PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MINAT BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMTIKA SISWA SD KECAMATAN MALANGKE
Keywords:
lingkungan keluarga, minat belajar, motivasi belajar matematika, hasil belajar matematikaAbstract
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, termasuk pada matapelajaran matematika. Penelitian ini, melibatkan lingkunga keluarga, motivasi, dan minat belajar sebagai variabel bebas serta hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga, minat belajar, dan motivasi belajar matematika secara parsial terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar matematika secara simultan terhadap hasil belajar matematika, (4) pengaruh minat belajar dan motivasi belajar matematika siswa secara simultan terhadap hasil belajar matematika, (5) pengaruh lingkungan keluarga, minat belajar, dan motivasi belajar matematika siswa secara simultan terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Kecamatan Malangke. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Kecamatan Gugus I. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh sampel 129 siswa dari empat sekolah di Kecamatan Malangke Gugus I. Instrumen yang digunakan yaitu angket lingkungan keluarga, angket minat belajar, angket motivasi belajar matematika, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga, minat belajar, dan motivasi belajar matematika secara parsial terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan minat belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika, (3) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar matematika secara simultan terhadap hasil belajar matematika, (4) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dan motivasi belajar matematika siswa secara simultan terhadap hasil belajar matematika, (5) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga, minat belajar, dan motivasi belajar matematika siswa secara simultan terhadap hasil belajar matematika.
Downloads
References
Alam, S. (2023). Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing dengan Metode Ekspositori dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wotu. Jurnal Penalaran dan Riset Matematika, 2(1), 71-80.
Azmidar, A., Darhim, D., & Dahlan, J. A. (2017). Enhancing students‟ interest through mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series 895 012072, 1-6.
Bansal, A. (2016). Correlation between family environment and self esteem of adolescents. The International Journal of Indian Psychology, 3 (4), 129- 137.
Cahyani, R., Husniati, A., & Wahyudi, A. A. (2024). Analisis kesulitan belajar matematika pada peserta didik Tunarungu kelas II Di IPT SD Negeri Mannuruki. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(1), 15-21.
Coleman, M. (2013). Empowering family-teacher partnerships: Building connections within diverse communities. California: Sage Publications, Inc.
Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, I. P., & Ibrahim, I. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Journal on Education, 6(2), 12935-12945.
Dofková, R. (2016). Possibilities for motivation in hard sciences teaching. The Anthropologist, 24(1), 319-324.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Harackiewicz, J. M., & Hulleman, C. S. (2010). The importance of interest: the role of achievement goals and task values in promoting the development of interest. Social and Personality Psychology Compass, 4 (1), 42–52.
Hasni, A., & Potvin, P. (2015). Student‟s interest in science and technology and its relationships with teaching methods, family context and self-efficacy. International Journal of Environmental & Science Education, 10 (3), 337- 366.
Heriyati, (2017). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal formatif 7(1): 22-32.
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2022). Studi pendahuluan hubungan korelasi motivasi belajar dan pemahaman matematis siswa terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 7-11.
Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dan strategi untuk meningkatkannya. In Prosiding Seminar Pendidikan Matematika UNY (pp. 455-460).
Kamaruddin, R., Zainal, N. R., & Aminuddin, Z. M. (2009). The quality of learning environment and academic performance from a student‟s perception. International Journal of Business and Management, 4 (4), 171- 175.
Khairun, M. (2014). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo.
Lai, E. R. (2011). Motivation: A literature review. Person Research’s Report, 6, 40-41.
Leal-Soto, F., Onate, C. B., Ulloa, P. S., et al. (2013). Family factors, achievement goals and academic motivation in latin american students. Proceedings of the 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.