EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Keywords:
open-ended, saintifik, berpikir kreatif, kepercayaan diriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keefektifan pendekatan open-ended dengan strategi effective questions pada materi geometri ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa, (2) keefektifan pendekatan saintifik pada materi geometri ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa, (3) pendekatan pembelajaran yang lebih efektif di antara pendekatan open-ended dengan strategi effective questions dan pendekatan saintifik pada materi geometri ditinjau dari kemampun berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini jenis penelitian eksperimen semu yang melibatkan dua kelas perlakuan. Kelas eksperimen diterapakan pendekatan open-ended dengan strategi effective questions dan kelas kontrol diterapkan pendekatan saintifik. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SD pada Kecamatan Sabbang Selatan tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalalah UPT SDN 006 Batualang sebagai kelas eksperimen dan UPT SDN 004 Kalotok sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi segiempat dan segitiga, angket kepercayaan diri, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menujukka bahwa (1) pendekatan open-ended dengan strategi effective questions efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa, yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis mencapai KKPD minimal 67 dengan pencapain 100%, rata-rata kemampuan berpikir kreatif secara signifikan mencapai nilai minimal 67, kepercayaan diri siswa mencapai kriteria tinggi lebih dari 68 dengan pencapain 77,27%, dan rata-rata kepercayaan diri siswa secara signifikan mencapai lebih dari 68, (2) pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis mencapai KKPD minimal 67 dengan pencapain 82,35% dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif secara signifikan mencapai nilai minimal 67, kuarang efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa dengan ketercapai 64,71% dan dan rata-rata kepercayaan diri siswa tidak signifikan mencapai lebih dari 68, (3) pendekatan open-ended lebih efektif dibanding pendekatan santifik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa.
Downloads
References
Alam, S., Budiarto, M. T., & Siswono, T. Y. E. (2022). Efikasi Diri Siswa Laki-Laki Smp Etnik Bugis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1-16.
Alam, S., Ramadhani, W. P., & Patmaniar, P. (2023). Pengembangan Lembar Kiagatan Siswa (LKS) Berbasis STEAM dengan Teknik Ecoprint Sebagai Perangkat Pembelajaran Tematik. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 20-28.
Amiyani, R., & Widjajanti, D. B. (2019). Self-confidence and mathematics achievement using guided discovery learning in scientific approach. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2019), 1-6.
Arista, E. D. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Jenis Pisa Siswa Kelas X Kabupaten Lampung Timur. Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Aziza, M. (2018). An analysis of a teacher’s questioning related to students’ responses and mathematical creativity in an elementary school in the UK. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(4), 475-487.
Çakır, H., & Cengiz, Ö. (2016). The Use of Open Ended versus Closed Ended Questions in Turkish Classrooms. Open Journal of Modern Linguistics, 6, 60- 70.
Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1061-1070.
Fernandez, E. (1994). A Kinder, Gentler Socrates: Conveying New Images of Mathematics Dialogue. For the Learning of Mathematics, 14(3), 43-47.
Hamidy, A. (2017). Kemampuan Siswa SD Kalimantan Timur dalam Menyelesaikan Soal PISA dan TIMSS. Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Neeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Herbal-Eisenmann, B. A., & Breyfogle, M. L. (2005). Questioning Our Patterns of Questioning. Mathematics Teaching in the Middle School, 10(9), 484-489.
Herlina, V. Y., Sunardi, & Tirta, I. M. (2018). The Level of Students’ Creative thinking Skills in Solving Probability Problem through Scientific Approach. International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS), 5(7), 284-288.
Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1).
Ilyas, M. (2022). Pengaruh Kemadirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 53-61.
Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh Open-Ended terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SD. Phytagoras, 10(1), 95-105.
Kunhertanti, K., & Santosa, R. (2018). The Influence of Students’ Self Confidence on Mathematics Learning Achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1097(2018), 1-6.
Leksmono, A., Sunardi, Prihandoko, A., & Murtikusuma, R. (2019). Students’ Creative Thinking Process in Completing Mathematical PISA Test Concerning Space and Shape. Journal od Physics: Conference Series, 1211(2019), 1-9.
Levenson, E. (2013). Tasks that May Occasion Mathematical Creativity: Teachers' Choices. Journal of Mathematics Teacher Education, 16(4), 269-291.
Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Konferensi Nasional Matematika XV, Manado, XV, 1-9.
Martino, A. M., & Maher, C. A. (1999). Teacher question- ing to promote justification and generalization in mathematics: What research practice has taught us. The Journal of Mathematical Behavior, 18(1), 53-78.
Nadjafikhah, M., Yaftian, N., & Bakhshalizadeh, S. (2012). Mathematical creativity: Some definitions and characteristics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31(2012), 285-291.
Nebesniak, A. L., & Heaton, R. M. (2010). Student Confidence and Student Involvement. Mathematics Teaching in Middle School, 16(2), 96-103.
Palah, S. (2017). Pengaruh Pendekatan Open Ended Berstrategi M-RTE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada MAteri Persegi Panjang. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia:Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 139- 149.
Paris, S. (Maret/April 2011). When Learners Want To Learns. Research within reach, 29, 1-8.
Shahrill, M. (2013). Review of Effective Teacher Questioning in Mathematics Classrooms. International journal of humanities and Social Science, 3(17), 224-231.
Shimada, S. (2005). The Significance of an Open-Ended Approach. In J. Becker, & S. Shimada, The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics (pp. 1-75). Boston: NCTM.
Sullivan, P., & Lilburn, P. (2002). Good questions for math teaching: why ask them and what to ask, K–6. California: Math Solutions Publications.
Susanti, V., Budiyono, B., & Sujadi, I. (2013). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan CTL antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SD di Kabupaten Madiun. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(3), 297-305.
Švecová, V., Rumanová, L., & Pavlovičová, G. (2014). Support of Pupil's Creative Thinking in Mathematical Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences(116), 1715-1719.
Tandri, L., Arapu, & Patih. (2013). Penerapan Pendekatan Open-Ended Uuntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 73-82.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills : Learning for Life in Our Times. USA: Jossey-Bass.
Willbourne, J. M. (2004). Motivatinng Every Student through Effective Quetsioning. In M. F. Chappell (Ed.), Empowering The Beginning Teacher of Mathematics in Middle School (pp. 18-19). NCTM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.