Pengembangan Model Pembelajaran SAVI Berbasis Budaya Melayu Langkat untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Kepedulian Sosial Siswa

Authors

  • Wawan Akbar Universitas Haji Sumatera Utara
  • Andina Halimsyah Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Humaidah Fatimah Parapat STAI Al-Hikmah Medan

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6257

Keywords:

Pengembangan, Model Pembelajaran SAVI, Budaya Melayu Langkat, Rasa Cinta Tanah Air, Kepedulian Sosial Siswa

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya penanaman rasa cinta tanah air dan kepedulian sosial untuk meningkatkan karakter di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) berbasis lokal, khususnya budaya Melayu Langkat. Penelitian menggunakan metodologi pengembangan (Research and Development/R&D). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan 4D yang memiliki 4 tahapan, yaitu: (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) Dessiminate (penyebaran).. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Langkat. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa model yang dikembangkan tergolong sangat valid dan layak digunakan. Uji kepraktisan oleh guru juga menunjukkan bahwa model ini mudah diterapkan dalam pembelajaran tematik. Implementasi model dengan integrase unsur budaya Melayu Langkat menunjukkan antusiasme tinggi siswa baik secara fisik, emosional dan intelektual, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap nilai-nilai budaya. Model ini terbukti menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sosialnya melalui pembelajaran kontekstual dan bermakna. Dengan demikian, model pembelajaran SAVI berbasis budaya Melayu Langkat efektif diterapkan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat membentuk karakter siswa sejak usia dini melalui integrasi antara kearifan lokal dan pendekatan gaya belajar yang aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105-113. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467

Dewi, A. T. Y. R., & Negara, I. G. A. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 40-49. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24577

Ekawati, M., & Amir, N. Q. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terpadu dan Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(1), 44–51. https://doi.org/10.54065/pelita.2.1.2022.433

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68-77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250

Ghufroni, G., & Dewi, M. R. (2019). Pengembangan bahan ajar bermain drama dengan model pembelajaran SAVI pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 1(1), 31-46. https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.80

Hadijah, S., Eviyanti, C. Y., & Aulia, L. (2019). Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis budaya melayu. Numeracy, 6(2), 172-180. https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i2.471

Harjanto, A., Rustandi, A., & Caroline, J. A. (2022). Implementasi Model Pengembangan 4D Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasi Online Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 7 Samarinda. Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data), 5(2), 1-12.

Julfian, J., Rejeki, S., Handayani, S., Sarilan, S., Rizki, A. N., & Lasmi, L. (2023). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 210-224. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i4.162

Kusumawati, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V dengan Model Pembelajaran SAVI pada Mata Pelajaran IPA di SDN Mangkujayan I Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 217-224. https://doi.org/10.29407/jpdn.v3i2.11789

Lestari, M. R. D. W., Winata, W., & Ni'matutsania, A. S. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Kemampuan Pemahaman Bacaan di SDN Larangan 01 Utara Tangerang Banten. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(2), 393-404. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i2.1632

Nurdian, N., Ulfah, K. R., & Ilise, R. N. (2021). Pendidikan muatan lokal sebagai penanaman karakter cinta tanah air. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(2), 344-350. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36414

Pradana, Y. (2016). Pengembangan karakter siswa melalui budaya sekolah. Untirta Civic Education Journal, 1(1). https://dx.doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1883

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan model pembelajaran savi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102-111. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20489

Rillah, G. R., Lyesmaya, D., & Amalia, A. R. (2022). Analisis Karakter Cinta Tanah Air Pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan). Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 14-22. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i1.1348

Sari, P. I., & Azmi, U. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Savi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Domain Psikomotorik Siswa di SMAN 9 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(1), 271-277. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v13i1.426

Suri, F., Saragi, D., & Perangin-angin, R. B. B. (2022). Analisis Model Pembelajaran SAVI pada Era Society 5.0 di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 7768-7774. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3588

Sutarna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 119-126.

Ummi, S., Derlina, D., Aningsih, S., Situmorang, H., & Solikin, S. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Budaya Melayu untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 6(1), 95-102. https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4706

Wardani, F. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 1(2).

Widiantari, N. K., Agung, A. A. G., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Permainan Rakyat dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 609-622. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.54658

Wiraputra, I. P. F. A., Suastra, I. W., & Sudiana, I. N. (2023). Dampak Positif Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Mind Mapping Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 124-133. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.60087

Zaid, M., Alam, A. Z. I., & Alam, A. A. F. (2023). Nilai-Nilai Kemanusiaan melalui Puisi Maya Angelou (Pesan Moral Berbasis Karya Sastra). Jurnal Dieksis ID, 3(2), 151–159. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.348

Published

2025-06-30

How to Cite

Akbar, W., Rambe, A. H., & Parapat, H. F. (2025). Pengembangan Model Pembelajaran SAVI Berbasis Budaya Melayu Langkat untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Kepedulian Sosial Siswa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 848–859. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6257

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.