Penerapan Media Picture Berbantu Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di SD Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4698Keywords:
Media Picture, Audio Visual, Kemampuan Berpikir, Bahasa Indonesia, Siswa SDAbstract
Urgensi permasalahan dalam penelitian ini terletak pada pentingnya pengembangan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan media picture berbantu audio visual pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sebanyak 28 siswa menjadi subjek penelitian ini. Setiap siklus penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan pembelajaran dalam penelitian ini adalah pencapaian tingkat kemampuan berpikir siswa. Metode pengumpulan data melibatkan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam tingkat kemampuan berpikir siswa. pada siklus I diperoleh sebanyak 15 siswa yang tuntas (54%) sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 13 siswa (46%) . Kemudian pada siklus II sebanyak 23 siswa yang tuntas atau (83%) dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 orang atau (17%). Oleh karena itu, Dapat disimpulkan bahwa memalui penerapan media Picture berbantu audio visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa
Downloads
References
Afridah, Z. F., & Sulthoniyah, L. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Menggunakan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(2), 125-135. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i2.7736
Budiyanti, F., Mohzana, M., & Aminah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PjBL dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Diskusi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7(1), 154-166. https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.6875
Eriansyah, Y., & Baadilla, I. (2023). Model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 151-158. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.378
Herlina, M., Syahfitri, J., & Ilista, I. (2020). Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual. Edubiotik, 5(01), 42-54. https://dx.doi.org/10.33503/ebio.v5i01.666
Mardianis, M. (2022). Penerapan Model Direct Istrucion dan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia tentang Menulis Puisi Bebas. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 15-19. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4817
Mayarni, M., Hadawiyah, W., Irdalisa, I., & Nisa, R. A. (2021). Keterampilan Berpikir Kreatif Biologi Siswa Kelas X Melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Sains (Audiovisual): Bahasa Indonesia. Reflection Journal, 1(2), 52-62. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.646
Nadia, N., Wardiah, D., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi IP. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 133-139.
Ngadha, C., Nanga, B., Ledu, M. G. G., Dhiu, M. I., & Lawe, Y. U. (2023). Penerapan metode diskusi untuk mengaktifkan proses berpikir kritis siswa kelas 3 SD dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 36-46. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1532
Nuraeni, N., & Kurnia, R. (2024). Penerapan Media Picture Berbantu Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di UPT SPF Mongisidi III. Lempu PGSD, 1(1), 63-73.
Oktavia, N., & Rahmawati, L. E. (2021). Meningkatkan Kompetensi Menulis Teks Prosedur melalui Pemanfaatan Video Youtube pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paedagogie, 16(1), 15-20. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v16i1.4986
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
Riva, S., & Handican, R. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Audio-visual pada Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 372-383. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.335
Rohman, A. (2022). Literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di era disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40-47. http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318
Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333-9339. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3886
Soedarnadi, E. W., & Sulisworo, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis masalah berbantuan google classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 267-273. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.386
Sudrajat, R. T., & Hoerudin, C. W. (2021). Pengembangan model perkuliahan daring dalam meningkatkan berpikir Hots melalui pemahaman isi bacaan Mahasiswa Prodi Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi Tahun 2020. Semantik, 10(2), 155-162. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i2.p155-162
Sumianto, T., Susilo, S. V., & Febriani, B. (2020). Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).
Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22-32. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810
Susanti, M., & Mudinillah, A. (2021). Pemanfaatan Canva Pada Siswa Kelas Iii Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Rohani Mi/Sd 03 Paninjauan. SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2), 87-103.
Syarwah, R. A., Fauziddin, M., & Hidayat, A. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media audio visual pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal pendidikan tambusai, 3(3), 936-945. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.300
Yusnan, M. (2021). Pengaruh media audiovisual dengan menggunakan wondershare filmora dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerita siswa kelas VIII SMP negeri 2 baubau. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2), 6-10. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v1i2.1434
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.