Peningkatan Percaya Diri Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Arni Dwi Yana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Kirana Nurhaliza Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4639

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Pendidikan Pancasila, Percaya Diri, Think Pair Share, PTK

Abstract

Urgensi permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi siswa dalam bericara di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas V SD Inpres Sero melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pendidikan Pancasila). Kepercayaan diri seseorang, atau keyakinan pada keterampilan sendiri, sangat penting untuk mempromosikan pembelajaran. Observasi awal menunjukkan bahwa siswa sering mengalami perasaan malu dan kurang percaya diri untuk mengemukakan pendapat atau mempresentasikan hasil pekerjaan mereka di kelas. Teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dengan empat tahap meliputi, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi catatan lapangan, dokumen, survei, dan observasi. Hasil penelitian membutikan bahwa kepercayaan diri siswa meningkat dengan paradigma belajar Think Pair Share. Ada kenaikan 60,57% pada siklus pertama, dan tambahan 30% pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan pembelajaran model Think Pair Share di SD Inpres Sero dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ips. Satya Widya, 35(2), 126-139. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p126-139

Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan pendekatan investigasi terhadap kemampuan komunikasi matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 79-86.

Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Jurnal pena ilmiah, 1(1), 1061-1070. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3025

Harefa, D. (2019). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773-1786. https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Juliana, E., Aqsha, T., & Widowati, A. (2023). Penanaman sikap tanggung jawab melalui pendidikan Pancasila kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27085-27091. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10992

Kartikawati, D. (2020). Pelatihan Pidato Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar Di Jakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 169-175. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3695

Kurniawaty, J. B. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Di Tingkat Sekolah Dasar. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 1(2). https://doi.org/10.30998/.v1i2.986

Lee, C., Li, H. C., & Shahrill, M. (2018). Utilising the think-pair-share technique in the learning of probability. International journal on emerging mathematics education, 2(1), 49-64. https://doi.org/10.12928/ijeme.v2i1.8218

Luckyta, L., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Peran kemampuan komunikasi terhadap sikap percaya diri siswa sekolah dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 68-73. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5019

Maulida, F. (2017, December). The use of think-pair-share in teaching reading comprehension. In ELT Forum: Journal of English Language Teaching (Vol. 6, No. 1, pp. 49-58). https://doi.org/10.15294/elt.v6i1.20456

Norvia, L., Muslimah, M., & Surawan, S. (2023). Penerapan pendekatan learning by doing dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa sdn 3 tangkiling. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 23-30. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p23-30

Novita, L. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 92-96. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3608

Pebriyanti, D., & Badilla, I. (2023). Implementasi pendidikan karakter siswa di kelas pada mata pembelajaran pendidikan Pancasila kelas IV di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1325-1334. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6050

Phan, H. (2021). Using think-pair-share strategy to support students in speaking lessons. Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 3(4), 01-08. https://doi.org/10.32996/jeltal.2021.3.4.1

Pristiwanti, D., Badariah, B., Damayanti, E., & Hilaliya, T. (2022). Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Journal on Teacher Education, 4(2), 1351-1358. https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10219

Rukmi, D. A., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Peningkatan kreativitas dan percaya diri melalui pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 624-635. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1756

Sa’diyah, M. K., & Dewi, D. A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9940-9945. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3994

Saragih, C. S. (2023). Implementasi nilai pendidikan Pancasila di era digital pada siswa SDN 101964 Jaharun A Kecamatan Galang. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(3), 41-51. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i3.273

Septiani, I., Apriani, A. N., & Izzah, L. (2022). Implementasi Pendidikan Pancasila di SDNegeri Bakulan. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1(2), 33-42. http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(2).33-42

Subhan, Y. A., Sunardi, S., & Azis, K. (2023). Membangun Percaya Diri dalam Public Speaking Melalui Story Telling. Madaniya, 4(1), 205-210. https://doi.org/10.53696/27214834.371

Sumarsya, C. V., & Ahmad, S. (2020). Think Pair Share sebagai Model untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1374-1388. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.603

Yuliati, C. L., & Susianna, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, dan Percaya Diri Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 48-58. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p48-58

Published

2024-10-25

How to Cite

Yana, A. D., & Nurhaliza, K. (2024). Peningkatan Percaya Diri Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 373–384. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4639

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.