Peningkatan Percaya Diri Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4639Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Pendidikan Pancasila, Percaya Diri, Think Pair Share, PTKAbstract
Urgensi permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi siswa dalam bericara di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas V SD Inpres Sero melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pendidikan Pancasila). Kepercayaan diri seseorang, atau keyakinan pada keterampilan sendiri, sangat penting untuk mempromosikan pembelajaran. Observasi awal menunjukkan bahwa siswa sering mengalami perasaan malu dan kurang percaya diri untuk mengemukakan pendapat atau mempresentasikan hasil pekerjaan mereka di kelas. Teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dengan empat tahap meliputi, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi catatan lapangan, dokumen, survei, dan observasi. Hasil penelitian membutikan bahwa kepercayaan diri siswa meningkat dengan paradigma belajar Think Pair Share. Ada kenaikan 60,57% pada siklus pertama, dan tambahan 30% pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan pembelajaran model Think Pair Share di SD Inpres Sero dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila.
Downloads
References
Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ips. Satya Widya, 35(2), 126-139. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p126-139
Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan pendekatan investigasi terhadap kemampuan komunikasi matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 79-86.
Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Jurnal pena ilmiah, 1(1), 1061-1070. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3025
Harefa, D. (2019). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773-1786. https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Juliana, E., Aqsha, T., & Widowati, A. (2023). Penanaman sikap tanggung jawab melalui pendidikan Pancasila kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27085-27091. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10992
Kartikawati, D. (2020). Pelatihan Pidato Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar Di Jakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 169-175. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3695
Kurniawaty, J. B. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Di Tingkat Sekolah Dasar. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 1(2). https://doi.org/10.30998/.v1i2.986
Lee, C., Li, H. C., & Shahrill, M. (2018). Utilising the think-pair-share technique in the learning of probability. International journal on emerging mathematics education, 2(1), 49-64. https://doi.org/10.12928/ijeme.v2i1.8218
Luckyta, L., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Peran kemampuan komunikasi terhadap sikap percaya diri siswa sekolah dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 68-73. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5019
Maulida, F. (2017, December). The use of think-pair-share in teaching reading comprehension. In ELT Forum: Journal of English Language Teaching (Vol. 6, No. 1, pp. 49-58). https://doi.org/10.15294/elt.v6i1.20456
Norvia, L., Muslimah, M., & Surawan, S. (2023). Penerapan pendekatan learning by doing dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa sdn 3 tangkiling. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 23-30. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p23-30
Novita, L. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 92-96. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3608
Pebriyanti, D., & Badilla, I. (2023). Implementasi pendidikan karakter siswa di kelas pada mata pembelajaran pendidikan Pancasila kelas IV di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1325-1334. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6050
Phan, H. (2021). Using think-pair-share strategy to support students in speaking lessons. Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 3(4), 01-08. https://doi.org/10.32996/jeltal.2021.3.4.1
Pristiwanti, D., Badariah, B., Damayanti, E., & Hilaliya, T. (2022). Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Journal on Teacher Education, 4(2), 1351-1358. https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10219
Rukmi, D. A., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Peningkatan kreativitas dan percaya diri melalui pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 624-635. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1756
Sa’diyah, M. K., & Dewi, D. A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9940-9945. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3994
Saragih, C. S. (2023). Implementasi nilai pendidikan Pancasila di era digital pada siswa SDN 101964 Jaharun A Kecamatan Galang. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(3), 41-51. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i3.273
Septiani, I., Apriani, A. N., & Izzah, L. (2022). Implementasi Pendidikan Pancasila di SDNegeri Bakulan. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1(2), 33-42. http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(2).33-42
Subhan, Y. A., Sunardi, S., & Azis, K. (2023). Membangun Percaya Diri dalam Public Speaking Melalui Story Telling. Madaniya, 4(1), 205-210. https://doi.org/10.53696/27214834.371
Sumarsya, C. V., & Ahmad, S. (2020). Think Pair Share sebagai Model untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1374-1388. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.603
Yuliati, C. L., & Susianna, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, dan Percaya Diri Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 48-58. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p48-58
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.