Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Consept Sentence Berbantuan Media Wordwall pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4348Keywords:
Keterampilan Menulis Narasi, Model Consept Sentence, Media Pembelajaran, Wordwall, PTKAbstract
Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan model consept sentence berbantuan media wordwall dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN 2 Ponelo Kepulauan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model consept sentence berbantuan media wordwall pada siswa kelas IV SDN 2 Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model consept sentence berbantuan media wordwall dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN 2 Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara tahun pelajaran 2023-2024. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai keterampilan siswa pada kondisi awal dan tindakan siklus I pertemuan pertama adalah 20%. Setelah diberikan perbaikan pada tindakan siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 40%. Kemudian dilanjutkan pada tindakan siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 70% dan pada tindakan siklus II pertemuan kedua meningkat menjadi 90%. Jadi keterampilan menulis narasi melalui model consept sentence berbantuan media Wordwall pada siswa kelas IV SDN 2 Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara Meningkat.
Downloads
References
Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media audiovisual dan metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.607
Apriliana, A. C., & Hermawati, W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 38-49. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2862
Avisya, D. (2023). Keefektifan Model Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V SD. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(2), 28-39. https://doi.org/10.572349/seroja.v3i1.357
Haafida, N., & Diyana, T. N. (2023). Development of E-Physics Magazine Media with the Assistance of Canva to Increase Students' Interest in Learning Physics: A Feasibility Test. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.29303/jppfi.v5i2.243
Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan media pembelajaran gambar berseri berbasis pop-up book untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi bahasa indonesia. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59-66. https://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182
Lestari, G. D. (2017). Pengaruh Model Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(7). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i7.20878
Maharani, D., Setyowati, R., & Rosdianto, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21959-21963. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9998
Novrizta, D. (2018). Hubungan antara minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 104-124. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.168
Rahmatussolihah, I. T., Wilisati, R. S., Putri, A. R. T., Dewi, E. C., Sadieda, L. U., & Rahayu, D. S. (2024). The effectiveness of TGT learning assisted by wordwall media on student mathematics learning motivation. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(5), 571-579. https://doi.org/10.35335/cendikia.v14i5.4821
Reinita, R., & Rusdyani, D. (2024). The effect of Two Stay Two Stray learning model assisted by wordwall application on student learning outcomes. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 7(1), 34-43. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v7i1.10009
Riska, N. V., & Rahmawati, F. P. (2022). Desain Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Metode Concept Sentence dengan Media Foto Berseri dalam Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 5827-5838. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3129
Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985-2992. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029
Salsabila, A., & Tsurayya, A. (2024). The Effect of Using Edugame Wordwall on Students' Mathematical Representation Ability. Jurnal VARIDIKA, 64-78. https://doi.org/10.23917/varidika.v36i1.4990
Simanungkalit, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Dengan Model Pembelajaran Complete Sentence Pada Siswa Kelas X Sma Harvard Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 1(2), 81-90. https://doi.org/10.34012/bip.v1i2.595
Sumanto, A. A., & Setyangingtyas, E. W. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Concept Sentence Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1692-1700. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5779
Tondang, H., Amri, Y. K., & Nadeak, H. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Metode Concept Sentences Melalui Media Website Edukasi Pada Kelas X SMK Negeri 6 Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 14646-14659. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13840
Wahyuni, D., & Rambe, R. N. (2024). Pengaruh metode concept sentence terhadap keterampilan menulis karangan narasi sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 542-548. http://dx.doi.org/10.29210/1202424520
Waruwu, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 167-173. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.24
Wulandari, R. D. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Concept Sentence Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53850
Yani, F., Muslihah, N. N., & Nugroho, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri Rupit. Linggau Jurnal Language Education and Literature, 2(3), 77-86. https://doi.org/10.55526/ljlel.v2i3.322
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.