Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN 2 Bungi Kota Baubau

  • Irwan Irwan Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Problem Based Learning, Prestasi Belajar, PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn Kelas V SD Negeri 2 Bungi Kota Baubau. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan. Pertemuan dari setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2  Bungi Kota Baubau,  yakni pada siklus I dengan nilai rata-rata73,68  dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 68% belum mencapai prestasi belajar dengan baik, pada siklus II prestasi belajar meningkat dengan nilai rata-rata 85,24 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 88%.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdurrahman. (2015). Motivasi Belajar Pembelajaran dan Upaya-Upaya Peningkatannya. Malang: IKIP Malang. Tidak diterbitkan

Arends, R. (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto pada Tahun 2008). Yogyakarta: Pustaka Pelajar..

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.

Gani, A., Pargito, P., & Suntoro, I. (2013). Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Menumbuhkan Sikap Kebangsaan pada Pembelajaran PKn. Jurnal Studi Sosial, 1(5).

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27-33.

Purwanto, M. N. (2000). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafinda Persada

Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Sudijono, A. (2008). Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sulestri, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Media Pembelajaran Geometri dalam Konsep Behavioristik. Prosiding Semantik, 2(1), 43-46.

Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka

Winataputra, Udin S. (2011). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka. 2011. Tidak diterbitkan

Published
30-04-2020
How to Cite
Irwan, I. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN 2 Bungi Kota Baubau. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(1), 48 - 59. https://doi.org/10.30605/cjpe.312020.306
Section
Articles