EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Authors

  • Nirmala Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Syamsu Alam Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Patmaniar Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

open-ended, saintifik, berpikir kreatif, kepercayaan diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keefektifan pendekatan open-ended dengan strategi effective questions pada materi geometri ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa, (2) keefektifan pendekatan saintifik pada materi geometri ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa, (3) pendekatan pembelajaran yang lebih efektif di antara pendekatan open-ended dengan strategi effective questions dan pendekatan saintifik pada materi geometri ditinjau dari kemampun berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini jenis penelitian eksperimen semu yang melibatkan dua kelas perlakuan. Kelas eksperimen diterapakan pendekatan open-ended dengan strategi effective questions dan kelas kontrol diterapkan pendekatan saintifik. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SD pada Kecamatan Sabbang Selatan tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalalah UPT SDN 006 Batualang sebagai kelas eksperimen dan UPT SDN 004 Kalotok sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi segiempat dan segitiga, angket kepercayaan diri, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menujukka bahwa (1) pendekatan open-ended dengan strategi effective questions efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa, yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis mencapai KKPD minimal 67 dengan pencapain 100%, rata-rata kemampuan berpikir kreatif secara signifikan mencapai nilai minimal 67, kepercayaan diri siswa mencapai kriteria tinggi lebih dari 68 dengan pencapain 77,27%, dan rata-rata kepercayaan diri siswa secara signifikan mencapai lebih dari 68, (2) pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis mencapai KKPD minimal 67 dengan pencapain 82,35% dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif secara signifikan mencapai nilai minimal 67, kuarang efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa dengan ketercapai 64,71% dan dan rata-rata kepercayaan diri siswa tidak signifikan mencapai lebih dari 68, (3) pendekatan open-ended lebih efektif dibanding pendekatan santifik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, S., Budiarto, M. T., & Siswono, T. Y. E. (2022). Assessing students’ self-efficacy when solve mathematical problem based on gender. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(4), 374-386.
Alam, S., Budiarto, M. T., & Siswono, T. Y. E. (2022). Efikasi Diri Siswa Laki-Laki Smp Etnik Bugis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1-16.
Alam, S., Ramadhani, W. P., & Patmaniar, P. (2023). Pengembangan Lembar Kiagatan Siswa (LKS) Berbasis STEAM dengan Teknik Ecoprint Sebagai Perangkat Pembelajaran Tematik. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 20-28.
Amiyani, R., & Widjajanti, D. B. (2019). Self-confidence and mathematics achievement using guided discovery learning in scientific approach. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2019), 1-6.
Arista, E. D. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Jenis Pisa Siswa Kelas X Kabupaten Lampung Timur. Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Aziza, M. (2018). An analysis of a teacher’s questioning related to students’ responses and mathematical creativity in an elementary school in the UK. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(4), 475-487.
Çakır, H., & Cengiz, Ö. (2016). The Use of Open Ended versus Closed Ended Questions in Turkish Classrooms. Open Journal of Modern Linguistics, 6, 60- 70.
Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1061-1070.
Fernandez, E. (1994). A Kinder, Gentler Socrates: Conveying New Images of Mathematics Dialogue. For the Learning of Mathematics, 14(3), 43-47.
Hamidy, A. (2017). Kemampuan Siswa SD Kalimantan Timur dalam Menyelesaikan Soal PISA dan TIMSS. Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Neeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Herbal-Eisenmann, B. A., & Breyfogle, M. L. (2005). Questioning Our Patterns of Questioning. Mathematics Teaching in the Middle School, 10(9), 484-489.
Herlina, V. Y., Sunardi, & Tirta, I. M. (2018). The Level of Students’ Creative thinking Skills in Solving Probability Problem through Scientific Approach. International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS), 5(7), 284-288.
Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1).
Ilyas, M. (2022). Pengaruh Kemadirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 53-61.
Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh Open-Ended terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SD. Phytagoras, 10(1), 95-105.
Kunhertanti, K., & Santosa, R. (2018). The Influence of Students’ Self Confidence on Mathematics Learning Achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1097(2018), 1-6.
Leksmono, A., Sunardi, Prihandoko, A., & Murtikusuma, R. (2019). Students’ Creative Thinking Process in Completing Mathematical PISA Test Concerning Space and Shape. Journal od Physics: Conference Series, 1211(2019), 1-9.
Levenson, E. (2013). Tasks that May Occasion Mathematical Creativity: Teachers' Choices. Journal of Mathematics Teacher Education, 16(4), 269-291.
Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Konferensi Nasional Matematika XV, Manado, XV, 1-9.
Martino, A. M., & Maher, C. A. (1999). Teacher question- ing to promote justification and generalization in mathematics: What research practice has taught us. The Journal of Mathematical Behavior, 18(1), 53-78.
Nadjafikhah, M., Yaftian, N., & Bakhshalizadeh, S. (2012). Mathematical creativity: Some definitions and characteristics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31(2012), 285-291.
Nebesniak, A. L., & Heaton, R. M. (2010). Student Confidence and Student Involvement. Mathematics Teaching in Middle School, 16(2), 96-103.
Palah, S. (2017). Pengaruh Pendekatan Open Ended Berstrategi M-RTE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada MAteri Persegi Panjang. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia:Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 139- 149.
Paris, S. (Maret/April 2011). When Learners Want To Learns. Research within reach, 29, 1-8.
Shahrill, M. (2013). Review of Effective Teacher Questioning in Mathematics Classrooms. International journal of humanities and Social Science, 3(17), 224-231.
Shimada, S. (2005). The Significance of an Open-Ended Approach. In J. Becker, & S. Shimada, The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics (pp. 1-75). Boston: NCTM.
Sullivan, P., & Lilburn, P. (2002). Good questions for math teaching: why ask them and what to ask, K–6. California: Math Solutions Publications.
Susanti, V., Budiyono, B., & Sujadi, I. (2013). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan CTL antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SD di Kabupaten Madiun. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(3), 297-305.
Švecová, V., Rumanová, L., & Pavlovičová, G. (2014). Support of Pupil's Creative Thinking in Mathematical Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences(116), 1715-1719.
Tandri, L., Arapu, & Patih. (2013). Penerapan Pendekatan Open-Ended Uuntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 73-82.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills : Learning for Life in Our Times. USA: Jossey-Bass.
Willbourne, J. M. (2004). Motivatinng Every Student through Effective Quetsioning. In M. F. Chappell (Ed.), Empowering The Beginning Teacher of Mathematics in Middle School (pp. 18-19). NCTM.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Nirmala, N., Ilyas, M. ., Alam, S. ., & Patmaniar, P. (2024). EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 433–448. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/5192

Most read articles by the same author(s)