Perbandingan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Berdasarkan Tingkat Minat Baca antara yang Belajar dengan Metode SQ3R dan Metode Quantum Reading

Authors

  • Sunardin Sunardin Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.122019.104

Keywords:

Membaca Pemahaman, Minat Baca, SQ3R, Quantum Reading

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan membaca pemahaman siswa berdasarkan tingkat minat baca antara yang belajar dengan metode SQ3R dan yang belajar dengan metode quantum reading. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN segugus I Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan desain penelitian treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis of varian (ANOVA) two way. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan siginfikan kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki minat baca tinggi antara yang belajar dengan metode SQ3R dan yang belajar dengan metode quantum reading, hasil ANOVA diperoleh nilai probabilitas signifikansi (P sig) 0,000 <  daripada nilai kritis (α) 0,05 dan didukung  oleh nilai F hitung 94,773 > dari nilai F tabel 4,11; (2) terdapat perbedaan siginfikan kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki minat baca rendah antara yang belajar dengan metode SQ3R dan yang belajar dengan metode quantum reading hasil ANOVA diperoleh nilai probabilitas signifikansi (P sig) 0,005 < daripada nilai kritis (α) 0,05 dan didukung  oleh nilai F hitung 10,484 > dari nilai F tabel 4,11

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2006). Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar tentang Pengajaran Membaca. Jakarta: Depdiknas.

DePorter, B. D. (2015). Quantum Teaching: Mempraktekkan Quatum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Husna, N. (2016). Step by Step to Reading Skill. Jakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah.

Santoso. (2014). Metode Membaca Secepat Kilat. Yogyakarta: Pustaka Widya Utama

Soedarso. (2014). Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suhardjono. (2015). Kemampuan Membaca Anak Indonesia Masih Rendah. Kompas. http://edukasi.kompas.com/read/2009/10/28/21513448/%7C. (diakses 12 Oktober 2015)

Rintayati, P. Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Membaca Intensif. Jurnal Pendidikan Bahasa Volume 1 No.1 2012

Suandi, M. N., Putrayasa, I. B. Pengaruh penerapan metode SQ3R dan Teknik Klose terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 2 No.3. 2013

Swerdik, C. (2015). Pschology: Psycologycal Testing and Assesment: An Introduction to Test and Measurment 7th Edition. USA: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Sunardin, S. (2019). Perbandingan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Berdasarkan Tingkat Minat Baca antara yang Belajar dengan Metode SQ3R dan Metode Quantum Reading. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.30605/cjpe.122019.104

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.