Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Matematika

  • Putu Suarta UPT SMP Negeri 4 Satap Bone-Bone
  • Suaedi Suaedi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurdin Nurdin STKIP Muhammadiyah Enrekang
Keywords: Kedisiplinan, Motivasi, Kinerja guru

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan mengetahui pengaruh Kedisiplinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Matematika UPT SMP Negeri di Kabupaten Luwu Utara baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah guru Matematika yang berstatus Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di UPT SMP Negeri di Kabupaten Luwu Utara sebanyak 80 orang. Sampel dipilih dengan dengan teknik sampel jenuh sehingga keseluruhan populasi adalah sampel. Tekhik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu kontak langsung dengan responden menggunakan angket dan teknik dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini adalah kedisiplinan (X1) dan motivasi kerja (X2) sebagai variable bebas, sebagai variable terikat dalam penelitian ini kinerja guru (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik dengan Software SPSS (Statistical Program Smart Solution) Ver. 22.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan berpengaruh positif terhadap kinerja guru sebesar 56,2 % kategori kuat, motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru sebesar 29,05 % kategori sedang serta kedisiplinan dan motivasi kerja guru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kedisiplinan dan motivasi baik secara individu dan bersama-sama mempengaruhi kinerja guru secara positif. Semakin tinggi kedisiplinan dan motivasi semakin tinggi pula kinerjanya. Peneliti menyarankan agar kepala sekolah sebagai pucuk pimpinan harus sering memberi motivasi kepada guru agar mereka memiliki kedisplinan dan motivasi kerja yang tinggi yang dapat berdampak pada kinerja guru, serta akan memberi dampak yang baik pada peningkatan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjendikdasmen.

Garry, Dessler. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. (Jilid dua terjemahan Agus Dharma). Jakarta: Erlangga.

Mc. Donald. 2001. Motivation. (Diterjemahkan oleh Suwandi Pratama). New York. American Psichologis.

Moenir. H.A.S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2002. Metode Pendidikan Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi guru dalam jabatan. Jakarta: Depdiknas.

Soejono. 2010. Sistem dan Prosedur kerja. Jakarta: Bumi Aksara Uno,

Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. 1994. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalla Indonesia.

Published
28-11-2019
How to Cite
Suarta, P., Suaedi, S., & Nurdin, N. (2019). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 19-26. https://doi.org/10.30605/2615-7667.221
Section
Articles