Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Consept Sentence Berbantuan Media Wordwall pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Alfareza Thaib Universitas Negeri Gorontalo
  • Ratnarti Pahrun Universitas Negeri Gorontalo
  • Fidyawati Monoarfa Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4348

Keywords:

Keterampilan Menulis Narasi, Model Consept Sentence, Media Pembelajaran, Wordwall, PTK

Abstract

Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan model consept sentence berbantuan media wordwall dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN 2 Ponelo Kepulauan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model consept sentence berbantuan media wordwall pada siswa kelas IV SDN 2 Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model consept sentence berbantuan media wordwall dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN 2 Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara tahun pelajaran 2023-2024. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai keterampilan siswa pada kondisi awal dan tindakan siklus I pertemuan pertama adalah 20%. Setelah diberikan perbaikan pada tindakan siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 40%. Kemudian dilanjutkan pada tindakan siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 70% dan pada tindakan siklus II pertemuan kedua meningkat menjadi 90%. Jadi keterampilan menulis narasi melalui model consept sentence berbantuan media Wordwall pada siswa kelas IV SDN 2 Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara Meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media audiovisual dan metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.607

Apriliana, A. C., & Hermawati, W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 38-49. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2862

Avisya, D. (2023). Keefektifan Model Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V SD. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(2), 28-39. https://doi.org/10.572349/seroja.v3i1.357

Haafida, N., & Diyana, T. N. (2023). Development of E-Physics Magazine Media with the Assistance of Canva to Increase Students' Interest in Learning Physics: A Feasibility Test. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.29303/jppfi.v5i2.243

Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan media pembelajaran gambar berseri berbasis pop-up book untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi bahasa indonesia. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59-66. https://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182

Lestari, G. D. (2017). Pengaruh Model Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(7). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i7.20878

Maharani, D., Setyowati, R., & Rosdianto, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21959-21963. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9998

Novrizta, D. (2018). Hubungan antara minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 104-124. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.168

Rahmatussolihah, I. T., Wilisati, R. S., Putri, A. R. T., Dewi, E. C., Sadieda, L. U., & Rahayu, D. S. (2024). The effectiveness of TGT learning assisted by wordwall media on student mathematics learning motivation. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(5), 571-579. https://doi.org/10.35335/cendikia.v14i5.4821

Reinita, R., & Rusdyani, D. (2024). The effect of Two Stay Two Stray learning model assisted by wordwall application on student learning outcomes. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 7(1), 34-43. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v7i1.10009

Riska, N. V., & Rahmawati, F. P. (2022). Desain Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Metode Concept Sentence dengan Media Foto Berseri dalam Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 5827-5838. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3129

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985-2992. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029

Salsabila, A., & Tsurayya, A. (2024). The Effect of Using Edugame Wordwall on Students' Mathematical Representation Ability. Jurnal VARIDIKA, 64-78. https://doi.org/10.23917/varidika.v36i1.4990

Simanungkalit, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Dengan Model Pembelajaran Complete Sentence Pada Siswa Kelas X Sma Harvard Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 1(2), 81-90. https://doi.org/10.34012/bip.v1i2.595

Sumanto, A. A., & Setyangingtyas, E. W. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Concept Sentence Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1692-1700. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5779

Tondang, H., Amri, Y. K., & Nadeak, H. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Metode Concept Sentences Melalui Media Website Edukasi Pada Kelas X SMK Negeri 6 Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 14646-14659. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13840

Wahyuni, D., & Rambe, R. N. (2024). Pengaruh metode concept sentence terhadap keterampilan menulis karangan narasi sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 542-548. http://dx.doi.org/10.29210/1202424520

Waruwu, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 167-173. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.24

Wulandari, R. D. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Concept Sentence Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53850

Yani, F., Muslihah, N. N., & Nugroho, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri Rupit. Linggau Jurnal Language Education and Literature, 2(3), 77-86. https://doi.org/10.55526/ljlel.v2i3.322

Published

2024-10-31

How to Cite

Thaib, A., Pahrun, R., & Monoarfa, F. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Consept Sentence Berbantuan Media Wordwall pada Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 395–404. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4348

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.