Pengaruh Sertifikasi dan Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 21 Kecamatan Ciputat Timur
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1586Keywords:
Sertifikasi, Efikasi diri, Kinerja Guru, Guru SD, KuantitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sertifikasi dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 21 Kecamatan Ciputat Timur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling sehingga menghasilkan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan variabel sertifikasi guru (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan nilai t hitung = 3,472 > t tabel = 2,01174. (2) terdapat pengaruh yang signifikan variabel efikasi diri (X2) terhadap variabel kinerja guru (Y) dengan nilai t hitung = 5,973 > t tabel = 2,01174. (3) terdapat pengaruh yang signifikan variabel sertifikasi guru (X1) dan variabel efikasi diri (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan hasil uji Fhitung 98,687 > Ftabel 3,19. Kesimpulannya adalah bahwa sertifikasi dan efikasi diri berpengaruh positif terhadap kinerja guru SDN di Wilayah Gugus 21 Kecamatan Ciputat Timur sebesar 79,9 % dan 20,1 % merupakan kontribusi variabel bebas lainnya.
Downloads
References
Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). Resiliensi diri dan stres kerja pada guru sekolah dasar. JPPP-Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 106-112.
Anoraga, P. (2006). Psikologi Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta
Alwilsol 2018. Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press
Bandura, A. (1999). Self Efficacy In Changing Societies. Cambridge: Cambridge University Press
Bokingo, Hakri, A., & Sudirman. (2017). Kinerja Guru Pasca Sertifikasi Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol 31 No. 2 Oktober 2017
Fahriana, Swastika, A., & Mulyadi (2018). Supervisi Akademik. Malang: Madani Kelompok Intrans Publishing.
Halim, M. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru melalui Budaya OCB di Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Sedan. Elementary school journal pgsd fip unimed, 10(3), 101-111.
Haslina, M., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Tunjangan Sertifikasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1802-1811.
Kaswan. (2015). Sikap Kerja: Dari teori dan Implementasi Sampai Bukti. Bandung: CV. Alfabeta
Kartowagiran, B. (2011). Kinerja guru profesional (Guru pasca sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3)
Madi, R. A., & Kalimin, L. O. (2019). Pengaruh pemberian tunjangan sertifikasi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru smk negeri 4 kendari. Jurnal Bisnis Indonesia, 10(1)
Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Priansa, D. (2017) Manajemen Kinerja Pegawai. Bandung: CV. Pustaka Setia
Risnawita S, R., & M. Nur Ghufron. (2017). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Samani, & Muchlas. (2010). Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia. Surabaya: SIC dan Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia
Sjamsuri, A., & Muliyani, N. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru Di SMA PGRI 3 Jakarta. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 1-6
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Press
Suyatno, H. (2007). Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Indeks
Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291-296.
Wijaya, M., & Kasturi, T. (2015) Hubungan antara Persepsi Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah dan Efikasi Diri dengan Kinerja Guru (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.