PENGARUH SIKAP PROFESSIONAL DAN PERSEPSI GURU TENTANG KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA SMA

  • Safruddin Safruddin Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Suaedi Suaedi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Sikap Profesoinal, Kegiatan Pengembangan Diri, Kinerja

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran sikap profesional guru matematika, (2) gambaran persepsi guru tentang kegiatan pengembangan diri guru  matematika, (3)  mengetahui  gambaran  hasil penilaian  kinerja guru matematika yang dilakukan oleh masing-masing kepala sekolah,(4)   hubungan sikap profesional dan persepsi guru tentang kegiatan pengembangan diri guru matematika, (5)  mengetahui  pengaruh sikap profesional  terhadap kinerja guru matematika dan (6) mengetahui pengaruh sikap profesional dan persepsi guru tentang kegiatan pengembangan diri terhadap kinerja guru matematika SMA Negeri di Kabupaten Luwu Utara.  Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri di Kabupaten Luwu Utara pada bulan Februari 2019 sampai dengan Maret 2019 dengan obyek penelitian adalah guru-guru matematika yang PNS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab akibat. Populasi penelitian ini sebanyak 30 orang dan sampel sebanyak 30 orang sebagai responden, yang dikenal dengan sampel populasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan presentase dan untuk analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas data, uji linearitas dan serta analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh sikap profesional dan persepsi guru tentang kegiatan pengembangan diri secara simultan berada dalam kategori sedang sebesar 40 %, sedangkan penilaian kinerja guru oleh kepala sekolah berada dalam kategori sedang. Pengaruh sikap profesional dan persepsi guru tentang kegiatan pengembangan diri  berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru. Sikap profesional dan persepsi guru tentang kegiatan pengembangan diri berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Priatna A. (2012). Pengaruh Profesional Guru terhadap Kualitas Pembelajaran Pada SMA. Bandung: Jurnal.
Sutrisno, E.( 2010). Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Suryana, D. (2013). Pengetahuan tentang strategi pembelajaran, sikap, dan motivasi guru. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2).
Walgito. (2008). Profesionalisme Guru. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Published
10-08-2020
How to Cite
Safruddin, S., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2020). PENGARUH SIKAP PROFESSIONAL DAN PERSEPSI GURU TENTANG KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 37-46. https://doi.org/10.30605/2615-7667.325

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>