PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI SISWA KELAS V SD NEGERI 245 TOLE-TOLE

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2640

Authors

  • Hartini Hamzah Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma'rufi Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Quantum learning, kemampuan komunikasi matematika, motivasi belajar

Abstract

Quantum Learning merupakan model pembelajaran yang membiasakan belajar menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan pada akhirnya siswa dapat meningkatkan hasil belajar secara menyeluruh termasuk kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengkaji pembelajaran Matematika Berbasis Quantum Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika dan Motivasi Siswa Kelas V SD Negeri 245 Tole-Tole. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah dasar yang ada dikecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian yaitu angket motivasi belajar matematika siswa tes kemampuan komunikasi matematika, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian yaitu 1) Ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika setelah penerapan pembelajaran matematika berbasis quantum learning siswa kelas V SDN 245 Tole-Tole, 2) Ada peningkatan motivasi setelah penerapan pembelajaran matematika berbasis quantum learning siswa kelas V SDN 245 Tole-Tole.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Hamzah, H., Ilyas, M., & Ma'rufi, M. (2023). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI SISWA KELAS V SD NEGERI 245 TOLE-TOLE. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 364–381. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2640

Most read articles by the same author(s)