Pengaruh Sertifikasi dan Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 21 Kecamatan Ciputat Timur

Authors

  • Chairul Anwar Universitas Terbuka
  • Ajat Sudrajat
  • Ella Padillah

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1586

Keywords:

Sertifikasi, Efikasi diri, Kinerja Guru, Guru SD, Kuantitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sertifikasi dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 21 Kecamatan Ciputat Timur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling sehingga menghasilkan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan variabel sertifikasi guru (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan nilai t hitung = 3,472 > t tabel = 2,01174. (2) terdapat pengaruh yang signifikan variabel efikasi diri (X2) terhadap variabel kinerja guru (Y) dengan nilai t hitung = 5,973 > t tabel = 2,01174. (3) terdapat pengaruh yang signifikan variabel sertifikasi guru (X1) dan variabel efikasi diri (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan hasil uji Fhitung 98,687 > Ftabel 3,19. Kesimpulannya adalah bahwa sertifikasi dan efikasi diri berpengaruh positif terhadap kinerja guru SDN di Wilayah Gugus 21 Kecamatan Ciputat Timur sebesar 79,9 % dan 20,1 % merupakan kontribusi variabel bebas lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). Resiliensi diri dan stres kerja pada guru sekolah dasar. JPPP-Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 106-112.

Anoraga, P. (2006). Psikologi Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta

Alwilsol 2018. Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press

Bandura, A. (1999). Self Efficacy In Changing Societies. Cambridge: Cambridge University Press

Bokingo, Hakri, A., & Sudirman. (2017). Kinerja Guru Pasca Sertifikasi Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol 31 No. 2 Oktober 2017

Fahriana, Swastika, A., & Mulyadi (2018). Supervisi Akademik. Malang: Madani Kelompok Intrans Publishing.

Halim, M. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja‎ Guru melalui Budaya OCB di Korwil Dinas Pendidikan‎ Kecamatan Sedan‎. Elementary school journal pgsd fip unimed, 10(3), 101-111.

Haslina, M., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Tunjangan Sertifikasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1802-1811.

Kaswan. (2015). Sikap Kerja: Dari teori dan Implementasi Sampai Bukti. Bandung: CV. Alfabeta

Kartowagiran, B. (2011). Kinerja guru profesional (Guru pasca sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3)

Madi, R. A., & Kalimin, L. O. (2019). Pengaruh pemberian tunjangan sertifikasi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru smk negeri 4 kendari. Jurnal Bisnis Indonesia, 10(1)

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Priansa, D. (2017) Manajemen Kinerja Pegawai. Bandung: CV. Pustaka Setia

Risnawita S, R., & M. Nur Ghufron. (2017). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Samani, & Muchlas. (2010). Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia. Surabaya: SIC dan Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia

Sjamsuri, A., & Muliyani, N. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru Di SMA PGRI 3 Jakarta. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 1-6

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Press

Suyatno, H. (2007). Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Indeks

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291-296.

Wijaya, M., & Kasturi, T. (2015) Hubungan antara Persepsi Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah dan Efikasi Diri dengan Kinerja Guru (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Published

2022-03-14

How to Cite

Anwar, C., Sudrajat, A. ., & Padillah, E. . (2022). Pengaruh Sertifikasi dan Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 21 Kecamatan Ciputat Timur. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 57–63. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1586

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.