DESKRIPSI LEVEL HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALOPO

Authors

  • Sri Pawenang Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Shindy Ekawati Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sukmawati Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Hypothetical learning trajectory, nilai hasil kerja, level conceptual learning trajectory

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjabarkan deskripsi level hypothetical learning trajectory siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo pada materi statistika (rata-rata). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deksriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa dengan nilai hasil kerja yang berbeda (tinggi, sedang, dan rendah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil kerja yang berbeda akan mempengaruhi tipe HLT dan level conceptual learning trajectory siswa. Alur berpikir subjek nilai tinggi (SNT) pada materi statistika menunjukkan siswa memahami dan mengerjakan soal dengan dengan baik dan menggunakan langkah-langkah pengerjaan yang lumayan lengkap. Dari hasil HLT menunjukkan SNT berada pada tipe 2, dan dari hasil wawancara SNT berada situational level, referential level, dan formal level. Alur berpikir subjek nilai sedang (SNS) pada materi statistika menunjukkan siswa memahami dan mengerjakan soal dengan dengan baik dan menggunakan langkah-langkah pengerjaan yang lumayan lengkap, walaupun masih terdapat kesalahan. Dari hasil HLT menunjukkan SNT berada pada tipe 3, dan dari hasil wawancara SNS berada situational level dan referential level. Alur berpikir subjek nilai rendah (SNR) pada materi statistika menunjukkan siswa tidak dapat menentukan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal, langkah-langkah pengerjaan yang tidak lengkap, dan terdapat kesalahan jawaban. Dari hasil HLT menunjukkan SNT berada pada tipe 4, dan dari hasil wawancara SNT berada situational level.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfansyur, A, & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150.
Atsnan, M. F. (2016). Keterlaksanaan Learning Trajectory pada Pembelajaran Matematika. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 57-63.
Barkah, A., Mardiana, T., & Japar, M. (2020). Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran PKN. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7 (2), 123-136.
Confrey, J., dkk. (2017). Scaffolding learner-centered curricular coherence using learning maps and diagnostic assessments designed around mathematics learning trajectories. ZDM Mathematics Education, 49, 717-734.
Fuadiah. N. Y. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13-24.
Hendrik, A. I., Ekowati, C. K., & Samo, D. D. (2020). Kajian Hypothetical Learning Trajectories dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 1-11.
Kusumaningsih, W., Albab, I. U., & Angga, S. D. (2019). Desain Pembelajaran Ukuran Pemusatan Data Menggunakan Konteks Game Ratingi. JIPMat, 4(2), 182-188.
Kristiadi, A. O. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Luwu Timur Ditinjau dari Kepribadian David Keirsey. (Skripsi, Universitas Cokroaminoto Palopo, 2021).
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151.
Mujis, D., & Reynolds, D. (2018). Effective Teaching: Evidence and Practice. London: SAGE Publications.
Nailopo, E., Fitriani, & Simarmata, J. E. Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Peluang Ditinjau dari Teori APOS pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Eduscience (JES), 9(1), 168-181.
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica, 6(1), 1–8.
Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational Assessment of Students. Virginia: Pearson/Allyn & Bacon.
Prasetia, A. S. (2020). Hypothetical Learning Trajectory Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Palopo pada Materi Trigomometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. (Skripsi, Universitas Cokroaminoto Palopo, 2020)
Prasetia, A. S., Salwah., & Karmila. (2020). Hypothetical Learning Trajectory Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Palopo pada Materi Trigomometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 145-160.
Putri, I. I. M. (2021). Akuntabilitas Kinerja Pegawai dalam Meningkatkan Pelayanan Kebutuhan Lanjut Usia (Lansia) (Studi Kasus di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Dinas Sosial Provinsi Riau). (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau, 2021).
Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1-8.
Rahayu, S., & Hakim, D. L, (2021). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam menyelesaikan Soal pada Materi Segi Empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1169-1180.
Rahayu, T., & Fuadiah, N. (2021). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Peluang SMP Menggunakan Konteks Permainan Tepuk Gambar. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(2), 93-103.
Rezky, R. (2019). Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam Perspektif Psikologi Belajar Matematika. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 762-769
Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2286-2297.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surya, A. (2018). Learning Trajectory pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(1), 22-26.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wandanu, R. H., Mujib, A., & Firmansyah. (2020). Hypothetical Learning Trajectory Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 8-16.
Zaman, W. I., & Hunaifi, A. A. (2017). Learning Trajectroy dalam Mengembangkan Kompetensi Berfikir Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(2), 34-41.
Zamiali, M. (2015). MENGHINDAR DARI BIAS: Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitatif. LISAN AL-HAL Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 9(2).

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Pawenang, S., Ekawati, S., & Sukmawati, S. (2024). DESKRIPSI LEVEL HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALOPO. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 536–545. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/5577

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>