Penerapan Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4579Keywords:
Pembelajaran E-Learning, Hasil Belajar, Matematika, Penelitian Tindakan Kelas, Siswa SDAbstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV sekolah dasar dengan menerapkan metode pembelajaran E-learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pelaksanaan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas IV SD yang terlibat aktif selama proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi hasil belajar siswa, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Pada siklus pertama, e-learning dilaksanakan dengan fokus pada integrasi platform digital dan konsep dasar matematika. Penilaian hasil belajar menunjukkan peningkatan, meskipun sebagian siswa masih kesulitan memahami konsep yang diajarkan. Berdasarkan umpan balik dari siklus I dan siklus II, terjadi perubahan strategi pembelajaran antara lain meningkatkan interaksi dan memberikan latihan soal yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran E-learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 70%. Selain itu, motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan, sebagaimana tercermin dari data observasi. Penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan metode pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran matematika.
Downloads
References
Ayus, A. D., Gusniwati, G., & Buhaerah, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Daring (E-Learning) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5052
Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601-608. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2642
Guntoro, S. N., Siswanti, H., Aldiansyah, S. D., Agustin, A., Prasetyo, A. N., & Amina, N. W. R. (2022). Pengembangan Materi dan Media Pembelajaran di SDN Bogokidul Kediri Dengan E-Learning Youtube dan Instagram. Prapanca : Jurnal Abdimas, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i1.289
Hadidi, H., & Setiawan, B. (2021). Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. J-PiMat, 3(2), 436874. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1395
Harahap, A. N., & Abidin, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 231–235. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2733
Hatip, A., & Listiana, Y. (2019). Minat, kemandirian dan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika dalam e-learning berbasis Edmodo. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.
Herlina, H., & Loisa, J. (2020). Persepsi kemampuan pemahaman konsep matematika pada pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 189-197. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12183
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645
Juhaeni, J., Pratiwi, N. O. D., Luthfiyah, R., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Melalui Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SD/MI. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.107
Khaulah, S., & Novianti, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 61–68. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1366
Latif, N. S. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Pembelajaran E-Learning Berbantuan Quizizz. Baruga: Jurnal Ilmiah, 11(2), 67-78.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Permana, A., Sari, A. I. C., & Suhendra, S. (2023). Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Statistik. Research and Development Journal of Education, 9(1), 180. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14905
Prasistayanti, N. W. N., Santyasa, I. W., & Warpala, I. W. S. (2019). Pengaruh desain e-learning terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran pemrograman pada siswa SMK. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 138-155. http://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138--155
Pujiastutik, H. (2019). Efektivitas penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis web pada mata kuliah Belajar Pembelajaran I terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 25-36.
Reny Jamaliyah, and N. F. W. (2022). Implementasi Vidio Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Man Purworejo. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 41–51.
Rijal, A., & Sofiarini, A. (2019). Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sd Berbasis Aplikasi Moodle Di Pgsd. Jurnal Basicedu, 3(4), 2071–2082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.266
Sugiharyanti, E. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Moodle E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 212–220. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.364
Supriyanto, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 112-129. https://doi.org/10.69896/modeling.v5i1.313
Widyasusanti, M., Sarifah, I., & Herlina, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Materi Pecahan Senilai Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 1–15 https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1289
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.