Penerapan Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Pinrang

Authors

  • Rahayu Rahayu Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Muhammad Idham Haliq Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Nasrul Nasrul Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4579

Keywords:

Pembelajaran E-Learning, Hasil Belajar, Matematika, Penelitian Tindakan Kelas, Siswa SD

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV sekolah dasar dengan menerapkan metode pembelajaran E-learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pelaksanaan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas IV SD yang terlibat aktif selama proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi hasil belajar siswa, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Pada siklus pertama, e-learning dilaksanakan dengan fokus pada integrasi platform digital dan konsep dasar matematika. Penilaian hasil belajar menunjukkan peningkatan, meskipun sebagian siswa masih kesulitan memahami konsep yang diajarkan. Berdasarkan umpan balik dari siklus I dan siklus II, terjadi perubahan strategi pembelajaran antara lain meningkatkan interaksi dan memberikan latihan soal yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran E-learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 70%. Selain itu, motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan, sebagaimana tercermin dari data observasi. Penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan metode pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran matematika.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayus, A. D., Gusniwati, G., & Buhaerah, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Daring (E-Learning) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5052

Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601-608. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2642

Guntoro, S. N., Siswanti, H., Aldiansyah, S. D., Agustin, A., Prasetyo, A. N., & Amina, N. W. R. (2022). Pengembangan Materi dan Media Pembelajaran di SDN Bogokidul Kediri Dengan E-Learning Youtube dan Instagram. Prapanca : Jurnal Abdimas, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i1.289

Hadidi, H., & Setiawan, B. (2021). Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. J-PiMat, 3(2), 436874. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1395

Harahap, A. N., & Abidin, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 231–235. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2733

Hatip, A., & Listiana, Y. (2019). Minat, kemandirian dan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika dalam e-learning berbasis Edmodo. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

Herlina, H., & Loisa, J. (2020). Persepsi kemampuan pemahaman konsep matematika pada pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 189-197. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12183

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645

Juhaeni, J., Pratiwi, N. O. D., Luthfiyah, R., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Melalui Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SD/MI. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.107

Khaulah, S., & Novianti, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 61–68. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1366

Latif, N. S. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Pembelajaran E-Learning Berbantuan Quizizz. Baruga: Jurnal Ilmiah, 11(2), 67-78.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74

Permana, A., Sari, A. I. C., & Suhendra, S. (2023). Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Statistik. Research and Development Journal of Education, 9(1), 180. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14905

Prasistayanti, N. W. N., Santyasa, I. W., & Warpala, I. W. S. (2019). Pengaruh desain e-learning terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran pemrograman pada siswa SMK. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 138-155. http://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138--155

Pujiastutik, H. (2019). Efektivitas penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis web pada mata kuliah Belajar Pembelajaran I terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 25-36.

Reny Jamaliyah, and N. F. W. (2022). Implementasi Vidio Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Man Purworejo. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 41–51.

Rijal, A., & Sofiarini, A. (2019). Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sd Berbasis Aplikasi Moodle Di Pgsd. Jurnal Basicedu, 3(4), 2071–2082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.266

Sugiharyanti, E. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Moodle E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 212–220. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.364

Supriyanto, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 112-129. https://doi.org/10.69896/modeling.v5i1.313

Widyasusanti, M., Sarifah, I., & Herlina, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Materi Pecahan Senilai Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 1–15 https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1289

Published

2024-11-29

How to Cite

Rahayu, R., Haliq, M. I., & Nasrul, N. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 633–643. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4579

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.