DESKRIPSI LEVEL HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALOPO
Keywords:
Hypothetical learning trajectory, nilai hasil kerja, level conceptual learning trajectoryAbstract
Penelitian ini bertujuan menjabarkan deskripsi level hypothetical learning trajectory siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo pada materi statistika (rata-rata). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deksriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa dengan nilai hasil kerja yang berbeda (tinggi, sedang, dan rendah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil kerja yang berbeda akan mempengaruhi tipe HLT dan level conceptual learning trajectory siswa. Alur berpikir subjek nilai tinggi (SNT) pada materi statistika menunjukkan siswa memahami dan mengerjakan soal dengan dengan baik dan menggunakan langkah-langkah pengerjaan yang lumayan lengkap. Dari hasil HLT menunjukkan SNT berada pada tipe 2, dan dari hasil wawancara SNT berada situational level, referential level, dan formal level. Alur berpikir subjek nilai sedang (SNS) pada materi statistika menunjukkan siswa memahami dan mengerjakan soal dengan dengan baik dan menggunakan langkah-langkah pengerjaan yang lumayan lengkap, walaupun masih terdapat kesalahan. Dari hasil HLT menunjukkan SNT berada pada tipe 3, dan dari hasil wawancara SNS berada situational level dan referential level. Alur berpikir subjek nilai rendah (SNR) pada materi statistika menunjukkan siswa tidak dapat menentukan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal, langkah-langkah pengerjaan yang tidak lengkap, dan terdapat kesalahan jawaban. Dari hasil HLT menunjukkan SNT berada pada tipe 4, dan dari hasil wawancara SNT berada situational level.
Downloads
References
Atsnan, M. F. (2016). Keterlaksanaan Learning Trajectory pada Pembelajaran Matematika. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 57-63.
Barkah, A., Mardiana, T., & Japar, M. (2020). Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran PKN. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7 (2), 123-136.
Confrey, J., dkk. (2017). Scaffolding learner-centered curricular coherence using learning maps and diagnostic assessments designed around mathematics learning trajectories. ZDM Mathematics Education, 49, 717-734.
Fuadiah. N. Y. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13-24.
Hendrik, A. I., Ekowati, C. K., & Samo, D. D. (2020). Kajian Hypothetical Learning Trajectories dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 1-11.
Kusumaningsih, W., Albab, I. U., & Angga, S. D. (2019). Desain Pembelajaran Ukuran Pemusatan Data Menggunakan Konteks Game Ratingi. JIPMat, 4(2), 182-188.
Kristiadi, A. O. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Luwu Timur Ditinjau dari Kepribadian David Keirsey. (Skripsi, Universitas Cokroaminoto Palopo, 2021).
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151.
Mujis, D., & Reynolds, D. (2018). Effective Teaching: Evidence and Practice. London: SAGE Publications.
Nailopo, E., Fitriani, & Simarmata, J. E. Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Peluang Ditinjau dari Teori APOS pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Eduscience (JES), 9(1), 168-181.
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica, 6(1), 1–8.
Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational Assessment of Students. Virginia: Pearson/Allyn & Bacon.
Prasetia, A. S. (2020). Hypothetical Learning Trajectory Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Palopo pada Materi Trigomometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. (Skripsi, Universitas Cokroaminoto Palopo, 2020)
Prasetia, A. S., Salwah., & Karmila. (2020). Hypothetical Learning Trajectory Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Palopo pada Materi Trigomometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 145-160.
Putri, I. I. M. (2021). Akuntabilitas Kinerja Pegawai dalam Meningkatkan Pelayanan Kebutuhan Lanjut Usia (Lansia) (Studi Kasus di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Dinas Sosial Provinsi Riau). (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau, 2021).
Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1-8.
Rahayu, S., & Hakim, D. L, (2021). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam menyelesaikan Soal pada Materi Segi Empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1169-1180.
Rahayu, T., & Fuadiah, N. (2021). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Peluang SMP Menggunakan Konteks Permainan Tepuk Gambar. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(2), 93-103.
Rezky, R. (2019). Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam Perspektif Psikologi Belajar Matematika. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 762-769
Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2286-2297.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surya, A. (2018). Learning Trajectory pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(1), 22-26.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wandanu, R. H., Mujib, A., & Firmansyah. (2020). Hypothetical Learning Trajectory Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 8-16.
Zaman, W. I., & Hunaifi, A. A. (2017). Learning Trajectroy dalam Mengembangkan Kompetensi Berfikir Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(2), 34-41.
Zamiali, M. (2015). MENGHINDAR DARI BIAS: Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitatif. LISAN AL-HAL Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 9(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.