas IV SDK Olabolo. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 154-160. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.928

Putri, S. A., & Pranata, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Peserta Didik Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1002-1010. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2762

Sukataman, S., Khomsatun, K., Annafi, N. M. N., Setiyani, S., & Jannah, V. N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung pada Materi Perkalian Menggunakan Media Kantong Perkalian pada Siswa Kelas 2 SDI Ulil Albab Kebumen. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 57-69. https://doi.org/10.33507/ibtida.v2i1.429

Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1-17. https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440

Tawa, M. E., Meo, M. D., Senda, M. F., Sayangan, Y. V., & Lobo, L. (2023). Penggunaan Media Papan Pintar Berhitung untuk Meningkatkan Pemahaman Numerasi bagi Siswa Kelas 1 di SDK Olabolo. Jurnal Citra Magang dan Persekolahan, 1(4), 149-165. https://doi.org/10.38048/jcmp.v1i4.2589

Wahyuni, R., & Nasution, H. A. (2024). Penggunaan Media Papan Pintar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SD. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 6(2). https://doi.org/10.15408/ajme.v6i2.42756

Wahab, A. (2023). Penilaian Tehadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Konteks Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa SMP. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 5(4 SE-Articles), 282–288. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i4.9721

Wahab, A., Andini, N., Assholehah, A. S., & Ibliyah, K. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian Dengan Metode Jarimatika. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(4), 311–318.

Published

2025-05-08

How to Cite

Wahab, A., & Putri, W. A. A. (2025). Penerapan PAPINKA (Papan Pintar Perkalian) untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Operasi Hitung Perkalian. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 466–478. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5685

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.