PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MINAT BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMTIKA SISWA SD KECAMATAN MALANGKE

Authors

  • Agusman Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Patmaniar Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Syamsu Alam Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

lingkungan keluarga, minat belajar, motivasi belajar matematika, hasil belajar matematika

Abstract

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, termasuk pada matapelajaran matematika. Penelitian ini, melibatkan lingkunga keluarga, motivasi, dan minat belajar sebagai variabel bebas serta hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga, minat belajar, dan motivasi belajar matematika secara parsial terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar matematika secara simultan terhadap hasil belajar matematika, (4) pengaruh minat belajar dan motivasi belajar matematika siswa secara simultan terhadap hasil belajar matematika, (5) pengaruh lingkungan keluarga, minat belajar, dan motivasi belajar matematika siswa secara simultan terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Kecamatan Malangke. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Kecamatan Gugus I. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh sampel 129 siswa dari empat sekolah di Kecamatan Malangke Gugus I. Instrumen yang digunakan yaitu angket lingkungan keluarga, angket minat belajar, angket motivasi belajar matematika, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga, minat belajar, dan motivasi belajar matematika secara parsial terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan minat belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika, (3) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar matematika secara simultan terhadap hasil belajar matematika, (4) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dan motivasi belajar matematika siswa secara simultan terhadap hasil belajar matematika, (5) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga, minat belajar, dan motivasi belajar matematika siswa secara simultan terhadap hasil belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainley, M., Hidi, S., & Berndorff, D. (2002). Interest, learning, and the psychological processes that mediate their relationship. Journal of Educational Psychology, 94 (3), 545-561.
Alam, S. (2023). Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing dengan Metode Ekspositori dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wotu. Jurnal Penalaran dan Riset Matematika, 2(1), 71-80.
Azmidar, A., Darhim, D., & Dahlan, J. A. (2017). Enhancing students‟ interest through mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series 895 012072, 1-6.
Bansal, A. (2016). Correlation between family environment and self esteem of adolescents. The International Journal of Indian Psychology, 3 (4), 129- 137.
Cahyani, R., Husniati, A., & Wahyudi, A. A. (2024). Analisis kesulitan belajar matematika pada peserta didik Tunarungu kelas II Di IPT SD Negeri Mannuruki. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(1), 15-21.
Coleman, M. (2013). Empowering family-teacher partnerships: Building connections within diverse communities. California: Sage Publications, Inc.
Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, I. P., & Ibrahim, I. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Journal on Education, 6(2), 12935-12945.
Dofková, R. (2016). Possibilities for motivation in hard sciences teaching. The Anthropologist, 24(1), 319-324.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Harackiewicz, J. M., & Hulleman, C. S. (2010). The importance of interest: the role of achievement goals and task values in promoting the development of interest. Social and Personality Psychology Compass, 4 (1), 42–52.
Hasni, A., & Potvin, P. (2015). Student‟s interest in science and technology and its relationships with teaching methods, family context and self-efficacy. International Journal of Environmental & Science Education, 10 (3), 337- 366.
Heriyati, (2017). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal formatif 7(1): 22-32.
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2022). Studi pendahuluan hubungan korelasi motivasi belajar dan pemahaman matematis siswa terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 7-11.
Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dan strategi untuk meningkatkannya. In Prosiding Seminar Pendidikan Matematika UNY (pp. 455-460).
Kamaruddin, R., Zainal, N. R., & Aminuddin, Z. M. (2009). The quality of learning environment and academic performance from a student‟s perception. International Journal of Business and Management, 4 (4), 171- 175.
Khairun, M. (2014). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo.
Lai, E. R. (2011). Motivation: A literature review. Person Research’s Report, 6, 40-41.
Leal-Soto, F., Onate, C. B., Ulloa, P. S., et al. (2013). Family factors, achievement goals and academic motivation in latin american students. Proceedings of the 1

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Agusman, A., Ilyas, M. ., Patmaniar, P., & Alam, S. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MINAT BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMTIKA SISWA SD KECAMATAN MALANGKE. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 416–432. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/5180

Most read articles by the same author(s)