Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring melalui Media Pias-Pias Kata pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I di UPT SD Negeri 22 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4646Keywords:
Keterampilan, Membaca Nyaring, Media Pembelajaran, Pias-Pias Kata, Bahasa IndonesiaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca nyaring siswa kelas I di UPT SD Negeri 22 Pinrang, yang tercermin dalam kesulitan siswa mengenali huruf, suku kata, dan kata sederhana. Strategi pembelajaran yang ada belum efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, dan pembelajaran yang kurang interaktif menjadi tantangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa melalui penggunaan media pias-pias kata. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode kuantitatif berlandaskan pada filsafat positivisme. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap: Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II, dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa kelas I, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan membaca nyaring, lembar observasi, wawancara terstruktur, dan lembar penilaian guru. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70, yang dianggap berhasil apabila minimal 70% siswa mencapai nilai tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Pias-Pias Kata berhasil meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa. Peningkatan rata-rata nilai siswa dari 56,52 pada pra siklus menjadi 66,11 pada Siklus I, dan 76,29 pada Siklus II, dengan total kenaikan 35,01% antara pra siklus dan Siklus II, menunjukkan bahwa media ini efektif dalam membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Peningkatan tersebut menunjukkan dampak positif dari penggunaan media Pias-Pias Kata dalam mendukung perkembangan keterampilan membaca nyaring siswa kelas I di UPT SD Negeri 22 Pinrang.
Downloads
References
Hamdar, E., Hasmah, C., & Faqih, A. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Nyaring Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 1(1), 28-37. https://doi.org/10.56806/jh.v1i1.5
Harjanty, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Membaca Nyaring (Penelitian Tindakan di Kelompok B RA Perwanida Praya, Lombok Tengah 2016). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 106-118. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3353
Ismail, I. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Mediapias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I SD Negeri 004 Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(1), 102-108. https://doi.org/10.31004/edp.v1i1.21
Jadmiko, R. S. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I Sd Negeri Purworejo I Ngunut Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 2(01). https://doi.org/10.29100/jpsd.v2i01.438
Lamis, L., Sutra, E., Atmaja, L. K., & Rustinar, E. (2022). Meningkatkan minat baca siswa kelas V program kampus mengajar angkatan III di SD Negeri 118 Bengkulu Utara menggunakan metode membaca nyaring (reading aloud). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5), 299-310. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i5.997
Purba, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 030385 Antuang Kecamatan Siempat Nempu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 3(1), 234-243. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i1.1410
Purwati, G., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar Di Kelas Rendah. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 179-188. https://doi.org/10.37150/perseda.v2i3.431
Putri, L. M. K. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I SDN 1 Mojorejo Ponorogo. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(01), 81-95. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i01.726
Rany, N. M., & Suriani, A. I. (2023). Penerapan Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II UPTS SD Negeri 28 Tumampua II. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 512-526. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.796
Rengan, R. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Pias-Pias Kata pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 147-159. http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v9i2.319
Selvianingsih, R., & Rigianti, H. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Pembelajaran Cerita Bergambar Bibobagi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2291-2300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5818
Soelistiowati, E. (2019). Pemanfaatan Teknik Pembelajaran Cerdas Cermat Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Siswa Kelas IX SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 35-41. https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i2.2921
Sumarno, S. (2020). Penggunaan Metode Quantum Learning dapat Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN 2 Gebang. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v8i1.42530
Suwarsih, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 13/I Muara Bulian Kecamatan Muara Bulian. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 3232-3240. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7102
Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5181-5192. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3076
Tamara, M., Aprinawati, I., & Fadhilaturrahmi, F. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Berbantuan Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring pada Siswa Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2), 185-194. https://doi.org/10.69896/modeling.v10i2.1313
Umanahu, M., Eksan, W., & Jainudin, J. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Metode Latihan Terbimbing pada Siswa Kelas III SD Negeri 115 Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(4), 270-274. https://doi.org/10.5281/zenodo.6372753
Wicaksono, A. A., Anwar, M. F. N., & Sepia, A. (2023). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Di Sd Negeri 1 Landungsari, Kabupaten Malang. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 25-30. https://doi.org/10.33366/ilg.v6i1.4688
Winarti, W., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(3), 2518-2525. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v7i3.5496
Wulandari, N. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 3(2), 129-140. https://doi.org/10.32507/attadib.v3i2.495
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.