Perbandingan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Berdasarkan Tingkat Minat Baca antara yang Belajar dengan Metode SQ3R dan Metode Quantum Reading
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.122019.104Keywords:
Membaca Pemahaman, Minat Baca, SQ3R, Quantum ReadingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan membaca pemahaman siswa berdasarkan tingkat minat baca antara yang belajar dengan metode SQ3R dan yang belajar dengan metode quantum reading. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN segugus I Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan desain penelitian treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis of varian (ANOVA) two way. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan siginfikan kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki minat baca tinggi antara yang belajar dengan metode SQ3R dan yang belajar dengan metode quantum reading, hasil ANOVA diperoleh nilai probabilitas signifikansi (P sig) 0,000 < daripada nilai kritis (α) 0,05 dan didukung oleh nilai F hitung 94,773 > dari nilai F tabel 4,11; (2) terdapat perbedaan siginfikan kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki minat baca rendah antara yang belajar dengan metode SQ3R dan yang belajar dengan metode quantum reading hasil ANOVA diperoleh nilai probabilitas signifikansi (P sig) 0,005 < daripada nilai kritis (α) 0,05 dan didukung oleh nilai F hitung 10,484 > dari nilai F tabel 4,11
Downloads
References
Depdiknas. (2006). Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar tentang Pengajaran Membaca. Jakarta: Depdiknas.
DePorter, B. D. (2015). Quantum Teaching: Mempraktekkan Quatum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Husna, N. (2016). Step by Step to Reading Skill. Jakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah.
Santoso. (2014). Metode Membaca Secepat Kilat. Yogyakarta: Pustaka Widya Utama
Soedarso. (2014). Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suhardjono. (2015). Kemampuan Membaca Anak Indonesia Masih Rendah. Kompas. http://edukasi.kompas.com/read/2009/10/28/21513448/%7C. (diakses 12 Oktober 2015)
Rintayati, P. Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Membaca Intensif. Jurnal Pendidikan Bahasa Volume 1 No.1 2012
Suandi, M. N., Putrayasa, I. B. Pengaruh penerapan metode SQ3R dan Teknik Klose terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 2 No.3. 2013
Swerdik, C. (2015). Pschology: Psycologycal Testing and Assesment: An Introduction to Test and Measurment 7th Edition. USA: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.