Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Berbasis Aplikasi Android Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI MS SD YPS Singkole

  • Muhammad Said SD YPS Singkole
  • Suaedi Suaedi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Media pembelajaran, Android, Bangun Ruang, ADDIE

Abstract

. Problem penelitian ini adalah motivasi belajar siswa belum optimal, maka penting untuk berusaha menumbuhkan sehingga dibutuhkan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi Android. Subjek penelitian terdiri atas guru dan siswa kelas VI MS SD YPS Singkole. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari ujicoba menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Android efektif dan praktis, yaitu  (1) Ketercapaian ketuntasan klasikal, (2) Peningkatan skor motivasi siswa setelah pembelajaran dengan kategori baik, (3) Skor rata-rata persentase keseluruhan aspek respons guru pada kategori sangat positif, (4) Skor rata-rata persentase respons siswa pada kategori cenderung positif (5) Skor persentase rata-rata keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada kategori seluruhnya, (6) Ketercapaian skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada kategori tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdussakir, A. (2012). Pembelajaran Geometri sesuai Teori Van Hielle. MADRASAH, II(1), 1–13. https://doi.org/10.18860/jt.v2i1.1832

Abidin, Marzal, J., & Rohati. (2014). Pengembangan media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Disleksia pada Materi Eksponensial di Kota Jambi. Edumatica, 04, 66–76. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i02.2072

Aden, C. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Melalui Model Tink-Pair-Share Berbantuan Geometer’s Sketchpad. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hardinata, R., Murwitaningsih, S., & Amirullah, G. (2018). Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Android. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains. https://doi.org/10.29405/j.bes/2153-581334

Hidajat, D. dkk. (2018). Analisis Kesulitan dalam Penyelesian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4452

Jose, A. (2015, September). 2015, Pengguna Smartphone di Indonesia Capai 55 Juta. Techno.Okezone. Retrieved from https://techno.okezone.com /read/2015/09/19/57/1217340/2015-pengguna-smartphone-di-indonesia-capai-55-juta

Junaidi. (2018). Tantangan Besar Perguruan Tinggi di Revolusi Industri 4.0. Unilak Magazine, 4, 6.

Kemp, S. (2019). The Global State of Digital in October 2019. Retrieved from https://wearesocial.com/blog/2019/10/the-global-state-of-digital-in-october-2019

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, O., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. In TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Timss & Pirls. Retrieved fromhttp://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/wp-content/uploads/filebase /full pdfs/T15-International-Results-in-Mathematics.pdf

Peraturan Menteri Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007. (2007). In Peraturan Menteri Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang standar akademik dan kompetensi guru (Vol. 67, Issue 6, pp. 14–21). Retrieved from https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2012/01/nomor-16-tahun-2007-dan-lampiran.pdf

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17–26. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Pribadi, A., Somakim, S., & Yusup, M. (2017). Pengembangan Soal Penalaran Model Timss Pada Materi Geometri Dan Pengukuran Smp. Histogram, 1(2), 115–128. https://doi.org/10.31100/histogram.v1i2.30

Septyani, M. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Berbasis ANdroid. Dinamika Informatika 2017 Universitas PGRI Yogyakarta, 238–244. Retrieved from http://repository.upy.ac.id/1406/1/Artikel.pdf

Soedjadi. (1991). Wajah Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar Kita. (Beberapa hasil pengamatan lapangan sebagai upaya perbaikan di masa depan). Makalah Penataran Penyiapan Calon Penatar Dosen PGSD-DII Guru Kelas. Jakarta.

StatCounter. (2019). Mobile Operating System Market Share Indonesia: Sep 2018 - Sep 2019. https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia

Takdir, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga Berbasis Aplikasi Android. Indonesian Journal of Educational Studies, 21(1), 1–10. https://doi.org/10.26858/ijes.v21i1.6688

Wiranto, S. (2014). Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Interaksi Guru-Siswa. Jurnal VARIDIKA, 26(2), 157–166. https://doi.org/10.23917/varidika.v26i2.684

Published
27-10-2021
How to Cite
Said, M., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Berbasis Aplikasi Android Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI MS SD YPS Singkole. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 155-169. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1455

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>