Penerapan Media Picture Berbantu Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di SD Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa

Authors

  • Basmala Basmala Universitas Muhammadyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4698

Keywords:

Media Picture, Audio Visual, Kemampuan Berpikir, Bahasa Indonesia, Siswa SD

Abstract

Urgensi permasalahan dalam penelitian ini terletak pada pentingnya pengembangan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan media picture berbantu audio visual pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sebanyak 28 siswa menjadi subjek penelitian ini. Setiap siklus penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan pembelajaran dalam penelitian ini adalah pencapaian tingkat kemampuan berpikir siswa. Metode pengumpulan data melibatkan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam tingkat kemampuan berpikir siswa. pada siklus I diperoleh sebanyak 15 siswa yang tuntas (54%) sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 13 siswa (46%) . Kemudian pada siklus II  sebanyak 23 siswa yang tuntas atau (83%) dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 orang atau (17%). Oleh karena itu, Dapat disimpulkan bahwa memalui penerapan media Picture berbantu audio visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afridah, Z. F., & Sulthoniyah, L. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Menggunakan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(2), 125-135. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i2.7736

Budiyanti, F., Mohzana, M., & Aminah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PjBL dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Diskusi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7(1), 154-166. https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.6875

Eriansyah, Y., & Baadilla, I. (2023). Model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 151-158. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.378

Herlina, M., Syahfitri, J., & Ilista, I. (2020). Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual. Edubiotik, 5(01), 42-54. https://dx.doi.org/10.33503/ebio.v5i01.666

Mardianis, M. (2022). Penerapan Model Direct Istrucion dan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia tentang Menulis Puisi Bebas. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 15-19. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4817

Mayarni, M., Hadawiyah, W., Irdalisa, I., & Nisa, R. A. (2021). Keterampilan Berpikir Kreatif Biologi Siswa Kelas X Melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Sains (Audiovisual): Bahasa Indonesia. Reflection Journal, 1(2), 52-62. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.646

Nadia, N., Wardiah, D., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi IP. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 133-139.

Ngadha, C., Nanga, B., Ledu, M. G. G., Dhiu, M. I., & Lawe, Y. U. (2023). Penerapan metode diskusi untuk mengaktifkan proses berpikir kritis siswa kelas 3 SD dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 36-46. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1532

Nuraeni, N., & Kurnia, R. (2024). Penerapan Media Picture Berbantu Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di UPT SPF Mongisidi III. Lempu PGSD, 1(1), 63-73.

Oktavia, N., & Rahmawati, L. E. (2021). Meningkatkan Kompetensi Menulis Teks Prosedur melalui Pemanfaatan Video Youtube pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paedagogie, 16(1), 15-20. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v16i1.4986

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Riva, S., & Handican, R. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Audio-visual pada Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 372-383. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.335

Rohman, A. (2022). Literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di era disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40-47. http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318

Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333-9339. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3886

Soedarnadi, E. W., & Sulisworo, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis masalah berbantuan google classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 267-273. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.386

Sudrajat, R. T., & Hoerudin, C. W. (2021). Pengembangan model perkuliahan daring dalam meningkatkan berpikir Hots melalui pemahaman isi bacaan Mahasiswa Prodi Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi Tahun 2020. Semantik, 10(2), 155-162. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i2.p155-162

Sumianto, T., Susilo, S. V., & Febriani, B. (2020). Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).

Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22-32. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810

Susanti, M., & Mudinillah, A. (2021). Pemanfaatan Canva Pada Siswa Kelas Iii Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Rohani Mi/Sd 03 Paninjauan. SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2), 87-103.

Syarwah, R. A., Fauziddin, M., & Hidayat, A. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media audio visual pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal pendidikan tambusai, 3(3), 936-945. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.300

Yusnan, M. (2021). Pengaruh media audiovisual dengan menggunakan wondershare filmora dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerita siswa kelas VIII SMP negeri 2 baubau. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2), 6-10. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v1i2.1434

Published

2024-11-26

How to Cite

Basmala, B. (2024). Penerapan Media Picture Berbantu Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di SD Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 484–494. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4698

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.